PANDUAN TEKNIS - JUKNIS FLS2N SD SMP TAHUN 2022

Panduan Teknis - Juknis FLS2N SD SMP Secara Daring Tahun 2022


Panduan Teknis - Juknis FLS2N SD SMP Secara Daring Tahun 2022. Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 (UUD 1945) mengamanatkan Bangsa dan Negara Indonesia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini menjadikan segala upaya terkait mencerdaskan kehidupan bangsa, yang antara lainnya adalah melalui Pendidikan, merupakan bagian dari pengejawantahan amanat UUD 1945.

 

Tujuan Pendidikan Nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, Pasal 3, adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

 

Pendidikan dasar merupakan bagian dari sistem pendidikan yang menyeluruh dalam rangka pengembangan prestasi dan karakter peserta didik agar tumbuh dan berkembang secara seimbang baik jasmani dan rohani. Pengembangan prestasi dan karakter peserta didik yang dimaksudkan meliputi penguasaan ilmu pengetahuan, pembentukan kepribadian, moral, religius, serta memiliki keterampilan hidup menuju generasi muda yang potensial.

 

Pendidikan dasar juga menjadi peletak dasar karakter, rasa empati, simpati, sosial, partisipatif dan kreatif, serta kepedulian peserta didik. Kedua aspek tersebut harus dikembangkan secara terus-menerus dan berkesinambungan sehingga berdampak signifikan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Dalam hal penguatan kompetensi bidang seni dibutuhkan sebuah ajang pengembangan seni bagi peserta didik. Ajang festival dan lomba ini diharapkan akan menguatkan dan menumbuhkan kreativitas serta ekspresi yang baik bagi peserta didik. Dengan olah seni kehalusan rasa dan harmonisasi antara wacana dan fakta diasah menjadi suatu kreativitas yang memperkuat kecakapan peserta didik dalam kepekaan, kepedulian dan toleransi.

 

Sebagai upaya memberikan ruang bagi unjuk bakat, minat, kreativitas, serta inovasi, maka Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan FLS2N yang didukung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, penggiat seni dan budaya, serta praktisi maupun profesional di bidang seni, serta kalangan masyarakat profesi.

 

Panduan Teknis - Juknis FLS2N SD SMP Secara Daring Tahun 2022 ini merupakan penyesuaian mekanisme lomba FLS2N tahun 2022 dengan mengikuti protokol kesehatan dan diharapkan menjadi acuan dalam mengikuti seleksi lomba dari babak penyisihan hingga tingkat nasional. Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyusun panduan ini, terutama kepada Tim Juri dan seluruh unsur pendukung FLS2N sehingga dapat menyelesaikan panduan ini. Kami sangat berharap dukungan aktif dari seluruh pihak untuk menyukseskan FLS2N Jenjang Pendidikan Dasar.

 

Dengan terselenggaranya FLS2N, diharapkan akan memperluas cakrawala pengetahuan seni, meningkatkan kemampuan bersosialisasi, kolaborasi dan toleransi. FLS2N juga diharapkan menjadi salah satu wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik jenjang pendidikan dasar dengan mengedepankan sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal.

 

Kegiatan ini diharapkan akan berdampak pada peserta didik dalam menyiapkan diri menghadapi tantangan perkembangan informasi tanpa batas, kemajuan teknologi, dan kepekaan terhadap persoalan sosial, budaya, dan lingkungan.

 

Kegiatan FLS2N ini diharapkan juga untuk tetap memelihara semangat dan komitmen para praktisi pendidikan, seniman, dan praktisi seni di daerah, sehingga memungkinkan mereka selalu berupaya mengembangkan proses pendidikan khususnya bidang seni. Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional akan menjadi salah satu pola pembinaan pendidikan di bidang seni di Indonesia. Di samping itu, kegiatan ini akan menjadi ajang pengembangan prestasi dan karakter peserta didik agar mempunyai daya cipta, kelembutan hati, serta kecintaan seni dan budaya bangsa.

 

Berdasarkan Panduan Teknis (Juknis) FLS2N (Festival Dan Lomba Seni Siswa Nasional) Jenjang Pendidikan Dasar (SD SMP) Secara Daring Tahun 2022, Tema Festival dan lomba seni siswa nasional bidang pendidikan dasar tahun 2022 adalah: “Memuliakan Kearifan Lokal Menembus Dunia”. Adapun Sasaran Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Pendidikan Dasar adalah peserta didik jenjang SD, SMP, atau sederajat di seluruh Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

 

Dalam Panduan Teknis - Juknis FLS2N SD SMP Secara Daring Tahun 2022, dinyatakan bahwa Cabang lomba dan jumlah peserta per cabang lomba pada FLS2N Pendidikan Dasar 2022 yaitu:

A. Jenjang SD

1. Menyanyi Tunggal jumlah peserta 1

2. Seni Tari jumlah peserta 3

3. Pantomim jumlah peserta 2

4. Gambar Bercerita Jumlah peserta 1

5. Kriya Anyam jumlah peserta 1

 

B. Jenjang SMP

1. Festival Kreativitas Tari jumlah peserta 5

2. Festival Kreativitas Musik Tradisional jumlah peserta 5

3. Lomba Gitar Duet jumlah peserta 2

4. Lomba Vokal Solo jumlah peserta 1

5. Lomba Desain Poster jumlah peserta 1

 

Dinyatakan dalam Panduan Teknis - Juknis FLS2N SD SMP Secara Daring Tahun 2022, bahwa Kriteria Peserta atau Persyaratan peserta FLSN SD SMP Tahun 2022 adalah: a) Setiap peserta didik hanya dapat mengikuti salah satu cabang lomba dan diketahui oleh Kepala Sekolah; b) Peserta belum pernah meraih medali emas atau penyaji terbaik FLS2N Tingkat Nasional pada jenjang dan bidang lomba yang sama; c) Melampirkan surat/pernyataan integritas dalam mengikuti seleksi FLS2N; d) Bagi peserta bidang lomba yang berbentuk grup; semua anggota grup berasal dari sekolah yang sama; e) Peserta FLS2N SD SMP adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang pada tahun pelajaran 2022 / 2023 masih terdaftar sebagai peserta didik SD/SMP atau sederajat dengan memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional); f) Memiliki minat, bakat, dan kemampuan yang sesuai dengan bidang seni; g) Peserta FLS2N adalah peserta didik yang terdaftar pada Sekolah Dasar pendaftar, Mendapat persetujuan/surat pernyataan dari orang tua/wali, dan bila peserta memiliki kebutuhan khusus (sekolah inklusi) berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan persetujuan & rekomendasi dari pihak yang berwenang.

 

Terkait Registrasi/Pendaftaran Peserta, dijelaskan dalam Panduan Teknis (Juknis) FLS2N (Festival Dan Lomba Seni Siswa Nasional) Jenjang Pendidikan Dasar (SD SMP) Secara Daring Tahun 2022, bahwa Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi lomba Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi pada laman: pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

 

Pendaftaran dilakukan oleh sekolah yang telah lolos seleksi Tingkat Kabupaten/Kota dengan melengkapi data peserta FLS2N Pendidikan Dasar secara akurat dan benar. Sekolah memastikan data NISN peserta telah ter-update. Peserta bidang lomba dalam bentuk grup; semua peserta grup HARUS berasal dari satu sekolah yang sama. Sekolah mengunggah pakta integritas/surat pernyataan siswa dan surat keterangan sekolah pada aplikasi pendaftaran, format surat dapat diunduh pada laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

 

Kapan Jadwal pelaksanaan FLS2N Pendidikan Dasar 2022? Berdasarkan Panduan Teknis - Juknis FLS2N SD SMP Secara Daring Tahun 2022 berikut ini Jadwal FLS2N Jenjang Dikdas melalui daring pada Tahun 2022 ini dilaksanakan dengan jadwal seagai berikut.

Jadwal dan Juknis FLS2N SD SMP Tahun 2022


Selengkapnya silahkan download baca Panduan Teknis (Juknis) FLS2N (Festival Dan Lomba Seni Siswa Nasional) Jenjang Pendidikan Dasar (SD SMP) Secara Daring Tahun 2022 melalui salinan dokumen yang tersedia di bawah ini.

 

Link download Panduan Teknis - Juknis FLS2N SD SMP Secara Daring Tahun 2022

 

Demikian informasi tentang Panduan Teknis - Juknis FLS2N SD SMP Secara Daring Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.