LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM-BASED LEARNING)

Langkah-langkah Pembelajaran Berbasis Masalah

Apa dan bagaimana Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) ? Pembelajaran Berbasis Masalah adalah pembelajaran yang menggunakan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari (otentik) yang bersifat terbuka (open-ended) untuk diselesaikan oleh peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berpikir, keterampilan menyelesaikan masalah, keterampilan sosial, keterampilan untuk belajar mandiri, dan membangun atau memperoleh pengetahuan baru. Pembelajaran ini berbeda dengan pembelajaran konvensional yang jarang menggunakan masalah nyata atau menggunakan masalah nyata hanya di tahap akhir pembelajaran sebagai penerapan dari pengetahuan yang telah dipelajari. Pemilihan masalah nyata tersebut dilakukan atas pertimbangan kesesuaiannya dengan pencapaian kompetensi dasar.

Berikut langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) yang diadaptasi dari pendapat Arends (2012: 411). Silahkan simak dan praktek Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Masalah tersebut dengan teliti.

Langkah 1 / Tahap 1 Orientasi terhadap masalah. Dalam tahap ini guru menyajikan masalah nyata kepada peserta didik.

Langkah 2 / Tahap 2 Organisasi belajar. Dalam tahap ini guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah nyata yang telah disajikan, yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu mereka ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Peserta didik berbagi peran/tugas untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Langkah 3 / Tahap 3 Penyelidikan individual maupun kelompok. Dalam tahap iniguru membimbing peserta didik melakukan pengumpulan data/informasi (pengetahuan, konsep, teori) melalui berbagai macam cara untuk menemukan berbagai alternatif penyelesaian masalah.

Langkah 4 / Tahap 4 Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah. Dalam tahap ini guru membimbing peserta didik untuk menentukan penyelesaian masalah yang paling tepat dari berbagai alternatif pemecahan masalah yang peserta didik temukan. Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah, misalnya dalam bentuk gagasan, model, bagan, atau Power Point slides.

Langkah 5 / Tahap 5 Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah. Dalam tahap ini guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah yang dilakukan.

Demikian penjelasan singkat langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning). Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat. Jazakallahu Khairan Katsiran

    ReplyDelete
  2. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.