SILABUS OSN SD TAHUN 2022

Download Silabus OSN SD Tahun 2022


Download Silabus OSN SD Tahun 2022. Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah Dasar (OSN-SD) merupakan salah satu wadah strategis untuk menyiapkan sumber daya manusia dengan kemampuan yang handal dibidang sains dan memiliki karakter kuat, kokoh, dan tahan uji. Efektifitas program tersebut ditentukan melalui proses persiapan pra kompetisi melalui tahap penyisihan dan tingkat nasional.

 

Silabus OSN SD Tahun 2022 bertujuan untuk memberikan informasi cakupan dan urutan materi sesuai dengan kurikulum sekolah dasar. Silabus ini dapat dijadikan pedoman pihak terkait dalam rangka persiapan untuk mengikuti ajang tersebut.

 

Dinyatakan dalam Silabus OSN SD Tahun 2022 bahwa Penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika dan IPA merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa. Tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Untuk menguasai dan menciptakan teknologi dimasa depan diperlukan penguasaan Matematika dan IPA yang kuat sejak dini. Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendidikan ke depan.

 

Pusat Prestasi Nasional melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan melalui penyelenggaraan kompetisi Matematika dan IPA yang dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN). OSN-SD telah dirintis sejak tahun 2003. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu melalui kegiatan OSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh kompetisi. Selain itu melalui kegiatan kompetisi ini sekaligus juga dipersiapkan peserta didik untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan. Efektifitas program Olimpiade Sains Nasional ditentukan antara lain melalui proses persiapan pra Kompetisi baik di penyisihan maupun nasional.

 

Pada tahun 2022 Pusat Prestasi Nasional memprogramkan pembuatan Silabus OSN tahun 2022, Silabus OSN-SD tahun 2022 berisi tentang Silabus soal OSN bidang IPA dan matematika tingkat SD atau yang sederajat mencakup kompetensi inti dan kompetensi dasar kelas III, IV, V dan VI serta pengembangan materi sesuai dengan olimipiade sains tingkat Internasional, dengan diberikannya informasi tentang cakupan silabus materi yang ada dalam silabus ini sehingga dapat dijadikan pedoman oleh pihak terkait dalam rangka persiapan untuk mengikuti ajang Olimpiade sains nasioanal sekolah dasat tahun 2022.

 

Link download Silabus OSN SD Tahun 2022 (DISINI)

Petunjuk Teknis (Juknis) OSN SD Tahun 2022 (DISINI)

Download Surat Keterangan Sekolah (DISINI)

Download Surat Pernyataan Peserta (DISINI)

Download Surat Pernyataan Pendamping (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Link Download Silabus OSN SD Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =



No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.