Juknis, Jadwal dan Pedoman OPSI SMP MTs SMA MA Tahun 2023


www.ainamulyana.com - Kemendikbudrsitek telah menerbitkan Juknis / Pedoman OPSI SMP SMA Tahun 2023. Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud berupaya untuk menyiapkan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing, salah satunya melalui penyelenggaraan ajang talenta dalam bidang sains, yaitu salah satunya melalui Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) untuk peserta didik jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

 

OPSI SMP SMA tahu 2023 digelar sebagai agenda penting Balai Pengembangan Talenta Indonesia untuk membangun pelajar pancasila yang berkarakter kreatif dan inovatif. OPSI mengembangkan kemampuan berpikir siswa yang kritis untuk terus menggali berbagai gejala, peristiwa, dan potensi yang ada di lingkungan sekitar siswa. Melalui kegiatan ini, kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar, termasuk menggali potensi sumber daya lokal yang memiliki dampak global akan terus ditumbuhkan.

 

Berdasarkan Juknis, Jadwal dan Pedoman OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) SMP/MTs SMA/MA Tahun 2023, Peserta ajang OPSI 2023 adalah siswa SMP/MTs/sederajat kelas VII dan/atau VIII dan SMA/MA/sederajat, kelas X dan/atau XI, di seluruh wilayah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN). Adapun tujuan diadakan OPSI SMP SMA adalah 1) Memotivasi siswa untuk berkreasi dan berinovasi dalam berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya; 2) Membangun integritas dan sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir kritis, logis, analitis, dan kreatif serta kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemandirian, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah; 3) Menanam dan memupuk budaya meneliti agar tercipta literasi IPTEKS di kalangan siswa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang berasaskan pendidikan karakter; 4) Menjaring siswa yang memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang penelitian serta memperoleh hasil penelitian yang kolaboratif, orisinal, berkualitas, dan kompetitif dalam rangka menyiapkan bibit unggul talenta nasional di bidang penelitian; 5) Memfasilitasi siswa peneliti dari berbagai daerah untuk menggelar karya penelitian; 6) Memilih siswa untuk diikutsertakan dalam berbagai kompetisi penelitian, forum ilmiah, serta publikasi nasional dan internasional; 7) Menyosialisasikan kegiatan dan hasil penelitian siswa kepada masyarakat dan dunia usaha/industri.

 

Selanjutnya dinyatakan dalam Juknis / Pedoman OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) jenjang SMP SMA Tahun 2023 bahwa Tahapan Seleksi lomba atau Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia, adalah sebagai berikut

1. Pendaftaran

a. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi lomba BPTI, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada laman daftar-bpti.kemdikbud.go.id

b. Registrasi dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta OPSI secara akurat dan benar.

c. Saat registrasi, sekolah mengunggah surat yang telah dipersyaratkan (terlampir).

2. Pengiriman proposal penelitian SMP/MTs/Sederajat dan SMA/MA/Sederajat

a. Peserta wajib mengirimkan proposal penelitian secara daring ke laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id, Batas akhir unggah proposal penelitian adalah tanggal 30 April 2023, pukul 23.59 WIB. Proposal penelitian dikirim dalam format PDF maksimum 5 MB. Peneliti tidak diperkenankan mengirimkan bukti fisik (hard copy) proposal penelitian.

b. Proposal penelitian terdiri atas (format terlampir):

JUDUL

BAB 1. Pendahuluan, yang meliputi

1.1 Latar Belakang

1.2 Rumusan Masalah

1.3 Tujuan

1.4 Hipotesis (jika ada)

1.5 Manfaat

BAB 2. Tinjauan Pustaka

BAB 3. Metode Penelitian, yang meliputi

3.1 Waktu dan Tempat Penelitian

3.2 Sumber Data, Alat, dan Bahan

3.3 Metode Pemerolehan Data

3.4 Metode Pengolahan dan Analisis Data

BAB 4. Daftar Pustaka

c. Format penulisan proposal penelitian dapat dilihat pada Lampiran 5.

d. Proposal penelitian maksimal 8 (delapan) halaman (tidak termasuk over dan lampiran).

e. Tindak Plagiarisme

Peserta memastikan bahwa proposal penelitian tidak memuat bagian apa pun yang merupakan hasil tindak plagiarisme (penjelasan lihat Lampiran 7).

 

3. Review Proposal Penelitian

a. Tim Reviewer akan menelaah dan memberikan komentar dan saran agar peneliti memperbaiki proposal penelitiannya (tanpa harus mengirimkan kembali kepada panitia), serta memberikan keputusan bagi proposal dengan jenis penelitian yang memerlukan klarifikasi etika penelitian.

b. Tim Reviewer memberikan rekomendasi kelengkapan Klirens Etik terhadap proposal yang melibatkan subyek manusia, hewan uji, dan/atau mikroorganisme serta bahan kimia berbahaya (pelajari Lampiran 8).

c. Review proposal penelitian meliputi latar belakang, kejelasan rumusan masalah dan pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, dan metode penelitian.

 

4. Seleksi Naskah Penelitian

a. Ketentuan Pengiriman Laporan Penelitian Peserta wajib mengirimkan laporan penelitian secara daring ke pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id, mulai tanggal 15 sampai 31 September 2023, pukul 16.00 WIB. Peserta memberikan pernyataan bahwa penelitian yang dilakukan orisinal/bukan hasil plagiarisme dan belum pernah dikompetisikan atau pernah dikompetisikan tetapi belum mendapat juara/penghargaan di tingkat Nasional/Internasional (Lampiran 4).

b. Sistematika Laporan Penelitian

JUDUL

Lembar pernyataan orisinalitas/bukan hasil tindak plagiarisme dan belum pernah dikompetisikan atau pernah dikompetisikan tetapi belum mendapat juara/penghargaan di tingkat Nasional/Internasional (Lampiran 4).

Abstrak

Daftar Isi

BAB 1 Pendahuluan meliputi latar belakang termasuk rumusan masalah, tujuan penelitian, hipotesis (jika ada), dan manfaat

BAB 2 Tinjauan Pustaka

BAB 3 Metode Penelitian

BAB 4 Hasil dan Pembahasan

BAB 5 Kesimpulan dan Saran

Ucapan Terima Kasih

Daftar Pustaka

Lampiran (formulir klarifikasi etika penelitian, logbook, dan lain-lain)

c. Format penulisan laporan hasil penelitian dapat dilihat pada Lampiran 6. Laporan penelitian disajikan dalam bentuk makalah dengan jumlah halaman maksimal 20 (dua puluh) halaman.

d. Peserta yang melibatkan subyek manusia, hewan uji, dan/atau mikroorganisme serta bahan kimia berbahaya, melampirkan formulir klarifikasi etika penelitian.

e. Peserta memberikan pernyataan dan/atau penjelasan atas masukan reviewer pada proposal penelitian saat mengunggah naskah laporan penelitian (secara daring).

f. Peserta yang sudah mengunggah naskah laporan penelitian akan mendapat notifikasi di akunnya masing-masing.

g. Peserta memastikan bahwa laporan hasil penelitian tidak memuat bagian apa pun yang merupakan hasil tindak plagiarism (pelajari kembali Lampiran 7).

 

5. Pelaksanaan Final OPSI

Peserta Final OPSI tingkat nasional adalah perserta yang telah dinyatakan lolos seleksi naskah laporan penelitian. Peserta akan di panggil pada satu tempat secara luring untuk melaksanakan kegiatan final. Terdapat 2 (dua) kegiatan dalam Final OPSI 2023, yaitu (1) Pameran, (2) Presentasi dan Wawancara.

a. Pameran

1)      Finalis menyiapkan poster yang berisikan paparan ringkasan hasil penelitian dapat menggunakan infografis dan/atau produk hasil penelitian serta bentuk desiminasi lainnya.

2)      Ketentuan poster dapat dilihat pada Lampiran 9.

3)      Semua gambar dalam poster harus dicantumkan sumbernya serta tidak melanggar unsur suku, agama, dan ras (SARA) dan politik.

4)      Logo OPSI wajib ditampilkan pada poster. Logo sekolah dapat ditampilkan pada poster.

5)      Poster harus memuat informasi: kode peserta, judul penelitian, nama peneliti, nama dan alamat sekolah.

6)      Apabila penelitian peserta menghasilkan produk/berbentuk fisik, maka peserta diwajibkan membawanya tempat pameran.

b. Presentasi dan Wawancara

1)       Finalis akan diundang oleh Panitia untuk mempresentasikan hasil penelitiannya sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

2)       Finalis mempersiapkan bahan tayangan (PPT) yang wajib diunggah pada saat registrasi awal. Bahan tayangan elektronik yang sudah diserahkan kepada Panitia tidak diperkenankan untuk direvisi lagi.

3)       Finalis memaparkan hasil penelitiannya dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dalam waktu yang ditentukan oleh panitia (5 s.d 10 menit) dan dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab (10 s.d 15 menit).

4)       Penilaian presentasi dan wawancara meliputi aspek sebagai berikut:

a. Presentasi

Penyajian Materi (Sistematika, Lingkup, Visualisasi)

b. wawancara

·          Penguasaan Materi

·          Relevansi jawaban

c. Sikap dan Karakter

 

Kapan Jadwal Pelaksanaan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia Tahun 2023 ? Dinyatakan dalam Juknis / Pedoman OPSI SMA SMP Tahun 2023, bahwa Jadwal OPSI SMA SMP dari pendaftaran hingga pelaksanaan dan pengumuman finalis adalah sebagai berikut

1 Sosialisasi tanggal 13 Maret 2023

2. Pendaftaran dan pengunggahan proposal penelitian tanggal 20 Maret s.d. 30 April 2023, pukul 23.59 WIB

3 Seleksi Administrasi Peserta 1 s.d. 5 Mei 2023

4 Review Proposal Penelitian 8 – 12 Mei 2023

5. Penyampaian hasil review proposal penelitian tanggal 18 Mei 2023

6. Pelaksanaan penelitian tanggal 18 Mei s.d. 30 September 2023

7. Pengunggahan laporan hasil penelitian 15 s.d.30 September 2023, Pukul 16.00 WIB

8. Penilaian Naskah Penelitian tanggal 9 – 14 Oktober 2023

9. Pengumuman finalis OPSI 20 Oktober 2023

10. Final OPSI: pameran dan presentasi hasil penelitian tanggal 1 s.d. 6 November 2023

 

Selengkapnya silahkan download Panduan / Pedoman OPSI SMA SMP Tahun 2023 melalui link yang tersedia. LINK DOWNLOAD DISINI

 

Demikian informasi tentang Juknis / Pedoman OPSI SMP SMA Tahun 2023. Semoga ada manfaatnya. 


= Baca Juga =