Soal dan Pembahasan AKM SD SMP SMA SMK Sederajat Tahun 2021

Soal dan Pembahasan AKM SD SMP SMA SMK Sederajat


Contoh Soal dan Pembahasan AKM SD SMP SMA SMK Sederajat tahun 2021. Kemendikbud pada tahun 2021 akan menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Asesmen tersebut tidak dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam ujian nasional, melainkan melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yakni dalam hal literasi dan numerasi.

 

Seperti diketahui salah satu indikator yang menjadi acuan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) adalah Programme for International Student Assessment (PISA). PISA sebagai metode penilaian internasional merupakan indikator untuk mengukur kompetensi siswa Indonesia di tingkat global. Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) mencatat, peringkat nilai PISA Indonesia berdasarkan survei tahun 2018 adalah: Membaca (peringkat 72 dari 77 negara), Matematika (Peringkat  72 dari 78 negara), dan Sains (peringkat 70 dari 78 negara). Nilai PISA Indonesia juga cenderung stagnan dalam 10-15 tahun terakhir. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan penggantian Ujian Nasional menjadi Asesmen Kompetensi Minimum, yang nantinya akan berfokus pada literasi, numerasi, pendidikan karakter.

 

“Literasi di sini bukan hanya kemampuan membaca, tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan, dan memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan kompetensi numerasi berarti kemampuan menganalisis menggunakan angka. Dua hal ini yang akan menyederhanakan asesmen kompetensi minimum yang akan dimulai tahun 2021. Jadi bukan berdasarkan mata pelajaran dan penguasaan materi. Ini kompetensi minimum atau kompetensi dasar yang dibutuhkan murid-murid untuk bisa belajar,” tutur Mendikbud Nadiem Makarim.

 

Lantas apa saja yang harus disiapkan guru dan tenaga kependidikan terkait upaya untuk memfokuskan pada literasi dan numerasi?

 

“Yang paling penting menurut saya adalah cara berpikir yang tidak terikat pada satu pola atau satu disiplin, ini yang paling penting. Karena fokus pada literasi, numerasi, karakter ini sebenarnya ujung-ujungnya adalah interdisipliner, dan itulah arah pendidikan pada saat ini dan realitas dunia yang kita hadapi,” kata Dirjen GTK Kemendikbud, Iwan Syahril dalam wawancara telekonferensi, Rabu (3/6/2020).

 

“Banyak sekali inovasi-inovasi terjadi karena lintas disiplin saling ngobrol, saling kemudian melakukan project dan nanti ke depannya juga kita tidak bisa survive dengan menguasai disiplin, konten. Kita harus menguasai fleksibilitas secara kognitif dan soft skills sehingga kita bisa bergerak dari satu bidang ke bidang lain,” tambahnya.

 

Iwan mengungkap visi Asesmen Kompetensi Minimum merupakan upaya menjawab tantangan zaman dan mempersiapkan peserta didik menghadapi masa depan.

 

“Di masa depan tidak bisa kita hanya, bahkan masa sekarang juga ya bekerja hanya pada satu bidang. Kita nanti bidangnya wah sudah enggak ini lagi nih, diambil sama teknologi dan lain-lain, lebih efisien, ternyata ilmu kita sudah tidak relevan lagi sehingga harus pindah atau mencari keterampilan lain dan sebagainya,” urai Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Iwan Syahril.

 

“Prediksinya kan ke depan itu siswa yang tamat tahun sekarang itu bisa sampai pindah 4, 5 bidang pekerjaannya di masa depan. Betul-betul pindah bidang karena bidangnya sudah die out, teknologi sudah bisa menggantikan,” imbuhnya.


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) telah merilis Contoh Soal dan Pembahasan AKM SD SMP SMA SMK Sederajat yang dapat dipelajari untuk mengenal bentuk Kisi-Kisi dan Soal AKM SD SMP SMA SMK tahun 2021 yang akan datang.


Selain itu, Contoh Soal AKM SD SMP SMA SMK Sederajat tahun 2021 ini juga dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi guru maupun siswa siswa SD SMP SMA SMK Sederajat karena telah disertai dengan Kunci Jawaban. Oleh karena itu, ini bisa dinamakan Contoh Soal dan Jawaban (Pembahasan) AKM SD SMP SMA SMK Sederajat. Bagi adik-adik mahasiswa yang mendapat tugas membuat contoh soal AKM,  Contoh Soal dan Jawaban (Pembahasan) AKM SD SMP SMA SMK Sederajat ini mungkin juga dapat membantu.


Untuk mengakses Contoh Kisi-Kisi dan Soal AKM SD SMP SMA SMK Sederajat secara lengkap, Bapak/Ibu guru, para mahasiswa serta siswa siswi SD SMP SMA SMK dapat langsung mengakses laman Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) melalui link https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/ atau dengan mengakses beberapa link di bawah ini.

 

Berikut ini beberapa Contoh Kisi-kisi dan Soal dan Jawaban AKM Kelas 4 SD/MI tentang Numerasi yang Admin kutip dari laman https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/

A. Bilangan

1. Representasi

Memahami pecahan dan pecahan campuran positif dengan penyebut bilangan satu atau dua angka (misal 5/12, 2). (3 Soal)

Mengetahui posisi pecahan pada garis bilangan. (3 Soal)

 

2. Sifat Urutan

Membandingkan dua pecahan, termasuk membandingkan pecahan dan bilangan cacah. (2 Soal)

 

3. Operasi

Menghitung hasil penjumlahan/pengurangan/perkalian/pembagian dua bilangan cacah (maks. enam angka), termasuk menghitung kuadrat dari suatu bilangan cacah (maks. tiga angka). (4 Soal)

Menentukan KPK, faktor suatu bilangan cacah, dan FPB. (1 Soal)

 

B. Geometri dan Pengukuran

1. Bangun Geometri

Menghitung luas persegi panjang bila diketahui panjang dan lebarnya, dan menghitung panjang atau lebar bila diketahui luas dan salah satu sisinya. (2 Soal)

Mengenal prisma dan tabung. (2 Soal)

 

2. Pengukuran

Mengenal dan menggunakan satuan luas (cm2, m2) dan volume (cm3, m3). (3 Soal)

 

C. Aljabar

1. Persamaan dan Pertaksamaan

Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi perkalian/pembagian saja (dalam bentuk yang ramah bagi anak). (13 Soal)

2. Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)

Mengenali pola bilangan sederhana dan melanjutkan pola tersebut. (10 Soal)

 

D. Data dan Ketidakpastian

1. Data dan Representasinya

Memahami cara penyajian data sederhana (menggunakan turus dan diagram gambar). (4 Soal)

2. Ketidakpastian dan Peluang

Menentukan kejadian yang lebih mungkin di antara beberapa kejadian. (1 Soal)

 

Contoh Kisi-kisi dan Soal dan Jawaban AKM Kelas 4 tentang Literasi Teks Fiksi

A. Menemukan Informasi

1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (5 Soal)

 

B. Memahami

1. Memahami teks secara literal

Mengidentifikasi dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks sastra sesuai jenjangnya. (2 Soal)

2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (5 Soal)

Menyusun inferensi (kesimpulan) terkait isi teks untuk menentukan apakah suatu komentar/ pertanyaan/ pernyataan relevan dengan isi teks pada teks sastra atau teks informasi. (6 Soal)

Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal)

 

C. Mengevaluasi dan merefleksi

1. Menilai format penyajian dalam teks

Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya. (2 Soal)

2. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi

Mengaitkan isi teks sastra atau teks informasi dengan pengalaman pribadi sesuai jenjangnya.

 

Contoh Kisi-kisi dan Soal dan Jawaban AKM Kelas 4 tentang Literasi Informasi

A. Menemukan Informasi

1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 Soal)

 

B. Memahami

1. Memahami teks secara literal

Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal)

2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

Menyimpulkan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep berdasarkan informasi rinci di dalam teks informasi yang sesuai jenjangnya. (7 Soal)

Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal)

 

Contoh Kisi-kisi dan Soal dan Jawaban AKM Kelas 8 SMP/MTS tentang Numerasi

A. Bilangan

1. Representasi

Memahami bilangan cacah (maks. enam angka)

 

B. Geometri dan Pengukuran

1. Bangun Geometri

Memahami sifat-sifat bangun datar dan hubungan antara bangun datar serta serta dapat  menggunakan  Teorema Pythagoras (11 Soal)

Menghitung volume bangun ruang dan luas permukaan(balok, kubus, prisma segitiga, tabung, dan bentuk kompositnya). (10 Soal)

 

C. Aljabar

1. Persamaan dan Pertaksamaan

Menyelesaikan pertaksamaan linier 1 variabel atau sistem persamaan linear 2 variabel. (5 Soal)

2. Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)

Memahami pola pada barisan bilangan dan konfigurasi obyek (5 Soal)

Memahami fungsi linier dan grafiknya, serta sifat-sifatnya. (7 Soal)

3. Rasio dan Proporsi

Memecahkan masalah aritmetika sosial yang terkait dengan rasio/persentase. (12 Soal)

 

D. Data dan Ketidakpastian

1. Data dan Representasinya

Menentukan dan menggunakan mean, median, dan modus. (11 Soal)

2. Ketidakpastian dan Peluang

Menghitung peluang kejadian sederhana. (7 Soal)

 

Contoh Kisi-kisi dan Soal dan Jawaban AKM Kelas 8 SMP/MTS tentang Literasi Teks Fiksi

A. Menemukan Informasi

1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

2. Mencari dan memilih informasi yang relevan

Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

 

B. Memahami

1. Memahami teks secara literal

Menganalisis perubahan pada elemen intrinsik (kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 Soal)

Menyusun inferensi (kesimpulan) dan prediksi berdasarkan unsur-unsur pendukung (grafik, gambar, tabel, dll) disertai bukti-bukti yang mendukung di dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal)

Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

 

C. Mengevaluasi dan merefleksi

1. Menilai format penyajian dalam teks

Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

2. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi

Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimiliknya yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

 

Contoh Kisi-kisi dan Soal dan Jawaban AKM Kelas 8 SMP/MTS tentang Literasi Teks Informasi

A. Menemukan Informasi

1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

2. Mencari dan memilih informasi yang relevan

Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal)

 

B. Memahami

1. Memahami teks secara literal

Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (6 Soal)

Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

3. Menilai kualitas dan kredibilitas konten pada teks informasi tunggal maupun jamak

Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta). (5 Soal)

Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal)\

 

Contoh Kisi-kisi dan Soal dan Jawaban AKM Kelas 11 SMA/SMK tentang Numerasi

A. Geometri dan Pengukuran

1. Bangun Geometri

Memahami dan menggunakan perbandingan trigonometri. (12 Soal)

Menghitung volume dan luas permukaan limas segi-n, kerucut, dan bola. (9 Soal)

 

B. Aljabar

1. Persamaan dan Pertaksamaan

Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan kuadrat, sistem persamaan linear dua atau tiga variable (5 Soal)

2. Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)

Memahami barisan Aritmetika dan geometri (3 Soal)

Memahami fungsi kuadrat dan grafiknya, serta sifat-sifatnya; (4 Soal)

 

C. Data dan Ketidakpastian

1. Data dan Representasinya

Menentukan dan menggunakan ukuran penyebaran data (jangkauan, simpangan, dan variansi). (19 Soal)

2. Ketidakpastian dan Peluang

Memahami dan menggunakan sifat-sifat peluang kejadian. (10 Soal)

 

Contoh Kisi-kisi dan Soal dan Jawaban AKM Kelas 11 SMA/SMK tentang Literasi Teks Fiksi

A. Menemukan Informasi

1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

2. Mencari dan memilih informasi yang relevan

Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

 

B. Memahami

1. Memahami teks secara literal

Menganalisis perubahan pada elemen intrinsik (kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Menyusun generalisasi (kesimpulan umum) dari hasil inferensi terhadap ide-ide yang terkandung di dalam teks sastra atau teks informasi. (5 Soal)

Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

 

C. Mengevaluasi dan merefleksi

1. Menilai format penyajian dalam teks

Mengevaluasi penggunaan diksi dan majas (metafora, analogi, personifikasi) dalam teks sastra sesuai jenjangnya,

Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

Menilai dan mengkritisi elemen intrinsik (karakterisasi, alur cerita, latar) serta otentisitas penggambaran masyarakat pada teks sastra sesuai jenjangnya.

2. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi

Merefleksi asumsi, ideologi, atau nilai yang terkandung dari teks sastra atau teks informasi untuk memahami cara pandang penulis sesuai jenjangnya. (1 Soal)

 

Contoh Kisi-kisi dan Soal dan Jawaban AKM Kelas 11 SMA/SMK tentang Literasi Teks Informasi

A. Menemukan Informasi

1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (10 Soal)

2. Mencari dan memilih informasi yang relevan

Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (6 Soal)

 

B. Memahami

1. Memahami teks secara literal

Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 Soal)

2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal)

3. Menilai kualitas dan kredibilitas konten pada teks informasi tunggal maupun jamak

Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta). (3 Soal)

Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (6 Soal)

 

C. Mengevaluasi dan merefleksi

1. Menilai format penyajian dalam teks

Menilai efektivitas format penyajian data (format visual, struktur perbandingan, contoh, dll) untuk mendukung ide pokok pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (5 Soal)

Menilai dan mengidentifikasi bias pada penulisan teks informasi sesuai jenjangnya. (2 Soal)

 

Sekali lagi untuk lebih lengkapnya Bapak/Ibu atau para siswa bisa langsung mengakses laman AKM Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) melalui link  https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/


Demikian informasi tentang Contoh Kisi-Kisi dan Soal AKM SD SMP SMA SMK Sederajat semoga dapat dijadikan bahwan dalam menghadapai AKM SD SMP SMA SMK tahun 2021 yang akan datang. Terima kasih.



6 comments:

  1. Terima kasih pak telah berbagi info yang menarik dan sangat kami butuhkan.

    ReplyDelete
  2. Extraordinary. This ainamulyana.com website has the advantage of being easily accessible. The website can be accessed quickly. Also this website is very useful.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat. Jazakallahu Khairan Katsiran

    ReplyDelete
  4. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih banyak, postingnya sangat membantu

    ReplyDelete
  6. Terima kasih posting sangat menginspirasi, luar biasa dan banyak manfaatnya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.