LATIHAN SOAL UJIAN MADRASAH MA TAHUN 2022

Latihan Soal Ujian Madrasah MA Tahun 2022


Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) MA Tahun 2022. Madrasah merupakan sebuah kata dalam bahasa Arab yang artinya sekolah. Asal katanya yaitu darasa (baca: darosa) yang artinya belajar. Di Indonesia, madrasah dikhususkan sebagai sekolah (umum) yang kurikulumnya terdapat pelajaran-pelajaran tentang keislaman. Madrasah Ibtidaiyah (MI) setara dengan Sekolah Dasar (SD), Madrasah Tsanawiyah (MTs) setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Madrasah Aliyah (MA) setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA).

 

Jenjang pendidikan di madrasah, adalah 1) Raudaltul Athfal yang selanjutnya disingkat RA adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan dengan kekhasan agama Islam bagi anak berusia 4 (empat) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun. 2) Madrasah Ibtidaiyah yang selanjutnya disingkat MI adalah satuan pendidikan formal yang Setara SD dengan kekhasan agama Islam yang terdiri dari 6 (enam) tingkat pada jenjang pendidikan dasar. 3) Madrasah Tsanawiyah yang selanjutnya disingkat MTs adalah satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan Setara SMP kekhasan agama Islam yang terdiri dari 3 (tiga) tingkat pada jenjang pendidikan dasar sebagai lanjutan dari Sekolah Dasar, MI, atau bentuk lain yang sederajat, diakui sama atau setara Sekolah Dasar atau MI. 4)  Madrasah Aliyah  dan Madrasah Aliyah Kejuruan. Madrasah Aliyah yang selanjutnya disingkat MA adalah satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan Setara SMA kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari Sekolah Menengah Pertama, MTs, atau bentuk lain yang sederajat, diakui sama atau setara Sekolah Menengah Pertama atau SMP. Madrasah Aliyah Kejuruan yang selanjutnya disingkat MAK adalah satuan pendidikan formal yang Setara SMK menyelenggarakan pendidikan kejuruan dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari Sekolah Menengah Pertama, MTs, atau bentuk lain yang sederajat, diakui sama atau setara Sekolah Menengah Pertama atau MTs.

 

Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) MA Tahun 2022. Madrasah aliyah (disingkat MA) adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia yang setara dengan sekolah menengah atas. Pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Agama. Jenjang kelas dalam waktuh tempuh madrasah aliyah sama seperti sekolah menengah atas.

 

Pada tahun kedua (kelas 11), siswa MA memilih salah satu dari 4 jurusan, yaituː Ilmu Alam, Ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Keagamaan Islam, dan Bahasa. Pada akhir tahun ketiga (kelas 12), siswa diwajibkan mengikuti Ujian Nasional. Sebagaimana SMA, MA terbagi dua yaitu, MA umum yang sering dinamakan MA dan MA kejuruan.

 

Pada dasarnya kurikulum MA sama dengan kurikulum sekolah menengah atas, hanya saja pada MA terdapat porsi lebih banyak mengenai pendidikan agama Islam. Berikut mata pelajaran yang diajarkan di MA selain mata pelajaran umum: Alquran dan Hadits, Aqidah dan Akhlaq, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab.

 

Kementerian Agama (Kemenag) memastikan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) tahun 2021 ditiadakan, dan berlaku untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Terdapat tiga hal yang menjadi pertimbangan kelulusan salah satunya yakni Ujian Madrasah (UM). Hal tersebut diambil berdasarkan SE Dirjen Pendis No. B 298/DJ.I/PP.00/02/2021 tentang Penyelenggaraan Kelulusan dan Kenaikan kelas Madrasah Pada Masa Covid-19 disampaikan bahwa seiring dengan ditiadakannya UN untuk siswa pada seluruh satuan Pendidikan di Indonesia.

 

Ujian Madrasah (UM) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan. Ujian Madrasah (UM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. UM diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

 

Adapun Ujian Madrasah bentuk dan teknis pelaksanaannya diatur melalui SK Dirjen Pendidikan tentang POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2022. Ujian Madrasah dapat diselenggarakan dalam berbagai pilihan  bentuk, antara lain, Tes Tulis, Ujian Praktek, Penugasan, dan Portofolio dari nilai rapor semester sebelumnya, capaian nilai harian, penugasan yang dicapai selama belajar di semester akhir.


Soal dan Pembahasan Soal Ujian Madrasah MA Tahun 2022 pdf
 

Untuk Anda yang membutuhkan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) MA Tahun 2022, berikut ini link download kumpulan arsip soal dan latihan soal ujian Madrasah tahun 2022 yang dapat digunakan untuk memperkaya wawasan dan persiapan meghadapi Ujian Madrasah tahun 2022/2023


Pembahasan dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022 Al Quran Hadist MA  https://bit.ly/34s9lvE

Pembahasan dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022 Fikih MA https://bit.ly/3gueJ3Y

Pembahasan dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022 SKI MA https://bit.ly/3GEI2vu

Pembahasan dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022 Akidah Akhlak MA https://bit.ly/3sG4Y8H

Pembahasan dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022 Bahasa Arab MA https://bit.ly/3ounaAJ

Pembahasan dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022 Matematika MA https://bit.ly/3Hw3t2V

Pembahasan dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022 Bahasa Indnesia MA https://bit.ly/3HASwgE

Pembahasan dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022 Bahasa Inggris MA https://bit.ly/34HMaNM

Pembahasan dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022 PPKn MA https://bit.ly/3uHWRuy

Pembahasan dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022 Biologi MA https://bit.ly/3uHX54S

Pembahasan dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022 Fisika MA https://bit.ly/3uwc7Lf

Pembahasan dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022 Kimia MA https://bit.ly/3LlnMSO

Pembahasan dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022 Ekonomi MA https://bit.ly/3rA2tFl

Pembahasan dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022 Geografi MA https://bit.ly/3J9QV1y

Pembahasan dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022 Sosiologi MA https://bit.ly/3gyEuA4

 

Setelah Anda mendapatkan Kumpulan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) MA Tahun 2022, perlu diketahui apa itu tujuan dan fungsi ujian Madrasah. Sebagaimana diketahui dalam rangka standarisasi penyelenggaraan Ujian Madrasah (UM), maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyusun dan menetapkan Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan (POS) Ujian Madrasah sebagai panduan bagi pengelola madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam penyelenggaraan Ujian Madrasah. Berdasarkan POS Ujian Madrasah tahun 2022 tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan dan Fungsi Ujian Madrasah adalah untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan pada akhir jenjang pendidikan. Adapun fungsi Ujian Madrasah adalah sebagai Indikator pencapaian kompetensi peserta didik, Umpan balik bagi madrasah untuk kepentingan perbaikan proses pembelajaran dan perbaikan mutu pendidikan di waktu berikutnya, dan pemenuhan salah satu syarat penentuan kelulusan.

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) MA Tahun 2022. Jangan lupa jika kamu ingin sukses, kamu harus belajar dengan sungguh-sungguh. Semoga kamu menjadi orang yang sukses.




= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter