JUKNIS KOPSI SMA TAHUN 2021 (KOMPETISI PENELITIAN SISWA INDONESIA)

Petunjuk Teknis atau Juknis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) SMA Tahun 2021


Petunjuk Teknis atau Juknis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) SMA Tahun 2021. Tantangan terbesar pembangunan pendidikan Indonesia dalam masa pembangunan jangka menengah tahap keempat (2020-2024) adalah untuk menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang berk ualitas dan berdaya saing di dunia inter nasional. Untuk menjawab tantangan tersebut, sekaligus sebagai perwujudan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Kementer ian Pendidikan dan Kebudayaan terus berup aya membina dan mengembangkan bakat, minat, dan prestasi siswa SMA/ MA/sederajat melalui berbagai kegiatan kesiswaan.

 

Sasaran utama proses pembelajaran dan pendidikan adalah siswa atau peserta didik, yang harus dilibatkan dalam ber bagai kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler yang komprehensif dan terpadu sebagai pola pembinaan kesis waan. Pola pembinaan tersebut harus dapat mendukung penyiapan generasi yang berkualitas yang dibentuk di atas landasan kompetensi intelektual, keterampilan, dan sikap yang mumpuni. Dalam rangka mewujudkan capaian prestasi dalam berbagai bidang ilmu. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia melalui Pusat Prestasi Nasional memandang bahwa program kompetisi, kompetisi, dan festival harus juga dapat dijadikan sarana pembinaan dan pengembangan kompe tensi siswa dalam penguasaan ipteks. Upaya tersebut diperkaya dengan ber bagai program yang dapat meningkatkan minat , bakat, dan kemampuan siswa dalam penelitian. Siswa diharapkan dapat menghasilkan inovasi dan solusi atas fenomena atau permasalahan di lingkungan masyarakat sekitar.

 

Sebagaimana diketahui mulai tahun 2020, Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) berubah nama menjadi Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI), digelar sebagai agenda penting Pusat Prestasi Nasional dalam rangka membangun manusia Indonesia yang berkarakter kreatif dan inovatif. KoPSI berfokus pada karakter ilmiah ditumbuhkan melalui kegiatan kompetisi dalam rangka mengembangkan kemerdek aan berpikir siswa untuk terus meneliti. Ide -ide dalam penelitian dapat digali dari berbagai gejala, peristiwa, dan potensi yang ada di lingkungan sekitar siswa. Melalui kegiatan ini, kepedulian siswa ter hadap lingkungan sekitar, termasuk menggali potensi sumber daya lokal yang memiliki dampak global akan terus ditumbuhkan. Dengan demikian, KoPSI menjadi wadah bagi para siswa SMA / MA / sederajat untuk mengaktualisasikan bakat, minat, dan kemampuan dalam meneliti dan berinovasi serta menanamkan budaya meneliti di kalangan siswa. Kegiatan ini juga merupakan seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai kompetisi penelitian, forum ilmiah, serta publik asi nasional dan inter nasional.

 

Buku Petunjuk Teknis atau Juknis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) SMA Tahun 2021 ini akan menjelaskan informasi mengenai peraturan dan mekanisme kegiatan KoPSI sebagai pedoman bagi penyelenggara KoPSI Tahun 2021. Semoga penyelenggaraan KoPSI tahun 2021 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

 

Berdasarkan Petunjuk Teknis atau Juknis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) SMA Tahun 2021, berikut ini persyaratan peserta Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) SMA Tahun 2021, sebagai berikut.

 

1.    Warga Negara Indonesia.

2.    Siswa SMA/ MA/ sederajat, kelas X atau XI, pada saat pengunggahan proposal.

3.    Peserta dapat perseorangan atau berkelompok (maksimum dua orang), yang terdiri atas satu orang ketua dan satu orang anggota (lih at lampi ran 1 dan 2).

4.    Peserta pada penelitian yang dilakukan berkelompok harus dari sekolah yang sama.

5.    Setiap peserta hanya boleh terlibat dalam satu judul penelitian baik sebagai ketua maupun anggota peneliti.

6.    Setiap peserta harus mempunyai guru pembimbing yang kompetensinya sesuai dengan bidang yang diteliti.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Petunjuk Teknis atau Juknis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) SMA Tahun 2021, melalui link yang tersedia di bawah ini

 



Link download Petunjuk Teknis atau Juknis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) SMA Tahun 2021 (DISINI)

 

Demikianb informasi tentang Petunjuk Teknis atau Juknis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) SMA Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.

 




2 comments:

  1. Terima kasih, informasi sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Mantap Kang informasinya, Izin share dan terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.