Kisi-Kisi Soal Ujian Madrasah MI MTS MA MAK Tahun 2021 Tahun Pelajaran 2020/2021

Kisi-Kisi Soal UM Ujian Madrasah MI MTS MA MAK Tahun 2021 Tahun Pelajaran 2020/2021


Kisi-Kisi Soal Ujian Madrasah MI MTS MA MAK Tahun 2021 Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah suatu format atau matriks yang memuat kriteria tentang soal-soal Ujian Sekolah PAI SMP yang diperlukan atau yang hendak disusun.


Kisi-Kisi Soal UM MI MTS MA MAK Tahun 2021 Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat diartikan juga sebagai test blue-print atau table of specification merupakan deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan. Wujudnya adalah sebuah tabel yang memuat tentang perperincian materi dan tingkah laku beserta imbangan/proporsi yang dikehendaki oleh penilai. Tiap kotak diisi dengan bilangan yang menunjukkan jumlah soal.

 

Jadi Kisi-Kisi Soal UM Ujian Madrasah MI MTS MA MAK Tahun 2021 Tahun Pelajaran 2020/2021 merupakan format berupa matriks yang memuat informasi yang dijadikan pedoman untuk  menulis soal US PAI SMP atau merakit soal menjadi suatu tes. Kisi-kisi berisi ruang lingkup dan isi materi yang akan diujikan. Tujuan penyusunan kisi-kisi adalah untuk menentukan ruang lingkup dan sebagai petunjuk dalam menulis soal.

 

Ada pun fungsi dari Kisi-Kisi Soal UM Ujian Madrasah MI MTS MA MAK Tahun 2021 Tahun Pelajaran 2020/2021 antara lain: 1)  Panduan/pedoman dalam penulisan soal  yang hendak disusun. Pedoman penulisan soal meurupakan aspek tepenting ketika guru hendak memberikan soal kepada siswa, pedoman tersebut akan menjadi acuan bagi guru dalam penulisan soal sehingga akan memudahkan dalam pembuatan soal. 2)  Penulis soal akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes. Sebagai mana diketahui tes dalam bentuk Ujian Sekolah merupakan bahan evaluasi guru terhadap keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran yang disampaikan, guru dalam mengevalusi peserta didik akan memberikan soal tes evaluasi yang bermacam-macam sesuai dengan tujuan pencapaian evalusi terhadap pembelajaran tertenu. Dalam pembuatan soal yang menggunakan kisi-kisi, penulis akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes. 3) Penulis soal yang berbeda akan menghasilkan perangkat soal yang relatif sama, dari segi tingkat kedalamannyas segi cakupan materi yang ditanyakan. Penulisan kisi-kisi berfungsi untuk menselaraskan perangkat soal, sehingga hal ini juga akan mempermudah dalam proses evaluasi.

 

Adapun Manfaat Kisi-Kisi Soal UM Ujian Madrasah MI MTS MA MAK Tahun 2021 Tahun Pelajaran 2020/2021 yaitu sebagai pedoman dalam penulisan soal atau dalam merakit soal menjadi suatu tes. Manfaat lain dari kisi-kisi ialah untuk menjamin sampel soal yang baik, dalam arti mencakup semua pokok bahasan secara proporsional. Agar item-item atau butir-butir tes mencakup keseluruhan materi (pokok bahasan atau sub pokok bahasan) secara proporsional, maka sebelum menulis butir-butir tes terlebih dahulu kita harus membuat kisi-kisi sebagai pedoman. Sebuah kisi-kisi memuat jumlah butir yang harus dibuat untuk setiap bentuk soal dan setiap pokok bahasab serta untuk setiap aspek kemampuan yang hendak diukur.

 

Link download Kisi-Kisi Soal UM Ujian Madrasah MI Tahun 2021 Tahun Pelajaran 2020/2021 (disini)

 

Link download Kisi-Kisi Soal UM Ujian Madrasah MTS Tahun 2021 Tahun Pelajaran 2020/2021 (disini)

 

Link download Kisi-Kisi Soal UM Ujian Madrasah MA MAK Tahun 2021 Tahun Pelajaran 2020/2021 (disini)


Demikian informasi tentang Kisi-Kisi Soal UM Ujian Madrasah MI MTS MA MAK Tahun 2021 Tahun Pelajaran 2020/2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



3 comments:

  1. Informasinya sangat bermanfaat dan menginspirasi, terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat. Jazakallahu Khairan Katsiran

    ReplyDelete
  3. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.