RINCIAN FORMASI CPNS DAN PPPK KEMENTERIAN PERTANIAN TAHUN 2021

Rincian Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Pertanian Tahun 2021


Sebelum Admin membagian Rincian Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Pertanian Tahun 2021 berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia Nomor 870 Tahun 2021. Berikut ini hal yang perlu Anda ketahui terkait persyaratan Pendaftaran CPNS 2021, yakni seuma Warga Negara Indonesia yang berkeinginan dan memenuhi syarat sesuai peraturan masing-masing instansi (Formasi, Jabatan, dll) selama batas usia yang dipersyaratkan terpenuhi. Salah satu Syarat Pendaftaran CPNS adalah saat mendaftar batas usia pelamar SSCASN Tahun 2021 minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun atau maksimal 40 tahun bagi pelamar yang melamar jabatan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis. Dosen, Peneliti, dan Perekayasa yang memiliki kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor) sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019. Adapun Ketentuan Umum Pelamar yang dapat mendaftar pada Seleksi CPNS 2021, adlah 1) Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih; 2) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai PNS/Prajurit TNI/Kepolisian Negara RI; 3) Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta; 4) Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Kepolisian Negara RI; 5) Tidak menjadi anggota/pengurus Parpol atau terlibat politik praktis; 6) Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan; 7) Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar; 8) Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

 

Dokumen yang harus diupload oleh calon peserta dalam Pendaftaran CPNS adalah 1) Scan Pas Foto berlatar belakang merah maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg. 2) Scan Swafoto maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg. 3) Scan KTP maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg. Pelamar dapat mengunggah Surat Keterangan Kependudukan sebagai pengganti KTP untuk syarat pendaftaran CPNS 2021. 4) Scan Surat Lamaran maksimal 300 Kb bertipe file pdf. 5) Scan Ijazah + Serdik/STR maksimal 800 Kb bertipe file pdf. 6) Scan Transkrip Nilai maksimal 500 Kb bertipe file pdf. 7) Scan Dokumen Pendukung lainnya maksimal 800 Kb bertipe file pdf.

 

Dalam mengupload dokumen persyaratan pendaftaran CPNS, Pastikan ukuran file dan jenis file yang akan di unggah tidak melebihi dari batasan masing masing dokumen yang dipersyaratkan di SSCASN. Apabila melebihi dari batasan ukuran yang ditetapkan, maka secara otomatis file atau dokumen yang Anda unggah akan ditolak oleh sistem.

 

Bagaimana cara Pendaftaran CPNS ? Pendaftaran CPNS dilakukan melalui portal SSCASN. SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara adalah situs resmi pendaftaran ASN secara nasional sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi ASN ke seluruh instansi baik Pusat maupun Daerah dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI sebagai Panitia Seleksi Penerimaan Nasional yang dapat diakses dengan alamat https://sscasn.bkn.go.id

 

Berikut ini alur lengkap Pendaftaran CPNS tahun 2021. Pertama, melakukan Daftar Akun, dengan cara Pelamar mengakses Portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id, Buat akun SSCASN, Login ke akun SSCASN yang telah dibuat dan Lengkapi biodata dan unggah swafoto. Kedua, melakukan Daftar Formasi, dengan cara Pilih jenis seleksi, Pilih formasi, Unggah dokumen, Cek resume dan akhiri pendaftaran, Cetak Kartu Informasi Akun dan kartu Pendaftaran Akun. Ketiga,  Seleksi Administrasi. Panitia akan memverifikasi data pelamar, Panitia akan mengumumkan hasil Seleksi Administrasi, Pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyanggah hasil Seleksi Administrasi, Panitia mengumumkan hasil sanggah, dan Pelamar yang dinyatakan lulus melakukan cetak Kartu Ujian.

 

Keempat, Seleksi Kompetensi Dasar dengan tahapan Pelamar melaksanakan Ujian Seleksi Kompetensi Dasar, Panitia mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Dasar, Pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyanggah hasil Seleksi Kompetensi Dasar, Panitia mengumumkan hasil sanggah, dan Pelamar yang dinyatakan lulus dapat melanjutkan proses ke tahap Ujian Seleksi Kompetensi Bidang

 

Kelima,  Seleksi Kompetensi Bidang dengan tahapan Pelamar melaksanakan Ujian Seleksi Kompetensi Bidang, Panitia mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Bidang, Pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyanggah hasil Seleksi Kompetensi Bidang. Keenam, Pengumuman Kelulusan dengan tahapan Panitia mengumumkan hasil sanggah Seleksi Kompetensi Bidang (pengumuman ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat), Pelamar yang dinyatakan lulus melakukan pemberkasan

 

Rincian Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Pertanian Tahun 2021. Kementerian Pertanian membuka formasi untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia Nomor 870 Tahun 2021 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2021. Surat yang ditandatangani Menpan RB Tjahjo Kumolo tersebut menetapkan terdapat 766 formasi yang dibuka untuk CASN Kementerian Pertanian.

 

Berdasarkan Rincian Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Pertanian Tahun 2021. Penetapan Rincian Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Kementerian Pertanian sejumlah 766 dengan rincian Tenaga Kesehatan sejumlah 2 orang, Tenaga Guru sejumlah 4 orang, Tenaga Dosen 9 orang dan Tenaga Teknis sejumlah 751 orang sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini.

 

Berikut ini salinan Rincian Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Pertanian Tahun 2021



Link download Rincian Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Pertanian Tahun 2021 (disini)


Demikian informasi tentang Rincian Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Pertanian Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



No comments

Powered by Blogger.