JADWAL DAN MATERI PROGRAM BDR TVRI MINGGU KELIMA (11 - 17 MEI 2020)

  Jadwal, Panduan dan Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI Tanggal 11 12 13 14 15 Mei 2020

Jadwal, Panduan dan Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI Minggu Kelima Tanggal 11, 12, 13, 14, 15 Mei 2020 (SD/MI SMP/MTS SMA/MASMK). Sebagian bagian dari tugas kepengawasan dalam rangka Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), yakni melakukan monitoring dan membantu terlaksanakan kegiatan belajar di rumah berikut ini admin sampaikan Jadwal, Panduan dan Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI Tanggal 11 Mei 2020 – 17 Mei 2020 dengan waktu efektif belajar 11 Mei – 15 Mei 2020.

Jadwal, Panduan dan Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI Kelima Tanggal 11, 12, 13, 14, 15 Mei 2020. Berikut ini Panduan untuk Orang Tua khusus pada jenjang TK/PAUD, diantaranya:
·          Sebelum tayangan: Kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orang tua dapat melakukan hal ini: Mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks. Menjelaskan sekilas tentang tayangan mengenai apa yang akan ditonton dan tokoh-tokoh inti seperti Elmo dan Tatan dalam Jalan Sesama. Menyampaikan lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak.
·          Saat tayangan: Alternatif kegiatan yang dapat dilakukan bersama anak saat melihat tayangan adalah sebagai berikut: Gerak dan Lagu: Orang tua mengajak anak bernyanyi dan mengikuti gerakan tokoh atau lagu-lagu seperti yang dicontohkan di tayangan Jalan Sesama. Berdialog dengan Anak: Kembangkan dialog interaktif dengan anak tentang topik yang sedang dibahas di tayangan Jalan Sesama. Selain itu, orang tua juga dapat mengajak anak bermain peran mengikuti tokoh yang dicontohkan dalam tayangan
·          Sesudah tayangan: Orang tua dapat mengajak anak melakukan aktivitas alternatif sebagai berikut: Membacakan Buku Cerita ke Anak: Selesai membacakan cerita, orang tua dapat berdialog dengan dengan anak tentang tokoh-tokoh yang ada dalam buku cerita yang dibacakan. Menggambar: Setelah menggambar, tanyakan apa yang digambar oleh anak dan tuliskan apa yang diceritakan anak pada bagian atas kertas. Dokumentasikan gambar tersebut. Membuat Kolase atau Mozaik: Untuk kreasi, bisa memilih gambar berbentuk hewan, tumbuhan, atau gambar pemandangan alam. Berkebun: Misalnya menyiram tanaman, menanam tanaman, dll

Jadwal, Panduan dan Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI Tanggal 11, 12, 13, 14, 15 Mei 2020. Berikut ini Panduan untuk Orang Tua khusus pada jenjang SD/MI Kelas 1 - 3, diantaranya:
Sebelum tayangan: Kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orang tua mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak saat dan/atau sesudah menyaksikan tayangan tersebut. Anak juga menyiapkan alat tulis.

Kompetensi Literasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
1. Pandulah anak memahami instruksi lisan dari tayangan program dengan cara meminta anak mengulanginya. orang tua juga perlu mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada anak tentang kata-kata yang belum dipahami, lalu membantu menjelaskannya. Setelah anak mengerti, mintalah anak untuk membuat kalimat dari kata-kata tersebut.
2. Khusus untuk instruksi/pertanyaan tertulis (dalam bentuk teks), mintalah anak membaca kembali instruksi tersebut.
3. Pandulah anak untuk menyampaikan pendapatnya dengan melakukan diskusi.
4. Perhatikan bagaimana susunan kalimat yang dibuat anak.
5. Bantu anak agar bisa menyampaikan gagasan dengan kalimat yang benar dan runut.
6. Orang tua diharapkan bisa mengarahkan anak agar bisa mengemukakan pendapatnya lewat diskusi. Mintalah anak menyampaikan gagasannya secara lisan. Jika memungkinkan, direkam.
7. Untuk tugas tertulis, bantulah anak menuliskan baris demi baris tugasnya

Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:
1. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.
2. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.
3. Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan.
4. Pandulah anak untuk mengerjakan tugas tersebut.
5. Berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.

Jadwal, Panduan dan Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI Kelima Tanggal 11, 12, 13, 14, 15 Mei 2020. Berikut ini Panduan untuk Orang Tua khusus pada jenjang SD/MI Kelas 4 - 6, diantaranya:
Sebelum tayangan: Kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orang tua mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak saat dan/atau sesudah menyaksikan tayangan tersebut. Anak juga menyiapkan alat tulis.

Kompetensi Literasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian.
2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya.Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru.
3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya. Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama-sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.

Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:
1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.
2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak.
3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesaian, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan
lebih lanjut.
4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak.

Jadwal, Panduan dan Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI Tanggal 11, 12, 13, 14, 15 Mei 2020. Berikut ini Panduan untuk Orang Tua khusus pada jenjang SMP/MTS, diantaranya:
1. Jika memungkinkan, perhatikan apakah anak menyimak tayangan dengan baik.
2. Ajaklah anak berdiskusi setelah menyaksikan tayangan program dengan memperhatikan kesantunan berbahasa.
3. Pandulah anak mengerjakan tugas yang disampaikan dalam tayangan.
4. Berikanlah semangat dan bantuan kepada anak untuk melakukan aktivitas pembelajaran lainnya sebagai umpan balik dari hasil tayangan program.
5. Bacalah hasil pekerjaan anak. Berikanlah semangat, motivasi, dan inspirasi dari kehidupan yang dapat menguatkan karakter anak.

Berikut ini Panduan untuk Siswa SMP/MTS,
Berikut hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi dari melihat tayangan:
1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simaklah tayangan denganbaik untuk memahami keseluruhan ide pokok dan bukti pendukung informasi dengan data yang akurat dan juga tepat.
2. Berdiskusilah dengan orang tua atau saudaramu untuk merumuskan dugaan yang masuk akal yang dapat diuji tentang bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi dengan sangat tepat berdasarkan tugas yang diberikan.
3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika menuliskan pendapat atau gagasan.
4. Pastikan referensi atau rujukan yang kamu ambil adalah rujukan yang akurat dan benar.
5. Kutiplah informasi yang memiliki nilai kebaruan, relevan dengan kondisi sekarang, dan potensial untuk diwujudkan.
6. Berkomunikasilah dengan baik dengan melihat situasi kondisi lawan bicara serta perhatikan norma kesopanan.

  Jawaban Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI Tanggal 11 12 13 14 15 Mei 2020

Berikut ini Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI Tanggal 11, 12, 13, 14, 15 Mei 2020 untuk SD Kelas 1-3, SD/MI Kelas 4 – 6 dan SMP/MTS.

Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI hari Senin 11 Mei 2020 untuk SD Kelas 1-3 adalah sebagai berikut
1.    Apa akibatnya jika Wayan dan Chandra tidak mau mengalah?
2.    Mengapa Wayan harus belajar bertanggung jawab?
3.    Apa manfaat bekerja sama yang dilakukan Wayan dan teman-emannya?
Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI hari Selasa 12 Mei 2020 untuk SD Kelas 1-3 adalah sebagai berikut
1. Kerjakan soal berikut!
a) … = 3 puluhan + 4 satuan
b) 57 = ... puluhan + … satuan
2. Kerjakan soal berikut!
a) 34 + 40 = ..................
b) 52 + ..................= 86
3. Hitunglah dengan menggunakan bentuk panjang!
a) 48 + 52 = ....
b) 56 + 31 = ....
4. Untuk kelas 3: Hitunglah hasil perkalian dan pembagian berikut!
a) 30 X ... = 300
b) 40 X 10 = ....
c) 150 : 10 = ....
d) ... : 10 = 20

Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI hari Rabu 13 Mei 2020 untuk SD Kelas 1-3 adalah sebagai berikut
1. Mengapa Chandra harus membantu orang tuanya?
2. Apa yang dapat kita lakukan jika teman mengalami kesulitan menemukan alamat seperti Chandra?
3. Bagaimana cara menjaga amanah atau titipan yang diberikan kepada kita?

Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI hari Kamis 14 Mei 2020 untuk SD Kelas 1-3 adalah sebagai berikut
1. Jawab Pertanyaan di bawah ini
a) Gambarkan penjumlahan yang hasilnya bilangan 5!
b) Tuliskan penjumlahan yang hasilnya bilangan 10
2. Lengkapi penjumlahan dan pengurangan berikut dengan bilangan yang tepat!
a) 64 = ... + 35
b) 82 - ... = 46
c) 47 = ... - 23
3. Angka berapa saja yang hilang dari deret bilangan berikut?
   
4. Pertanyaan hanya untuk kelas 3: Lengkapi penjumlahan dan pengurangan berikut dengan bilangan yang tepat!
a) ... + 134 = 320
b) 134 + ... = 320
c) 320 - ... = 134

Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI hari Jumat 15 Mei 2020 untuk SD Kelas 1-3 adalah sebagai berikut
1. Bolehkah katak, anjing, dan kera menghina kura-kura? Mengapa?
2. Jawban Pertanyaan
a) Sebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita tadi!
b) Tirukan suara binatang yang ada dalam cerita tadi!
c) Ceritakan kembali cerita tadi!
3. Deskripsikan kupu-kupu!

Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI hari Senin 11 Mei 2020 untuk SD Kelas 4-6 adalah sebagai berikut
1. Pada awalnya, drum air yang ada di taman rumah hanya berisi air 1/4 bagian. Karena semalam turun hujan lebat, maka isinya sekarang menjadi hampir penuh, yaitu 4/5 bagian. Berapa bagian banyak air hujan yang menambah isi dalam drum tersebut?
2. Jumlah siswa kelas V ada 49 orang. Lima per tujuh bagian sedang berolahraga di lapangan. Dari peserta olahraga itu, 3/5 bagian adalah siswa laki-laki. Berapa banyak siswa perempuan yang berolahraga?
3. Caca mempunyai 3/4 liter air mineral. Ia memberikan kepada Indri 5/8 liter. Kemudian Caca mengambil air mineral dari botolnya sebanyak 5/6 liter. Berapa liter air mineral Caca sekarang?

Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI hari Selasa 12 Mei 2020 untuk SD Kelas 4-6 adalah sebagai berikut
1. Ali berdiri di sebuah ruang besar dan Budi berdiri di tengah sawah jauh dari kampung. Mereka sama-sama berteriak. Apa yang terjadi? Jelaskan!
2. Apa sifat-sifat cahaya? Berikan masing-masing contohnya!
3. Rina bercermin di depan kaca cermin rias di kamarnya. Bagaimana bentuk dan sifat bayangan Rina pada cermin tersebut? Jelaskan!

Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI hari Rabu 13 Mei 2020 untuk SD Kelas 4-6 adalah sebagai berikut
1. Menurutmu, apa saja kehebatan orang Bugis Makassar pada masa lalu berdasarkan tayangan tadi?
2.Bagaimana cara membuat Perahu Pinisi? Ceritakan dengan singkat kepada keluargamu!
3.Apa yang bisa kita teladani dari Bapak Muhammad Djafar, pembuat perahu Pinisi? Mengapa?

Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI hari Kamis 14 Mei 2020 untuk SD Kelas 4-6 adalah sebagai berikut
1. Apa yang bisa kita teladani dari perjuangan Jenderal Sudirman?
2. Bagaimana strategi perang Jenderal Sudirman ketika melawan Belanda?
3. Tuliskan beberapa koleksi jejak-jejak sejarah Jenderal Sudirman di museum Vredeburg yang menjadi saksi dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia!

Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI hari Jumat 15 Mei 2020 untuk SD Kelas 4-6 adalah sebagai berikut
1. Sebuah penampungan air berukuran panjang 120 cm, lebar ¾ m, dan tinggi 80 cm. Di dalam bak masih terdapat air ⅓ bagian. Bak tersebut akan diisi air sampai penuh. Berapa liter air yang diperlukan untuk mengisi bak tersebut hingga penuh?
2. Ayah membuat sebuah akuarium berbentuk prisma segitiga, dengan ukuran panjang alas 45 cm, tinggi alas 40 cm, dan tinggi prisma 65 cm. Berapa liter volume akuarium tersebut?
2. Ibu membeli susu kaleng berbentuk tabung dengan diameter 14 cm dan tinggi 17 cm. Di dalam kaleng tersebut terdapat ruang rongga 3 cm dari tutup atasnya. Berapa volume susu dalam kaleng tersebut?

Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI hari Senin 11 Mei 2020 untuk Siswa SMP/MTS adalah sebagai berikut
1. Polusi air terjadi karena campur tangan manusia. Jelaskan tiga contoh aktivitas manusia yang menyebabkan terjadinya polusi air!
2. Usaha apa yang kamu lakukan jika di lingkungan sekitarmu ditemukan polusi air?
3. Tuliskan urutan langkah prosedur penjernihan air menggunakan biji kelor dengan tepat!

Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI hari Selasa 12 Mei 2020 untuk Siswa SMP/MTS adalah sebagai berikut
1. Perhatikan gambar berikut!


Rendi membantu ibunya untuk memasukkan tahu yang sudah dibeli ke dalam tiga kotak dengan ukuran yang berbeda.
● Kotak biru memiliki ukuran panjang 24 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 8 cm
● Kotak ungu memiliki ukuran panjang 20 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 8 cm
● Kotak hijau memiliki panjang 12 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 6 cm
Ukuran tahu yang dibeli memiliki ukuran panjang 4 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 2 cm. Rendi mengatakan bahwa lebih dari 100 tahu dapat dimasukkan ke dalam tiga wadah tersebut. Setujukah kamu dengan pernyataan Rendi? Berikan alasanmu!

2. Andri memiliki kawat sepanjang 15 meter. Dia akan membuat lima buah kubus dengan menjadikan kawat sebagai kerangka kubus tersebut. Andri ingin meminimalkan sisa dari kawat yang dimilikinya. Andri mengatakan bahwa luas maksimal daerah permukaan masing-masing kubus tersebut adalah 4.704 cm2. Benarkah itu? Jelaskan alasanmu!
3. Gambar berikut merupakan penampang sebuah limas pejal terbuat dari besi dengan alas berbentuk persegi diletakkan di dalam sebuah prisma.

Panjang sisi alas limas adalah 14 m dan tinggi limas adalah 24 m. Kakak mengatakan ia membutuhkan air 3.000 m3 untuk mengisi prisma. Benarkan itu? Jelaskan alasanmu!


Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI hari Rabu 13 Mei 2020 untuk Siswa SMP/MTS adalah sebagai berikut
1. Dari kisah Mohammad Hatta, apa manfaat membaca buku yang masih relevan dengan kehidupanmu saat ini?
2. Berikan pendapatmu bagaimana meningkatkan kegemaran membaca buku di tengah banyaknya masyarakat yang menghabiskan waktunya untuk sekadar bermain media sosial dalam gawai!
3. Apa dampak negatif jika banyak generasi muda Indonesia yang tidak suka membaca buku?


Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI hari Kamis 14 Mei 2020 untuk Siswa SMP/MTS adalah sebagai berikut

1. Perhatikan gambar berikut.

Lima siswa berpendapat tentang kedudukan garis.
a) Arman: Garis KL dan LM adalah pasangan dua garis sejajar
b) Cahyo: Garis KL dan LQ adalah pasangan dua garis berpotongan
c) Dodi: Garis PK dan MR kedua-duanya merupakan garis horizontal
d) Edi: Garis PQ dan KL kedua-duanya merupakan garis vertikal
e) Gunawan: Garis PQ dan SR adalah pasangan dua garis tegak lurus
Menurut kalian, pendapat siapa yang benar? Jelaskan alasanmu!

2. Perhatikan gambar berikut.

Garis AB berpotongan tegak lurus garis CD dan berpotongan di titik O. Kemudian garis EF memotong kedua garis tersebut pada titik O.
Beberapa siswa memberikan pendapat sebagai berikut:
1. Anita: Sudut DOF adalah sudut lancip
2. Budi: Sudut DOB adalah sudut siku-siku
3. Feri: Sudut AOE adalah sudut tumpul
4. Beni: Sudut AOB adalah sudut lurus
5. Fani: Sudut EOC adalah sudut refleks
Pendapat siapa yang benar? Jelaskan alasanmu!


Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI hari Kamis 14 Mei 2020 untuk Siswa SMP/MTS adalah sebagai berikut
1. Upah adalah komponen yang paling mendasar dari produktivitas kerja. Jika upah pekerja diabaikan oleh pengusaha sebagai pelaku industri, apa dampak yang paling fatal dari hasil kerja?
2. Tuliskan tahap awal eceng gondok untuk dapat menjadi bahan baku kerajinan!
3. Jika kamu ingin berkreasi dengan eceng gondok, apa yang akan kamu kreasikan menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi, dan mengapa kamu memilihnya?

Link download Jadwal, Panduan dan Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI Tanggal 11, 12, 13, 14, 15 Mei 2020 (disini)

Demikian informasi tentang Jadwal, Panduan dan Pertanyaan Belajar di Rumah (BDR) melalui TVRI Minggu Kelima tanggal 11 Mei 2020, 12 Mei 2020, 13 Mei 2020, 14 Mei 2020, dan 15 Mei 2020. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.