PANDUAN VERVAL NOMOR HP - PONSEL PESERTA DIDIK (SISWA)

Panduan Verval Nomor HP - Ponsel Peserta Didik (Siswa)

 

Berikut ini informasi tentang Panduan Verval Nomor HP - Ponsel Peserta Didik (Siswa). Sebagaimana diketahui Verifikasi dan Validasi Nomor Ponsel Peserta Didik digunakan untuk memastikankebenaran nomor ponsel peserta didik sebagai data dasar dalam menyalurkan bantuan kuota internet. Kebenaran nomor ponsel peserta didik perlu dipastikan oleh Kepala Sekolah sehingga bantuan kuota internet dapat dimanfaatkan secara optimal dan tepat sasaran dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan padamasa pandemi COVID-19.

 

Dalam Buku Panduan Verval Nomor HP - Ponsel Peserta Didik (Siswa) dinyatakan bahwa Alur Verifikasi Dan Validasi Nomor Ponsel Peserta Didik adalah sebagai berikut

1. Satuan Pendidikan melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel pesertadidik. Data awal nomor ponsel peserta didik diambil dari cutoff Dapodik 11 September2020.

2. Pusdatin melakukan validasi nomor ponsel peserta didik.

3.Pusdatin melakukan rekapitulasi data dalam bentuk data dump file (meliputi: pd_id,tingkat_pendidikan, npsn,danno_ponsel). Data dump file disimpan diserver Pusdatin.

4. Provider menarik data dumpfile yang disiapkan Pusdatin untuk dipadankan dengan basis data pelanggan milik provider.

5. Provider melakukan pemadanan untuk memastikan nomor ponsel yang Diterima dari Pusdatin dapat diisikan kuota internet. Nomor ponsel harus aktif, dan tidak boleh berada pada masa tenggang. Nomor ponsel yang tidak memenuhi ketentuan dikembalikan ke Pusdatin sebagai data residu.

6. Nomor ponsel dengan kategori dataresidu dikembalikan ke Pusdatin untuk selanjutnya diperbaiki kembali oleh Satuan Pendidikan masing-masing.

7 .Pusdatin menyajikan data ke dalam Dashboard verifikasi dan validasi nomor ponsel pada laman https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/  

a) Jika status record nomor ponsel tidak valid, maka satuan pendidikan dapat melakukan perbaikan data nomor ponsel peserta didik.

b) Jika status record nomor ponsel valid,maka satuan pendidikan dapat mencetak SPTJM.

8. SatuanPendidikan mencetak dan memeriksa kebenaran data di SPTJM.

9. Satuan Pendidikan mengunggah hasil pindai SPTJM yang sudah ditandatangani oleh Kepala Satuan Pendidikan di atas materai dan sudah dibubuhi stampel satuan pendidikan.

10. Pusdatin mengirimkan data valid berdasarkan SPTJM kepada Provider sehingga Provider dapat mengirimkan bantuan kuota internet kepada peserta didik dan guru.

11. Provider mengisikan kuota internet ke nomor ponsel individu peserta didik dan guru setelah SPTJM disetujui Pusdatin.

a) Provider merekapitulasi pengiriman kuota internet dengan status berhasil jika kuota internet berhasil dikirimkan.

b) Provider merekapitulasi pengiriman kuota internet dengan status tidak berhasil jika kuota internet tidak berhasil dikirimkan kemudian mengirimkan data ke Pusdatin untuk diperbaiki oleh satuan pendidikan.

12. Provider melaporkan hasil pengisian kuota internet ke Pusdatin

 

Dinyatakan dalam Panduan Verval Nomor HP - Ponsel Peserta Didik (Siswa), bahwa Verifikasi dan Validasi (Verval) Nomor Ponsel Peserta Didik dapat diakses melalui laman https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/ . Hak akses aplikasi Verifikasi dan Validasi Nomor Ponsel Peserta Didik diberikan melalui registrasi keanggotaan pada Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan (SDM) Pusdatin Kemendikbud dilaman https://sdm.data.kemdikbud.go.id, dengan penugasan sebagai: Admin Dapodik bagi Dinas PendidikanKab./Kota/Provinsi; dan/atau Operator Sekolah bagi Satuan Pendidikan.

 

Selengkapnya silahkan download Panduan Verval Nomor HP - Ponsel Peserta Didik (Siswa) melalui link yang tersedia di bawah ini

 

Link download Panduan VerifikasiDan Validasi (Verval) Nomor HP - Ponsel Peserta Didik (Siswa)


Demikian informasi tentang Panduan Verval Nomor HP - Ponsel Peserta Didik (Siswa). Semoga ada manfaatnya. 




3 comments:

  1. Terima kasih pak telah berbagi info yang menarik dan sangat kami butuhkan.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat. Jazakallahu Khairan Katsiran

    ReplyDelete
  3. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.