Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MA Tahun 2020 dan Pembahasan

Latihan Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MA Tahun 2020 dan Pembahasan

Latihan Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MA Tahun 2020 dan Pembahasan. Madrasah aliyah (MA) adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah menengah atas (SMA), yang pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Agama. Pendidikan madrasah aliyah ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas X sampai kelas XII.


Pada tahun kedua (kelas XI), seperti halnya siswa SMA, siswa MA memilih salah satu dari 4 jurusan yang ada, yaitu Ilmu Alam, Ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Keagamaan Islam, dan Bahasa. Pada akhir tahun ketiga (kelas XII), siswa diwajibkan mengikuti Ujian Akhir Madrasah (UAM) yang mempengaruhi kelulusan siswa. Lulusan madrasah aliyah dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi umum, perguruan tinggi agama Islam, atau langsung bekerja. MA sebagaimana SMA, ada MA umum yang sering dinamakan MA dan MA kejuruan (di SMA disebut SMK) misalnya Madrasah aliyah kejuruan (MAK) dan madrasah aliyah program keterampilan.

 

Kurikulum madrasah aliyah sama dengan kurikulum sekolah menengah atas, hanya saja pada MA terdapat porsi lebih banyak muatan pendidikan agama Islam, yaitu Fiqih, akidah, akhlak, Al Quran, Hadits, Bahasa Arab dan Sejarah Kebudayaan Islam. Pelajar madrasah aliyah umumnya berusia 16-18 tahun. SMA/MA tidak termasuk program wajib belajar pemerintah, sebagaimana siswa sekolah dasar/sederajat 6 tahun dan sekolah menengah pertama/sederajat 3 tahun. Di Indonesia, kepemilikan madrasah aliyah dipegang oleh dua badan, yakni swasta dan pemerintah (madrasah aliyah negeri)

 

Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MA Tahun 2020 dan Pembahasan. Pada tahun 2020, kemenag akan menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru Madrasah Aliyah (MA). Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru Madrasah Aliyah (MA) didasarkan Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mendefinisikan bahwa profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.

 

Sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Kondisi yang berbeda yang dialami oleh guru, mengakibatkan timbulnya berbagai kendala dalam penguasaan kompetensi yang disyaratkan. Oleh karena itu, ada dua skema yang akan dilakukan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah untuk mengukur profesionalisme guru, kepala dan pengawas madrasah yakni secara akademis dan non akademis. Pengukuran akademis dilakukan secara rutin setiap tahun yaitu dengan menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP).

 

Kementerian Agama merupakan salah satu Kementerian yang berperan penting dalam dalam pencapaian target pembangunan pendidikan nasional. Sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, Kementerian Agama menyelenggarakan layanan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

 

Salah satu prioritas Rencana Strategis Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu Pendidikan Islam adalah peningkatan mutu pembelajara melalui peningkatan mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah. Peningkatan mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah dilaksanakan melalui skema Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB). Fokus program tersebut dilakukan di kelompok kerja terdekat yaitu melalui kegiatan dalam Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK), Kelompok Kerja Madrasah (KKM), dan Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah.


Salah satu langkah awal sebelum melakukan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah adalah tersedianya baseline pemetaan kompetensi Guru dan Tendik madrasah. Baseline data pemetaan kompetensi tersebut dapat dilakukan melalui Asesemen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah.


Bentuk dukungan pemerintah terhadap Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru, Kepala Madrasah, dan Tenaga Kependidikan Madrasah adalah melalui implementasi proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education (Madrasah Education Quality Reform) – yang disingkat RealEdPro atau MEQR, yaitu sebuah program investasi SDM yang dikembangkan Kementerian Agama yang sumber pendanaannya melalui Pinjaman Luar Negeri Bank Dunia (IBRD Loan No.8992-ID) dari tahun 2020 sampai dengan 2024.

 

Berikut link Latihan Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MTs Tahun 2020 dan Pembahasan, semoga dapat membantu persiapan Bapa/Ibu guru yang akan mengikuti Asesmen Kompetensi Guru. Jadi soal ini dibuat hanya sebagai bahan latihan bagi Bapak/Ibu guru yang akan mengikuti Asesmen Kompetensi Guru AKG MTS Tahun 2020.

 

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (Pedagodik)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (Pedagodik2)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (Profesional-Literasi)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (Profesional-Numerasi)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (Profesional-Sains)

 

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (Pedagodik)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (Pedagodik2)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (Bahasa Inggris)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (Bahasa Indonesia)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (Matematika)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (IPA)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (IPA-Biologi)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (IPA-Fisika)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (BK)


Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Pedagodik)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Pedagodik2)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA(Bahasa Inggris)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Bahasa Indonesia)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Matematika)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Biologi)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Fisika)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Kimia)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Ekonomi)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (BK) 


Demikian informasi tentang Latihan Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MA Tahun 2020 dan Pembahasan. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



3 comments:

  1. Terima kasih pak telah berbagi info yang menarik dan sangat kami butuhkan.

    ReplyDelete
  2. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih posting sangat menginspirasi, luar biasa dan banyak manfaatnya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.