Latihan dan Pembahsan Soal Tes SMM PTN Barat Tahun 2023/2024 PDF

Latihan Soal Tes SMM PTN Barat Tahun Akademik 2023-2024-2025 dan Pembahasan (Kunci Jawaban)


Latihan Soal dan Pembahasan Soal Tes SMM PTN Barat Tahun Akademik 2023/2024 dan Pembahasan PDF. Kegiatan seleksi penerimaan mahasiswa baru merupakan hal yang penting, untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang berkualitas dan memiliki kompetensi dasar yang baik sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan rutin bagi seluruh institusi pendidikan. Untuk menghasilkan generasi muda berkualitas yang akan melanjutkan estafeta pembangunan Indonesia, diperlukan penyelenggaraan seleksi yang profesional, terjamin, terukur dan efisien.

 

Penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diatur Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 Tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma Dan Program Sarjana Pada Perguruan Tinggi Negeri. Dalam Pasal 4 peraturan ini disebutkan bahwa Penerimaan Mahasiswa Baru program Diploma dan Sarjana sebuah PTN dilakukan melalui jalur: 1) Seleksi nasional berdasarkan prestasi; 2) Seleksi nasional berdasarkan tes; dan 3) Seleksi secara mandiri oleh PTN.

 

Sebelum admin membagikan Latihan Soal Tes SMM PTN-Barat Tahun Akademik 2023/2024. Berikut ini penjelasan terkait diselenggarakannya SMM PTN-Barat. Mengcu pada Pasal 8 ayat 2 yang menyebutkan bahwa salah satu mekanisme seleksi mandiri dapat berupa metode penilaian calon mahasiswa melalui kerja sama tes melalui konsorsium perguruan tinggi. Oleh karena itu, para Rektor PTN yang tergabung dalam Badan Kerja Sama PTN Indonesia Wilayah Barat (BKS-PTN Barat) bersepakat untuk menyelenggarakan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri jalur mandiri secara bersama yang dinamakan SMM PTN-Barat (SMM PTN-Barat).

 

Seleksi calon mahasiswa jalur mandiri yang dilakukan oleh beberapa PTN Indonesia Wilayah Barat telah berjalan baik sejak tahun 2017. Penyelenggaraan yang dilakukan secara bersama dipandang lebih efisien, dan lebih memfasilitasi aspek pemerataan akses pendidikan bagi seluruh anak bangsa dengan memberikan opsi untuk memilih program studi pada perguruan tinggi lain yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat.

 

Melalui seleksi mandiri bersama PTN Wilayah Barat ini, para peserta memiliki opsi untuk memilih maksimum 2 (dua) program studi, termasuk pada perguruan tinggi lain yang menjadi peserta SMM PTN-Barat 2023.

 

Ada ingin mendownload Latihan Soal Tes SMM PTN Barat Tahun Akademik 2023/2024, harus tahu dulu bahwa tujuan penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2023 adalah sebagai berikut: 1) Melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk memperoleh nilai sebagai bahan pertimbangan dalam program seleksi mahasiswa baru jalur mandiri pada PTN peserta sesuai dengan ketentuan, dan ketetapan perundangan yang berlaku; 2) Memfasilitasi para calon mahasiswa peserta seleksi mahasiswa baru jalur mandiri, memiliki opsi untuk memilih dan masuk menjadi mahasiswa pada program studi 25 (dua puluh lima) perguruan tinggi yang tergabung dalam program SMM PTN-Barat Tahun 2023; 3) Memberikan solusi kepada siswa yang belum memiliki akun SNPMB untuk dapat mengikuti seleksi masuk PTN di Wilayah Barat Indonesia.

 

SMM PTN-BARAT 2023/2024 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

 

Peserta yang akan mengikuti UTBK SMM PTN-Barat 2023 terlebih dahulu harus mendaftarkan diri secara online melalui laman pendaftaran resmi (https://pendaftaran.smmptnbarat.id/). Proses pendaftaran online merupakan rangkaian yang harus dipenuhi oleh peserta sampai pada tahap finalisasi yaitu cetak kartu ujian dan peserta Wajib mengikuti UTBK SMM PTN-Barat 2023 sesuai dengan jadwal yang tersebut pada kartu ujian.

 

Apa Persyaratan Pendaftaran Peserta SMM PTN-Barat 2023/2024? Untuk dapat menjadi peserta SMM PTN-Barat 2023, calon peserta harus memenuhi Persyaratan Pendaftaran UTBK SMM PTN-Barat 2023, sebagai berikut: a) Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah; b) Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2023, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah; c) Peserta seleksi dalam kondisi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya; d( Memiliki ijazah yang dikeluarkan dalam 3 tahun terakhir (2021, 2022, dan 2023) kecuali untuk beberapa PTN berikut: (1) UMRAH, UNJA, dan UTU dapat menggunakan ijazah 5 tahun terakhir ( 2019, 2020, 2021, 2022 dan 2023); (2) ISBI Aceh menerima ijazah 10 tahun terakhir yaitu mulai ijazah dari tahun 2014 sampai dengan 2023 dan Paket C maksimal umur 35 tahun; dan (3) UPR menerima peserta dengan ijazah 3 tahun terakhir (2021, 2022, dan 2023) untuk Fakultas Kedokteran; Untuk fakultas lainnya menerima peserta dengan ijazah 5 tahun terakhir (2019, 2020, 2021, 2022 dan 2023) atau Paket C maksimal berusia 25 tahun.

 

Tiba saatnya admin akan membagikan Latihan Soal Tes SMM PTN-Barat Tahun Akademik 2023/2024 yang mengacu pada Materi Ujian SMM PTN Barat. Materi/soal Ujian terdiri dari atas dua jenis yaitu : Pertama: Tes Potensial Skolastik; Kedua: Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.

 

Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) SMM PTN-Barat Tahun Akademik 2023/2024 adalah Tes mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam soal TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Bacaan dan Menulis. Kemampuan Kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar.

 

Soal Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia, dan Literasi dalam Bahasa Inggris SMM PTN-Barat Tahun Akademik 2023/2024 merupakan soal yang mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan sebagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masayarakat.

 

Sedangkan Soal Tes Penalaran Matematika SMM PTN-Barat Tahun Akademik 2023/2024 adalah soal yang mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga negara dunia.

 

Berikut ini link download Latihan Soal Tes SMM PTN Barat Tahun Akademik 2023/2024


Link download Latihan Soal Tes SMM PTN Barat Tahun Akademik 2023/2024 Materi Uji Tes Potensial Skolastik dan Pembahasan (Kunci Jawaban) PDF (DISINI)

Link download Latihan 2 Soal Tes SMM PTN Barat Tahun Akademik 2023/2024 Materi Uji Tes Potensial Skolastik dan Pembahasan (Kunci Jawaban) PDF (DISINI)

Link download Latihan Soal Tes SMM PTN Barat Tahun Akademik 2023/2024 Materi Uji Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Pembahasan (Kunci Jawaban) PDF(DISINI)

Link 2 download Latihan Soal Tes SMM PTN Barat Tahun Akademik 2023/2024 Materi Uji Literasi dalam Bahasa  Indonesia dan Pembahasan (Kunci Jawaban) PDF(DISINI)

Link download Latihan Soal Tes SMM PTN Barat Tahun Akademik 2023/2024 Materi Uji Literasi dalam Bahasa Inggris dan Pembahasan (Kunci Jawaban) PDF(DISINI)

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Tes SMM PTN Barat Tahun Akademik 2023/2024 dan Pembahasan (Kunci Jawaban) PDF. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.