Download Modul Ajar Kelas 1,2,3,4,5,6 SD Semua Mata Pelajaran

Download Modul Ajar Kelas 1,2,3,4,5,6 SD Semua Mata Pelajaran  Kurikulum Merdeka


Download Modul Ajar Kelas 1,2,3,4,5,6 SD Semua Mata Pelajaran  Kurikulum Merdeka. Modul Ajar adalah salah satu jenis perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka yang dirancang secara lengkap dan sistematis sebagai panduan dan pedoman guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Perangkat ajar ini merupakan bentuk penerapan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran (CP) dan dilengkapi dengan langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen, hingga sarana yang dibutuhkan agar dapat menjalani pembelajaran yang lebih terorganisir.

 

Modul Ajar disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan siswa, mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Selain itu, dalam penyusunan komponen Modul Ajar ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan guru dan mata pelajaran.

 

Download Modul Ajar Kelas 1,2,3,4,5,6 SD Semua Mata Pelajaran  Kurikulum Merdeka

 

Sebelum Anda mendwonload Kumpulan Modul Ajar Kelas 1,2,3,4,5,6 Semua Mata Pelajaran  Kurikulum Merdeka. Terlebih ketahui lah komponen modul ajar. Pada saat menyusun Modul Ajar, guru harus memperhatikan komponen-komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunannya. Setiap komponen dalam Modul Ajar dibutuhkan untuk kelengkapan persiapan pembelajaran.  Secara umum, modul ajar terdiri dari komponen sebagai berikut:

 

1. Informasi Umum

Dalam bagian informasi umum terdapat komponen:

Judul Modul Ajar

Pemilihan satuan dan jenjang pendidikan

Pemilihan Fase dan kelas

Pemilihan mata pelajaran

Deskripsi umum modul ajar

Identitas penulis modul

2. Capaian dan Tujuan Pembelajaran

Adapun komponen yang terdapat pada bagian capaian dan tujuan pembelajaran adalah:

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran dari keseluruhan Modul Ajar

Alur Tujuan Pembelajaran

Dimensi Profil Pelajar Pancasila

3. Detail Rancangan Penggunaan

Bagian detail rancangan penggunaan dalam Modul Ajar terdiri dari komponen:

Total alokasi Jam Pembelajaran (JP) dan jumlah pertemuan

Penentuan model belajar (daring, luring, campuran)

Sarana Prasarana

Prasyarat Kompetensi

4. Detail Pertemuan

Pada bagian detail pertemuan, ada tiga komponen penting yang harus dimuat di dalamnya, yaitu:

 

Alokasi Jam Pembelajaran (JP) per pertemuan

Rincian Kegiatan Pembelajaran, yang disarankan terdiri dari:

Tujuan Pembelajaran

Indikator Keberhasilan

Pertanyaan Pemantik

Daftar perlengkapan ajar

Daftar lampiran materi pendukung

Langkah pembelajaran

Rencana asesmen

Rencana diferensiasi

Lampiran  atau Materi Pendukung dapat terdiri dari:

Referensi materi / media pembelajaran

Lembar kerja / Latihan / Asesmen

Instrumen Refleksi.

Kriteria Modul Ajar

 

Selain komponen, guru juga perlu memperhatikan kriteria yang harus dimiliki oleh sebuah Modul Ajar, yaitu:

1. Esensial

Modul ajar bersifat esensial artinya pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran bisa  diambil dari pengalaman belajar dan lintas disiplin.

 

2. Menarik, Bermakna, dan Menantang

Artinya, Modul Ajar dapat menumbuhkan minat belajar siswa serta melibatkan mereka secara aktif dalam proses belajar.  Selain itu, Modul Ajar juga harus berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya sehingga tidak terlalu kompleks, tetapi juga tidak terlalu mudah untuk tahapan usia siswa sehingga siswa dapat mencapai Capaian Pembelajaran dengan baik.

 

3. Relevan dan Kontekstual

Kriteria Modul Ajar berikutnya adalah relevan dan kontekstual. Ini artinya, Modul Ajar dapat terhubung dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh siswa sebelumnya, serta sesuai dengan konteks di waktu dan tempat siswa berada.

 

4. Berkesinambungan

Berkesinambungan berarti adanya hubungan atau keterkaitan alur kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan fase belajar siswa.

 

5. Penyajian

Dalam penulisan modul ajar, guru sebaiknya menggunakan bahasa dan visual yang sederhana, mudah dipahami, dan disajikan secara menarik.

 

6. Kelengkapan

Kelengkapan berarti Modul Ajar memuat seluruh komponen yang dibutuhkan, mulai dari informasi umum, capaian dan tujuan pembelajaran, detail rancangan penggunaan, hingga detail pertemuan.

 

 

Prinsip Dasar Penyusunan Modul Ajar

·          Sebelum membahas cara menyusun Modul Ajar, ada beberapa prinsip dasar penyusunan Modul Ajar yang perlu Bapak/Ibu guru perhatikan. Berikut prinsip-prinsip dasarnya yang dilansir dari laman PPG SIMPKB.

·          Karakteristik, kompetensi dan minat peserta didik di setiap fase.

·          Perbedaan tingkat pemahaman, dan variasi jarak (gap) antar tingkat kompetensi yang bisa terjadi di setiap fase.

·          Melihat dari sudut pandang pelajar, bahwa setiap peserta didik itu unik.

·          Bahwa belajar harus berimbang antara intelektual, sosial, dan personal dan semua hal tersebut adalah penting dan saling berhubungan.

·          Tingkat kematangan setiap peserta didik tergantung dari tahap perkembangan yang dilalui oleh seorang peserta didik dan merupakan dampak dari pengalaman sebelumnya.

 

Bagaimana Cara Menyusun Modul Ajar ? Setelah memahami setiap komponen, kriteria, dan prinsip penyusunan Modul Ajar, sekarang Bapak/Ibu guru sudah bisa menyusun modul Ajar. Berikut langkah-langkah penyusunannya.

·          Menganalisis kondisi dan kebutuhan guru dan siswa berdasarkan latar belakang, serta sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah, sekaligus kemampuan dan kreativitas yang dimiliki oleh guru.

·          Mengidentifikasi dan menentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Pada langkah ini, guru dapat memilih beberapa dimensi Profil Pelajar Pancasila yang paling memungkinkan untuk dikembangkan dalam pembelajaran. Misalnya, untuk materi Pancasila pada mapel PPKn, dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dipilih adalah berkebinekaan global dan bernalar kritis.

·          Menentukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang akan dikembangkan menjadi Modul Ajar.

·          Menyusun Modul Ajar berdasarkan komponen yang tersedia. Pada langkah ini, guru juga bisa menambahkan komponen lain yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

·          Setelah Modul Ajar selesai disusun, guru dapat langsung menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran.

·          Setelah melakukan kegiatan pembelajaran, guru dapat melakukan evaluasi mengenai efektivitas Modul Ajar dalam kegiatan pembelajaran sekaligus menentukan tindak lanjut untuk pembelajaran selanjutnya.

 

Apa Perbedaan Modul Ajar dan RPP?  Sekilas Modul Ajar Kurikulum Merdeka ini terlihat sama dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Dari segi komponen, Modul Ajar memiliki komponen yang lebih lengkap dibandingkan RPP sehingga disebut RPP Plus. Kemudian dari segi tujuan, Modul Ajar Kurikulum Merdeka tidak hanya memudahkan guru dalam kegiatan pembelajaran saja, tapi juga mendukung pencapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila pada setiap tahap perkembangan pada suatu mata pelajaran.Sementara RPP bertujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

 

Perbedaan Modul Ajar dan RPP berikutnya adalah acuan yang digunakan. Seperti pada penjelasan di atas, Modul Ajar mengacu pada Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran, sedangkan RPP dikembangkan dari silabus. Meskipun terdapat perbedaan antara Modul Ajar dan RPP, tapi keduanya sama-sama berperan sebagai perangkat ajar yang penting dalam kegiatan pembelajaran.

 

Sering juga disebut bahwa modul ajar adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Modul ajar serupa dengan RPP atau lesson plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas. Namun, pada modul ajar terdapat komponen yang lebih lengkap dibanding RPP sehingga disebut RPP Plus.

 

Modul ajar dapat membantu pendidik dalam a) Memandu pendidik melaksanakan pembelajaran; b) Mempermudah, memperlancar, dan meningkatkan kualitas pembelajaran; c) Menjadi rujukan bagi pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran; d) Menjadi kerangka kerja yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran sesuai capaian pembelajaran; e) Mendukung pencapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila pada setiap tahap perkembangan pada suatu mata pelajaran.

 

Mengingat pentingnya peranan Modul Ajar ini, maka harus disusun secara lengkap dan sistematis. Lengkap artinya sebuah modul ajar harus memuat semua komponen yang telah ditentukan, sedangkan sistematis berarti modul ajar harus disusun secara urut mulai dari pembukaan, isi materi, dan penutup sehingga memudahkan siswa belajar sekaligus memudahkan guru dalam menyampaikan materi.

 

Modul Ajar yang tidak lengkap dan tidak sistematis akan menyebabkan guru kesulitan dalam meningkatkan efektivitas mengajar. Dampak ini juga dapat diterima siswa karena materi yang disampaikan guru tidak sistematis sehingga siswa pun kebingungan dalam memahami materi.

 

 

Kumpulan Modul Ajar Kelas 1,2,3,4,5,6 Semua Mata Pelajaran  Kurikulum Merdeka bisa digunakan untuk Persiapan Observasi Kelas dalam Rangka Pelaksanaan Kinerja Guru, dengan catatan ada beberapa langkah kegiatan yang tentu harus disesuaikan dengan fokus observasi kelas

 

Pelaksanaan Kinerja merupakan tahap kedua setelah Perencanaan Kinerja yang sudah disetujui. Pada tahap ini, Kepala Sekolah akan melakukan pelaksanaan, pemantauan dan pembinaan kinerja melalui observasi. Pelaksanaan Kinerja memiliki empat proses tahapan dalam melakukan observasi yang dilakukan oleh Guru dan/atau Kepala Sekolah mulai dari Bulan Februari sampai dengan Mei.

 

Ada empat tahapan Observasi Kelas dalam Rangka Pelaksanaan Kinerja Guru, yakni Diskusi Persiapan, Observasi Kelas, Diskusi Tindak Lanjut, Refleksi Tindak Lanjut. Pada Praktik Kinerja terdapat dua bagian yang harus Guru lakukan, dimulai dari bagian pertama yaitu Pelaksanaan Observasi dan bagian kedua, yaitu Tindak Lanjut Observasi.

 

Modul ajar merupakan salah satu bentuk dari perangkat ajar yang digunakan oleh guru dalam melakukan proses pembelajaran. Modul ajar merupakan dokumen yang minimal berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran. Idealnya modul ajar dibuat atau diadaptasi oleh guru yang bersangkutan sesuai mata pelajaran dan kondisi sekolah masing-masing.

 

Namun bagi masih mencari modul ajar dan membutuhkan contoh modul ajar RPP untuk persiapan observasi kelas silahkan diwonload melalui link yang tersedia

 

Link Modul Ajar Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran

Link Modul Ajar Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran

Link Modul Ajar Kelas 3 SD Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran

Link Modul Ajar Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran

Link Modul Ajar Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran

Link Modul Ajar Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran

 

Demikian informasi tentang Link download Download Modul Ajar Kelas 1,2,3,4,5,6 Semua Mata Pelajaran  Kurikulum Merdeka. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. Mohon dishare kepada rekan guru yang lain apabila ada manfaatnya.

 

 



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.