APLIKASI SKHU UNTUK MI DAN MTS TAHUN 2021

Aplikasi Excel SKHU Untuk MI dan MTS Tahun 2021


Aplikasi Excel SKHU Untuk MI dan MTS Tahun 2021. SKHU (Surat Keterangan Hasil Ujian) adalah surat keterangan yang dikeluarkan oleh sekolah yang berisi nilai hasil ujian nasional. SKHU dikeluarkan sebelum ijazah atau STTB dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan. SKHU digunakan untuk mendaftar sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

 

Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) adalah alternatif penting syarat masuk Sekolah lanjutan.  SKHU  biasanya digunakan sebagai pengganti sementara nilai hasil ujian bagi siswa yang dinyatakan baru lulus. Pada umumnya sekolah pada jenjang yang lebih tinggi meminta Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) dari sekolah asal sebagai salah satu persyaratan untuk mendapat sebagai siswa baru.

 

Format SKHU saat ini beragam, karena dapat dibuat melalui aplikasi yang dibuat oleh sekolah/madrasah yang bersangkutan. Dalam Aplikasi yang berupa SKHU MTS misalnya,  aplikasi tersebut berisi nilai rata-rata raport dari semester 1 s.d 5, serta nilai Ujian Madrasah (UM) yang diperlukan oleh Sekolah/madrasah lanjutan untuk memenuhi kriteria nilai calon Peserta Didik Baru (PDB) yang sesuai dengan ketentuan.

 

Pemberian SKHU atau surat keterangan lulus juga dalam rangka memudahkan para siswa yang ingin mendaftar ke SLTA/MA/SMK  Biasanya Sekolah lanjutan memang minta SKHU sebagai salah satu syarat utama untuk pendaftar siswa baru sebelum Ijazah asli diterbitkan Madrasah.


Hal terpenting dalam SKHU adalah harus ada NISN. Sebagaimana dikethaui NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik  Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN

 

Adapun Tujuan dan Manfaat dari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) adalah untuk  1) Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan. 2) Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini. 3) Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.

 

Bagi Anda yang ingin mencoba Aplikasi Excel SKHU Untuk MI dan MTS Tahun 2021. Berikut ini ada beberapa contoh aplikasi SKHU Untuk MI dan MTS Tahun 2021, silahkan di download kemudian dipelajari dan jika cocok silahkan digunakan.

 

Link download Aplikasi Excel SKHU Untuk MI Tahun 2021 (disini)

 

Link download Aplikasi Excel SKHU Untuk MTS Tahun 2021 (disini)

 

Demikian informasi tentang Aplikasi Excel SKHU Untuk MI dan MTS Tahun 2021. semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



2 comments:

  1. Terima kasih posting sangat menginspirasi, luar biasa dan banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  2. untuk unprotect sheetnya apa passwardnya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.