LATIHAN PAS KELAS 7 SMP – MTS SEMESTER 1 (GANJIL) TAHUN 2020/2021 DAN PEMBAHASAN (KUNCI JAWABAN)

Latihan Soal PAS Kelas 7 SMP – MTS  Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2020/2021 dan Kunci Jawaban


Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 7 SMP – MTS Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2020/2021 dan Pembahasan (Kunci Jawaban). Penilaian Akhir Semester (PAS) bertujuan untuk mengukur hasil belajar peserta didik selama satu semester, mengukur materi pelajaran yang diberikan oleh guru-guru mata pelajaran melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan sebagai betuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan di sekolah.


Penilaian Akhir Semester (PAS) dilaksanakan sesuai dengan kalender pendidikan yang telah disusun diawal semester dan dilaksanakan di sekolah tiap tahunnya, namun pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana Penilaian Akhir Semester (PAS) Semester 1 atau Ganjil kali ini di beberapa sekolah ada yang dilaksanakan secara Daring (Dalam Jaringan) 

 

Penilaian Akhir Semester merupakan serangkaian proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.  Berdasarkan pada PP. Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:

  Penilaian hasil belajar oleh pendidik;

  Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan;

  Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.

 

Setiap satuan pendidikan selain melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

 

Sebelum Admin membagikan Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 7 SMP – MTS Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2020/2021 dan Pembahasan (Kunci Jawaban)., perlu dikethaui bahwa dalam rangka penilaian hasil belajar aspek pengetahuan penilaian oleh pendidik dilakukan melalui penilaian harian dan ulangan tengah semester,  sedangkan penilaian oleh satuan pendidikan dilaksanakan melalui kegiatan penilaian akhir semester. Untuk penilaian aspek ekterampilan dilakukan melalui penilaian proyek, portofolio, dan unjuk kerja. Hasil pengolahan dan analisis nilai tersebut digunakan untuk pengisian nilai rapor semester ganjil.

 

Tujuan dilaksanakannya Penilaian Akhir Semester Antara lain :

   mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik;

   mendiagnosis kesulitan belajar;

   memberikan umpan balik/perbaikan proses belajar mengajar;

 memotivasi belajar siswa dengan cara mengenal dan memahami diri dan merangsang untuk melakukan usaha perbaikan.


Pelaksanaan penilaian Akhir Semester mengacu pada prinsip-prinsip penilaian, yaitu : Valid, Objektif , Transparan/terbuka, Adil, Terpadu, Menyeluruh, Bermakna, Sistematis, Akuntabel, dan Beracuan pada kriteria. Yang dimaksud valid mengandung makna Penilaian hasil belajar oleh pendidik harus mengukur  pencapaian kompetensi yang ditetapkan dalam standar isi (standar kompetensi dan kompetensi dasar) dan standar kompetensi lulusan. Penilaian valid berarti menilai apa yang seharusnya dinilai dengan menggunakan alat yang sesuai untuk mengukur kompetensi. Objektif mengandung makna bahwa Penilaian hasil belajar peserta didik hendaknya tidak dipengaruhi oleh subyektivitas penilai, perbedaan latar  belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender,dan hubungan emosional.


Transparan/terbuka dapat dimaknai bahwa Penilaian hasil belajar oleh pendidik bersifat terbuka artinya prosedur penilaian, kriteria penilaian dan dasar pengambilankeputusan terhadap hasil belajar peserta didik dapat diketahuioleh semua pihak yang berkepentingan.  Adil mengandung arti bahwa penilaian hasil belajar tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, statussosial ekonomi, dan gender.


Yang dimaksud Prinsip Terpadu adalah Penilaian hasil belajar oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran. Menyeluruh dan berkesinambungan mengandung makna Penilaian hasil belajar oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaianyang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.  Prinsip Bermakna dapat diartikan bahwa Penilaian hasil belajar oleh pendidik hendaknya mudahdipahami, mempunyai arti, bermanfaat, dan dapatditindaklanjuti oleh semua pihak, terutama guru, peserta didik,dan orangtua serta masyarakat.


Yang dimakud Sistematis mengandung arti Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku. Prinsip Akuntabel diartikan bahwa Penilaian hasil belajar oleh pendidik dapatdipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur,maupun hasilnya. Sedangkan Beracuan kriteria mengandung arti bahwa Penilaian hasil belajar oleh pendidik didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.

 

Berikut ini Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 7 SMP – MTS Semester 1 (Ganjil) Tahun 2020/2021 dan Pembahasan (Kunci Jawaban), untuk semua mata pelajaran wajib yang diajarakan di SMP/MTS.

Badi Adik-adik yang berminat mempelajari Soal UAS / PAS SMP/MTS kelas 7 Semester 1/Ganjil  Kurikulum 2013 silahkan diunduh melalui tautan dibawah ini.

Latihan Soal UAS / PAS  Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Semester 1 - Ganjil (disini)
Latihan Soal UAS / PAS  Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 1 - Ganjil (disini)
Latihan Soal UAS / PAS  IPA SMP Kelas 7 Semester 1 - Ganjil (disini)
Latihan Soal UAS / PAS  IPS SMP Kelas 7 Semester 1 - Ganjil (disini)
Latihan Soal UAS / PAS  Matematika SMP Kelas 7 Semester 1 - Ganjil (disini)
Latihan Soal UAS / PAS  PAI SMP Kelas 7 Semester 1 - Ganjil (disini)
Latihan Soal UAS / PAS  PPKn PKn SMP Kelas 7 Semester 1 - Ganjil (disini)
Latihan Soal UAS / PAS  PenjaskesSMP Kelas 7 Semester 1 - Ganjil (disini)
Latihan Soal UAS / PAS  Seni Budaya SMP Kelas 7 Semester 1 - Ganjil (disini)
Latihan Soal UAS / PAS  TIK SMP Kelas 7 Semester 1 - Ganjil (disini)

Kunci Jawaban Latihan Soal PAS Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban Latihan Soal PAS Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban Latihan Soal PAS IPA SMP Kelas 7 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban Latihan Soal PAS IPS SMP Kelas 7 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban Latihan Soal PAS Matematika SMP Kelas 7 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban Latihan Soal PAS PAI SMP Kelas 7 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban Latihan Soal PAS PPKn PKn SMP Kelas 7 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban Latihan Soal PAS Penjaskes SMP Kelas 7 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban Latihan Soal PAS Seni Budaya SMP Kelas 7 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban Latihan Soal PAS TIK SMP Kelas 7 Semester Ganjil (disini)

Demikian informasi tentang ini Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 7 SMP – MTS  Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2020/2021 dan Pembahasan (Kunci Jawaban). Semoga ada manfaatnya. Terima kasih.





= Baca Juga =



10 comments:

  1. Terima kasih pak telah berbagi info yang menarik dan sangat kami butuhkan.

    ReplyDelete
  2. Extraordinary. This ainamulyana.com website has the advantage of being easily accessible. The website can be accessed quickly. Also this website is very useful.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat. Jazakallahu Khairan Katsiran

    ReplyDelete
  4. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih banyak, postingnya sangat membantu

    ReplyDelete
  6. Terima kasih posting sangat menginspirasi, luar biasa dan banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih telah berbagi soal PAS Kelas 7 SMP. Soal-soalnya mantap bro, luar biasa dan sangat bermanfaat. Ditunggu update info lainnya. Salam dari guru-guru di Minang

    ReplyDelete
  8. Terima kasih banyak, sukses selalu. Amiin

    ReplyDelete
  9. Makasih banyak atas postingnya. Alhamdulilah cukup membantu. Moga sukses.

    ReplyDelete

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.