RINCIAN FORMASI CPNS DAN PPPK KEMENTERIAN PUPR TAHUN 2021

Rincian Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  Tahun 2021


Rincian Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  Tahun 2021. Penetapan Rincian Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Kementerian PUPR sejumlah 1057 dengan rincian sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini.

 

Berikut ini Lampiran Rincian Formasi serta Kualifikasi Akademik CPNS dan PPPK pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  Tahun 2021.

 



Berikut ini rincian Materi Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS :

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) adalah jenis tes yang diujikan untuk mengetahui tingkat wawasan kebangsaan pesert tes CPNS berupa penguasaan pengetahuan dan kemampuan menerapkan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:

Pancasila

Undang Undang Dasar 1945

Bhinneka Tunggal Ika

Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia, pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional dan global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).

 

Untuk bisa memahami materi-materi TWK, maka anda perlu membaca sebanyak mungkin materi-materi 4 pilar kebangsaan Indonesia di atas serta berlatih soal-soal terkait.

 

Semakin sering anda membaca dan juga berlatih soal, maka ingatan anda akan semakin kuat dan akhirnya akan memudahkan anda dalam mengerjakan soal TWK pada pelaksanaan tes CPNS yang sesungguhnya.

 

2. Tes Intelegensi Umum (TIU)

Tes Intelegensi Umum (TIU) diujikan untuk menilai kompetensi peserta dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, serta kemampuan analisis.

Kemampuan Verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis.

Kemampuan Numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.

Kemampuan Berpikir Logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.

Kemampuan Berpikir Analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

 

Materi-materi TIU membutuhkan penalaran dan logika dalam pengerjaannya. Maka dari itu, anda harus sering berlatih agar terbiasa bernalar dan menggunakan logika dalam mengerjakan soal.

 

Semakin banyak anda berlatih, maka anda akan terbiasanya mengerjakan soal-soal jenis TIU. Terkadang soal yang kita pelajari akan muncul saat tes CPNS persis dengan soal latihan yang ada.

 

Oleh karena itu, belajarlah terus dan yakinlah tidak ada yang sia-sia dari apa yang telah anda pelajari.

 

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes Karateristik Pribadi diujian untuk mengetahui tingkat kepribadian peserta CPNS. Materi-materi dalam tes TKP ini mencakup hal-hal berikut ini :

Integritas diri

Semangat berprestasi

Kreativitas dan inovasi

Orientasi pada pelayanan

Orientasi kepada orang lain

Kemampuan beradaptasi

Kemampuan mengendalikan diri

Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas

Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan

Kemampuan bekerja sama dalam kelompok

Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

 

Untuk memahami soal TKP ini lebih mudah dibandingkan dengan 2 jenis soal tes di atas, anda cukup memilih jawaban yang paling real dan logika saja. Semua jawaban soal TKP memilik skor dari 1 - 5. Usahakan untuk mendapatkan skor 5 dari setiap jawaban agar nilai TKP anda bisa tinggi dan bisa meningkatkan nilai TKD CPNS.


Sedangkan Materi Tes PPPK Tahun 2021

·          Kompetensi Tekhnis

Pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

·          Kompetensi Manajerial

Pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan: a). Integritas; b). Kerjasama; c). Orientasi pada hasil; d). Komunikasi; e). Pelayanan publik; f). Pengembangan diri dan orang lain; g). Pengambilan keputusan; h). Mengelola perubahan.

·          Kompetensi Sosio-Kultural

Pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku dalam berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku, dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, dalam peran pemangku jabatan sebagai perekat bangsa yang terkait dengan: a). Kepekaan terhadap perbedaaan budaya; b). Kemampuan berhubungan sosial; c). Kepekaan terhadap konflik; d). Pengendalian diri; e). Empati.

 

Selain Anda mengetahui Rincian Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  Tahun 2021, renacana  jadwal seleksi CPNS dan PPPK tahun 2021 yakni, sebagai berikut:

 

Pengumuman Seleksi – 30 Mei s.d. 13 Juni 2021

Pendaftaran Seleksi – 31 Mei s.d. 21 Juni 2021

Seleksi Administrasi dan Pengumuman Hasilnya – 1 Juni s.d. 30 Juni 2021

Masa Sanggah – 1 Juli s.d. 11 Juli 2021

Pelaksanaan SKD CPNS (CAT BKN) – Juli s.d. September 2021

Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru (CAT BKN) – Juli s.d. September 2021 (setelah SKD CPNS selesai di masing-masing lokasi)

Seleksi Kompetensi PPPK Guru (CBT Kemendikbud)

Tes 1: Agustus 2021

Tes 2: Oktober 2021

Tes 3: Desember 2021

 

Pelaksanaan SKB CPNS – September s.d. Oktober 2021

Pengumuman Akhir dan Masa Sanggah – November 2021

Penetapan NIP CPNS/Nomor Induk PPPK – Desember 2021.

 

Untuk pendaftaran, kunjungi portal resmi Sistem Seleksi Pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja: https://ssp3k.bkn.go.id/ dan portal Sistem Seleksi CPNS di https://sscn.bkn.go.id/. 

 

 

Demikian informasi tentang Rincian Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



No comments

Powered by Blogger.