UNDUH BUKU PEGANGAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL)

 Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi  Pada HOTS

Dalam rangka membantu guru dalam menerapkan model cara berpikir tinggi/higher order thinking skills (HOTS), direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kepdidikan telah menerbitkan Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi  Pada HOTS atau Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Pengembangan Model Pembelajaran HOTS). Buku  Pegangan  ini  diharapkan  dapat  menjembatani  pemahaman  para  guru  dalam  hal perencanaan  dan  pelaksanaan  pembelajaran   lebih  baik  lagi  sehingga  mereka  dapat meningkatkan  kualitas Pendidikan di Indonesia.

Diterbitkannya Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi  Pada Keterampilan Berpikir Tingkat  Tinggi (HOTS) sebagai upaya mensukseskan program Program Ditjen  GTK terkait peningkatan kualitas  lulusan. Sebagaimana di ketahui, Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher  Order Thinking Skill  (HOTS)  merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidi kan  (Ditjen  GTK)  dalam  upaya  peningkatan  kualitas  pembelajaran  dan meningkatkan  kualitas  lulusan.  Program  ini  dikembangkan  mengikuti  arah  kebijakan Kement e rian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  yang  pada  tahun  2018  telah  terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter  dan pembelaja ran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi   atau High er  Order Thinking Skill  (HOTS).

Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat  Tinggi (HOTS) disusun agar  dapat memberikan  pegangan   dan  panduan  dalam melaksanakan perencanaan  hingga  proses  pembelajaran   berorientasi  kepada  keterampilan  berpikir tingkat tinggi  secara efektif, efisien, dan sesuai dengan prosedur  serta  amanat Kurikulum 2013. Pegangan  Pembelajaran Berorientasi HOTS

Secara khusus tujuan diterbitkan Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat  Tinggi (HOTS) adalah untuk menjadi pegangan dalam mengembangkan pembelajaran berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi, yakni 1)   Memberikan acuan kepada guru dalam mengembangkan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS);  2)   Memberikan acuan  kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik; 3) Memberikan acuan kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervise akademik dan manajerial .


Sasaran penggunaan Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat  Tinggi (HOTS) ini adalah sebagai berikut:
1.   Guru Jenjang  Sekolah  Dasar  (SD),  Sekolah  Menengah  Pertama  (SMP),  Sekolah Menengah  Atas (SMA), dan Sekolah  Menengah  Kejuruan (SMK)   untuk mata pelajaran adaptif dan  normatif.
2.   Guru  Sekolah  Menengah  Kejuruan  (SMK)  Produktif,  B imbingan  Konseling  (BK), Pendidikan  Anak  Usia  Dini  (PAUD)   dan  Pendidikan  Masyarakat  (Dikmas)   serta Pendidikan Luar Biasa  (PLB).
3.   Kepala Sekolah / Madrasah sebagai bagian Supervisi Akademik 
4.   Pengawas Sekolah / Madrasah sebagai bagian supervisi  akademik dan manajerial

Apa saja isi Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat  Tinggi (HOTS) ini. Buku ini antara lain membahas Pengertian atau Konsep Berpikir Tingkat Tinggi,   Kompetensi Keterampilan  4Cs ( Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication), Pendekatan Saintifik, Beberapa alternative Model Pembelajaran HOTS seperti Model Discovery /Inquiry Learning, Model Pembelajaran Problem-based Learning (PBL), Model Pembelajaran Project - Based Learning.  Buku ini mengupas pula Strategi Mengembangkan Pembelajaran Berpikir Tingkat Tinggi HOTS dan Desain Pembelajaran yang Berorientasi HOTS.

Dalam salah satu bagian isi Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat  Tinggi (HOTS) ini dinyatakan bahwa Keterampilan  berpikir  tingkat  tinggi (HOTS)  yang  dalam  bahasa  umum  dikenal  sebagai  Higher  Order Thinking Skill (HOTS)  dipicu oleh empat kondisi.
a.   Sebuah situasi belajar tertentu yang memerlukan strategi pembelajaran yang spesifik dan tidak dapat digunakan di situasi belajar lainnya. 
b.   Kecerdasan yang tidak lagi dipandang sebagai kemampuan yang tidak dapat diubah, melainkan kesatuan pengetahuan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terdiri dari lingkungan belajar, strategi dan kesadaran dalam belajar. 
c.   Pemahaman pandangan  yang telah berge ser dari unidimensi, linier, hirarki atau spiral menuju pemahaman pandangan ke multidimensi dan interaktif.
d. Keterampilan  berpikir tingkat tinggi yang lebih spesifik seperti penalaran, kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis  dan kreatif. 

Menurut beberapa  ahli,  definisi  keterampilan berpikir  tingkat  tinggi  salah satunya  dari Resnick  (1987)  adalah  proses berpikir  kompleks  dalam  menguraikan  materi,  membuat kesimpulan, membangun representasi, meng analisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan  aktivitas  mental  yang  paling  dasar.  Keterampilan  ini  juga  digunakan  untuk menggarisbawahi  berbagai  proses  tingkat  tinggi  menurut  jenjang  taksonomi  Bloom. Menurut  B loom, keteram pilan dibagi menjadi dua bagian.  Pertama   adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu mengingat ( remembering ), memahami  (understanding ),  dan  menerapkan  ( applying),  dan  kedua  adalah  yang diklasifikasikan  ke  dalam  keterampilan  berpikir  tingkat  tinggi  berupa  keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta ( creating).

Selengkapnya silahkan baca dan download Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi  Keterampllan Berpikir Tingkat Tinggi atau HOTS (Buku Pengembangan Model Pembelajaran HOTS)


 Model Pembelajaran HOTS / Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi  Pada HOTS

Link Download

Demikian informasi tentang Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi  Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi HOTS. Semoga bermanfaat, terima kasih. 



= Baca Juga =



1 comment:

  1. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.