REKRUTMEN CALON ASESOR BAN SM TAHUN 2021

Rekrutmen Calon Asesor BAN SM Tahun 2021


Rekrutmen Calon Asesor BAN SM Tahun 2021BAN-S/M adalah Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah merupakan badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.


Sebagaimana diketahui dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikann Nasional Bab XVI Bagian Kedua pasal 60 tentang Akreditasi, berbunyi sebagai berikut: I) Akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan; 2) Akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dliakukan oleh lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik; dan 3) Akreditasi di lakukan atas dasar kriteria yang bersifat terbuka. Sejalan dengan hal di atas, dalam Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, pasal 86 dinyatakan hal-hal sebagai berikut: 1) Pemerintah melakukan akreditasi pada setiap jenjang dan satuan pendidikan untuk menentukan kelayakan program dan/satuan pendidikan; 2) Kewenangan akreditasi sebagaimana di maksud pada ayat (1) dapat pula dilakukan oleh lembaga mandiri yang di beri kewenangan oleh Pemerintah untuk melakukan akreditasi; 3) Akreditasi sebagaimana di maksud pada ayat (1) dan ayat (2) sebagai bentuk akuntabilitas publik dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan.


Rekrutmen Calon Asesor BAN SM Tahun 2021

 

Saat ini BAN-S/M (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah) akan melaksanakan rekrutmen calon asesor sekolah/madrasah tahun 2021 di 26 (dua puluh enam) Provinsi dengan formasi atau kebutuhan asesor sebanyak 1800 Asesor.

 

Formasi Rekrutmen Calon Asesor BAN SM Tahun 2021 tersebar untuk beberapa provinsi, yakni Aceh, Bali, Banten, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Utara.

 

Dalam pengumuman informasi Rekrutmen Calon Asesor BAN SM Tahun 2021 untuk 26 Provinsi, disampaikan bahwa Persyaratan Pendaftaran Calon Asesor adalah:

          Membuat surat lamaran yang ditujukan kepada Ketua BAN-S/M;

          Mengisi daftar riwayat hidup sesuai aplikasi yang tersedia;

          Memiliki kualifikasi akademik minimal S 1 (semua jurusan);

          Berpengalaman di bidang pendidikan minimal 5 (lima) tahun;

          Memiliki keterampilan dasar mengoperasikan MS Office (Word, Excel, Powerpoint);

          Usia minimal 30 tahun dan maksimal 58 tahun pada tanggal 30 April Tahun 2021;

          Berdomisili sesuai wilayah provinsi yang merekrut asesor sesuai dengan KTP dan surat keterangan domisili bagi domisilinya tidak sesuai dengan KTP;

          Mendapat rekomendasi dan atasan tempat bertugas atau lembaga/ instansi/ yayasan terkait (bagi yang berstatus pegawai aktif);

          Berbadan sehat dibuktikan dengan surat dokter pemerintah;

          Tidak sedang menduduki jabatan struktural di instansi tingkat provinsi/ kabupaten/ kota atau pemimpin di sebuah instansi/ lembaga pemerintah/ swasta dibuktikan dengan surat pernyataan.

 

Apa saja Ketentuan calon pendaftar dalam Rekrutmen Calon Asesor BAN SM Tahun 2021? Ketentuan Pendaftaran Calon Asesor, yakni 1) Calon asesor berasal dan unsur: dosen, pengawas, widyaprada, widyaiswara pendidikan, pelatih guru (yang bukan berstatus guru/kepala sekolah), pengembang teknologi pembelajaran dan praktisi pendidikan lainnya; 2) Pendaftar menulis surat Lamaran ditujukan kepada Ketua BAN-S/M dengan melampirkan dokumen sesuai persyaratan di atas dan mengisi daftar Riwayat hidup yang disediakan pada laman pendaftaran melalui tautan: https://bansm.kemdikbud.go.id/rekrutmen-asesor-2021/

 

Berikut ini Jadwal Pendaftaran dan Seleksi dalam Rekrutmen Calon BAN SM Tahun 2021. Jadwal Pendaftaran Calon Asesor BAN SM Tahun 2021 adalah mulai tanggal 1 - 14 April 2021, sedangkan Jadwal seleksi Administrasi Calon Asesor BAN SM Tahun 2021 mulai tanggal 15 — 16 April 2021, pengumuman hasil seleksi administrasi direncanakan tanggal 16 April 2021 dan pelaksanaan tes subtansi direncanakan tanggal 24 April 2021.

 

Untuk mengetahui informasi dan jadwal rekrutmen asesor BAN SM tahun 2021 yang lengkap silahkan baca Pengumuman Rekrutmen Calon Asesor BAN SM Tahun 2021, di bawah ini. 




Demikian informasi tentang Rekrutmen Calon Asesor BAN SM Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



5 comments:

  1. Informasinya sangat bermanfaat dan menginspirasi, terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pak telah berbagi info yang menarik dan sangat kami butuhkan.

    ReplyDelete
  3. Extraordinary. This ainamulyana.com website has the advantage of being easily accessible. The website can be accessed quickly. Also this website is very useful.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat. Jazakallahu Khairan Katsiran

    ReplyDelete
  5. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.