JUKNIS KOMPETISI NASIONAL MATEMATIKA DAN IPA – PERGURUAN TINGGI (KNMIPA) TAHUN 2021

Juknis Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam – Perguruan Tinggi (KNMIPA) Tahun 2021


Petunjuk Teknis atau Juknis Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam – Perguruan Tinggi Se Indonesia (KNMIPA) Tahun 2021. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membentuk Pusat Prestasi Nasional yang memiliki tugas diantaranya melaksanakan kompetisi akademik dan non akademik. Pelaksanaan kompetisi ini diharapkan terintegrasi mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Selain itu, untuk memenuhi salah satu kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sebagai realisasi dari MBKM, Dirjen Dikti Kemendikbud telah menetapkan Indeks Kinerja Utama (IKU) yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi, salah satu IKU tersebut adalah memfasilitasi mahasiswa untuk mendapat pengalaman di luar kampus yang salah satu aspeknya adalah memperoleh prestasi pada berbagai kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional. KNMIPA-PT adalah salah satu kegiatan yang berkontribusi untuk pencapaian prestasi mahasiswa tersebut.

 

Secara universal, Matematika dan IPA (MIPA) merupakan ilmu dasar yang penting dan perlu dikuasai oleh masyarakat. Sayangnya kualitas Pendidikan MIPA di Indonesia untuk tingkat dasar dan menengah pada bidang ini tergolong rendah, seperti dilaporkan oleh lembaga terkait yang melakukan studi atau asesmen, misalnya Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) atau Program for International Student Assessment (PISA). Sementara itu pada tingkat pendidikan tinggi, MIPA belum menjadi bidang favorit bagi masyarakat.

 

Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan penguasaan MIPA baik bagi siswa maupun mahasiswa. Penguasaan MIPA dapat mendorong daya saing bangsa dalam pengembangan dan pemanfaatan sains dan teknologi. Pusat Prestasi Nasional telah menyelenggarakan Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (KNMIPA -PT) bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi sejak tahun 2009.

 

Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam – Perguruan Tinggi Se Indonesia (KNMIPA) Tahun 2021 dilakukan dalam tiga tahap seleksi, yaitu seleksi Tahap I di tingkat perguruan tinggi, Tahap II di tingkat wilayah, dan Tahap III di tingkat Nasional.

 

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang cepat harus menjadi peluang sekaligus tantangan untuk mahasiswa mengembangkan keilmuannya secara utuh. Kegiatan KNMIPA-PT diharapkan dapat diperoleh prestasi mahasiswa dan masukan untuk perbaikan mutu pendidikan tinggi khususnya di bidang MIPA serta ajang atau sarana promosi dalam rangka meningkatkan daya tarik bidang studi, pelajaran atau mata kuliah Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi di masyarakat.

 

Mempertimbangkan kondisi pandemik COVID-19 di Indonesia yang masih belum berakhir maka, pelaksanaan KNMIPA-PT tahun 2021 sama seperti tahun 2020 . Proses seleksi di tingkat wilayah dan Nasional akan diselenggarakan dengan metode dalam jaringan (daring). Petunjuk Pelaksanaan ini disusun untuk memu dahkan para penyelenggara baik di tingkat perguruan tinggi, tingkat wilayah maupun di tingkat nasional khususnya dalam menyeleksi para calon peserta dan penentuan juara secara lebih obyektif, akuntabel dan transparan. Petunjuk Pelaksanaan ini difokuskan pa da hal-hal yang terkait dengan persyaratan, mekanisme dan tata cara seleksi serta cakupan materi yang diujikan.

 

Semoga dengan petunjuk pelaksanaan atau Juknis Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam – Perguruan Tinggi Se Indonesia (KNMIPA) Tahun 2021 ini, penyelenggaraan KNMIPA-PT di tingkat perguruan tinggi, tingkat wilayah maupun di tingkat nasional dapat terlaksana dengan baik. Melalui kegiatan ini, kita tingkatkan prestasi dan pencapaian hasil kemampuan mahasiswa di bidang KNMIPA - PT baik secara nasional maupun Internasional.

 



Link download Juknis Kompetisi Nasional Matematika Dan IPA – Perguruan Tinggi (Knmipa) Tahun 2021 (disini)

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis atau Juknis Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam – Perguruan Tinggi Se Indonesia (KNMIPA) Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



No comments

Powered by Blogger.