LATIHAN SOAL PAT SD MI KELAS 4 TAHUN 2022 KURIKULUM 2013

Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT SD MI Kelas 4 Tema 6,7,8,9 Kurikulum 2013


Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT SD MI Kelas 4 Tema 6, 7, 8, 9 Kurikulum 2013 tahun 2021-2022. Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah istilah pengganti Ulangan Akhir Semester atau Ulangan Kenaikan Kelas merupakan tahapan bentuk penilaian yang dilakukan di semester genap. Hal ini didasarkan pada Permendikbud No. 23 tahun 2016 dan Panduan Penilaian dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 bahwa Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan dalam bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian sekolah.

 

Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap. Hasil penilaian akhir tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan antara lainuntuk pengisian rapor.

 

Sebelum admin berbagi Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT SD MI Kelas 4 Tema 6,7,8,9 Kurikulum 2013 tahun 2021-2022, berikut ini tips persiapan dalam menghadapi Soal - Soal PAT Kelas 4 SD  MI Kurikulum 2013

 

1. Siapin mental kamu

Secerdas apapun kamu, jika memiliki sikap mental yang negatif, sulit deh, buat kamu ngeraih yang namanya sukses. Misalnya, sebut saja Fathan. Dia sebenarnya pintar, tapi gampang panik. Pernah ia ngadepin lembar-lembar tes, sebenarnya asal nyabar dikit saja, ia bisa menyelesaikan soal-soal. But, melihat temannya satu persatu keluar kelas, pikirannya jadi kacau-balau.

 

Diantara sikap mental negatif yg lain adalah: minder, gampang panik, nggak sabaran & menyerah sebelum bertanding alias putus asa. “Yah, ngapain capek-capek belajar, emang gue bodoh bin idiot. Nggak lulus, bukan berarti kiamat kan?” Kalau kamu udah kepikiran seperti itu, tanpa ujianpun, 99,9% kamu udah dijamin nggak lulus.

 

Nah, bangunlah sikap percaya dirimu, yakin kamu pasti akan lulus. Jika kamu berusaha keras menyiapkan diri sebaik-baiknya, belajar dengan serius, bukan hanya sekedar lulus, bahkan peringkat bintang pun bisa kamu gaet.

 

2. Rajin memotivasi diri

Motivasi yg paling baik sebenarnya justru yg berasal dari kamu sendiri. Bermimpilah setinggi mungkin. Berawal dari mimpi itulah kamu akan terdorong untuk mewujudkannya. Tulislah mimpimu besar-besar kalau perlu tempel agar setiap kamu melihatnya, hatimu kan bergetar.

 

Motivasi juga akan sangat dipengaruhi oleh visi & misi. Visi adalah apa yang kamu inginkan terjadi pada dirimu dimasa yang akan datang. Sedangkan misi adalah apa-apa yang harus kamu lakukan buat mewujudkan mimpi-mimpi besarmu itu.

 

3. Menetapkan target

Dengan target kamu akan bekerja denga penuh semangat. Target juga alat yang efektif untuk mengusir rasa malas, bosan, bete, jenuh & seabrek pemikirian negatif lainnya.

 

Akan tetapi, target haruslah realistis. Misalnya, kamu nggak terlalu doyan sama matematika, nggak usah matok target dapat nilai 100. Karena hanya berbuah kecewa rasa masam plus berkerut. Kamu bisa mengukur target berdasarkan kemampuan yang kamu miliki.

 

4. Kurangi kebiasaan nggak produktif

Pengen sukses kan ujian? Tiada kesuksesan tanpa perjuangan dan tiada perjuangan tanpa pengorbanan. Salah satunya rela ngorbanin kebiasaan-kebiasaan yang ngga produktif yang semuanya membuang-buang waktu & stamina.

 

So, jika kamu senang banget nonton TV, nongkrong di playstation, internetan, dll, sebaiknya pas menjelang ujian, hindari dulu deh

 

5. Sediakan waktu yang cukup untuk belajar

Semakin kamu serius belajar, rasa bahwa kamu belum tahu apa-apa ternyata semakian besar. Banyak hal yang menarik jika kamu benar-benar memahami sebuah permasalahan. Belajar jadi terasa mengasyikkan. Malah jadi satu hobi yg menyenangkan.

 

Jangan ngandalin SKS (Sistem Kebut Semalam), karena hanya mendatangkan kegugupan dibanding secara rutin belajar. Belajar secara rutin akan membuat hafalan atau pengetahuan melekat pada dirimu & lebih adem menetap di otak.

 

6. Rajin membaca

Aktivitas belajar yg paling utama adalah membaca. Temukan cara melahap buku yang nyaman. Misalnya inner journey, mengaitkan apa yg sedang kamu baca dengan hal-hal yang terjadi. Misalnya saja kamu sedang membaca teori tentang gempa bumi. Kamu bisa menghubungkannya dengan kejadian gempa yang baru ini terjadi. Membaca kayak gitu, bikin enjoy, nggak bosan, eh… sudah selesai.

 

7. Bikin catatan yang menarik

Maksudnya buat ringkasan materi yang cantik. Biar kamu nggak sibuk lagi berkutat dengan buku yg tebal-tebal itu, catatan ringkas akan mempermudah kamu untuk menemukan inti atau pokok-pokok materi setiap pelajaran.

 

8. Berdoa

Tuhan yg menciptakan kita, semuanya adalah milik-Nya, kesanggupan kita melangkah, pendengaran apalagi kecerdasan ada dalam pengawasan dan kendalinya. Maka bermohonlah kepada-NYa.

 

Bagi Kamu yang membutuhkan Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT SD MI Kelas 4 Tema 6,7,8,9 Kurikulum 2013 pdf tahun 2021-2022, silahkan di download melalui link yang tersedia.

 

Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 4 Tema 6 SD  MI Kurikulum 2013 (disini)

Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 4 Tema 7 SD  MI Kurikulum 2013 (disini)

Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 4 Tema 8 SD  MI Kurikulum 2013 (disini)

Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 4 Tema 9 SD  MI Kurikulum 2013 (disini)

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT SD MI Kelas 4 Tema 6,7,8,9 Kurikulum 2013 pdf tahun 2021-2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.





= Baca Juga =



1 comment:

  1. Terima kasih telah berbagi soal PAS Kelas 4 SD. Soal-soalnya mantap bro, luar biasa dan sangat bermanfaat. Ditunggu update info lainnya. Salam dari guru-guru di Minang

    ReplyDelete

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.