BEASISWA PELAKU BUDAYA S1 DALAM NEGERI TAHUN 2021

Beasiswa Pelaku Budaya S1 dalam Negeri Tahun 2021


Beasiswa Pelaku Budaya S1 dalam Negeri Tahun 2021. Beasiswa Pendidikan Indonesia Reguler Pelaku Budaya selanjutnya disebut Beasiswa  Pelaku  Budaya  adalah  beasiswa  jenjang  sarjana,  magister  dan doktoral yang diperuntukkan bagi warga negara Republik Indonesia yang aktif di  bidang  kebudayaan  melalui  mekanisme  dan  prosedur  yang  ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

  

Sasaran Beasiswa Pelaku Budaya untuk Jenjang Sarjana (S1) dalam Negeri adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat.

 

Skema Beasiswa Pelaku Budaya untuk Jenjang Sarjana

1.  BPI Reguler Pelaku Budaya diberikan untuk jenjang Pendidikan Sarjana (S1) satu gelar (single degree) dengan durasi studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan:

2.  Pendaftar BPI Reguler S1 Pelaku Budaya akan ditempatkan di perguruan tinggi  dalam  negeri  dan  program  studi  yang  telah  ditentukan  oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan.

3.  Pendaftar  BPI  Reguler  tidak  dapat  mengajukan  perpindahan  Program studi dan Perguruan Tinggi Tujuan.

 

Persyaratan Umum Beasiswa Pelaku Budaya S1 dalam Negeri Tahun 2021. Persyaratan umum Beasiswa Pelaku Budaya sebagai berikut:

1.  Warga Negara Indonesia;

2.  Mendapatkan surat ijin dari atasan bagi yang sudah bekerja;

3.  Memilih  program  studi/perguruan  tinggi  yang  telah  ditetapkan  oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;

4.  Bersedia  menandatangani  surat  pernyataan  yang  menyatakan  bahwa pendaftar:

1)  Setia kepada Negara Republik Indonesia dan UUD 1945.

2)  Tidak pernah, sedang, atau akan mendukung atau terlibat dalam gerakan, organisasi,  atau  ideologi  yang  bertentangan  dan/atau  berpotensi mengganggu tegaknya ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar 45, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3)  Kembali ke Indonesia dan mengabdi di Indonesia setelah selesai studi dan bersedia berkontribusi dalam kerangka Pemajuan Kebudayaan.

4)  Mendahulukan  kepentingan  Bangsa  dan  Negara  Kesatuan  Republik Indonesia di atas kepentingan pribadi.

5)  Tidak  menggunakan  media  informasi  dan  media  sosial  untuk menyampaikan  informasi  yang  belum  terkonfirmasi  kebenarannya  yang berpotensi menimbulkan konflik di kalangan masyarakat.

6)  Tidak  pernah,  sedang,  atau  akan  terlibat  dalam  aktivitas/tindakan  yang melanggar hukum dan norma sosial masyarakat Indonesia.

7)  Berkomitmen melaksanakan ketentuan beasiswa Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

8)  Tidak sedang  menerima atau akan menerima beasiswa  dari sumber lain selama  menjadi  penerima  beasiswa  Kementerian  Pendidikan  Dan Kebudayaan. 

9)  Dokumen dan data pendaftaran adalah akurat dan sesuai aslinya.

10) Bersedia menerima sanksi hukum yang berlaku dan tidak dapat mendaftar pada  seluruh  layanan  Kementerian  Pendidikan  Dan  Kebudayaan  apabila melakukan pemalsuan dokumen dan data pendaftaran. 

 

Persyaratan Khusus Pendaftaran Beasiswa Pelaku Budaya S1 dalam Negeri Tahun 2021, adalah sebagai berikut:

1.  Ketentuan batas usia pendaftar per 31 Desember di tahun pendaftaran yaitu:

a.  Non PNS 

pendaftar jenjang pendidikan sarjana berusia paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun

b.  PNS

pendaftar jenjang pendidikan sarjana berusia paling tinggi 25 (dua puluh lima) tahun

2.  Menulis  esai  dengan  dengan  topik  sesuai  dengan  bidang  ilmu  yang  dipilih (Kepercayaan  terhadap  Tuhan  Yang  Maha  Esa)  dan  alasan  memilih  bidang tersebut (panjang esai   700 - 1000 kata).

3.  Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah.

 

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang Jadwal dan persyaratan Beasiswa Pelaku Budaya S1 dalam Negeri Tahun 2021, silahkan download Brosur Beasiswa Pelaku Budaya S1 dalam Negeri Tahun 2021.

 



Link download DISINI

 

Demikian informasi tentang Persyaratan Beasiswa Pelaku Budaya S1 dalam Negeri Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



2 comments:

  1. Terima kasih posting sangat menginspirasi, luar biasa dan banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.