PEMANFAATAN ENERGI ALTERNATIF BIOGAS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

  PEMANFAATAN ENERGI ALTERNATIF BIOGAS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

PEMANFAATAN ENERGI ALTERNATIF BIOGAS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk di antaranya; kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida. Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik. Biogas diolah kembali menjadi bahan bakar minyak yang lebih spesifik.

Gas methan sudah lama digunakan oleh warga Mesir, China, dan Roma kuno untuk dibakar dan digunakan sebagai penghasil panas. Sedangkan, proses fermentasi lebih lanjut untuk menghasilkan gas methan ini pertama kali ditemukan oleh Alessandro Volta (1776). Adapun alat penghasil biogas secara anaerobik pertama dibangun pada tahun 1900. pada akhir abad ke 19, riset untuk menjadikan gas methan sebagai biogas dilakukan oleh Jerman dan Perancis pada masa antara 2 perang dunia. Selama perang dunia II, banyak petani di Inggris dan Benua Eropa yang membuat alat penghasil biogas kecil yang digunakan untuk menggerakkan traktor. Akibat kemudahan dalam memperoleh BBM dan harganya yang murah pada tahun 1950, proses pemakaian biogas ini mulai ditinggalkan. Tetapi, di Negara-negara berkembang kebutuhan akan sumber energi yang murah dan selalu tersedia. Oleh karena itu, di India kegiatan produksi biogas terus dilakukan semenjak abad ke 19. saat ini, Negara berkembang lainnya, seperti Cina, Filipina, Korea, Taiwan, dan Papua Nugini, telah melakukan berbagai riset dan pengembangan alat penghasil biogas. Selain di Negara berkembang, teknologi biogas juga telah dikembangkan di Negara maju seperti Jerman.

Selama Perang Dunia II, banyak petani di Inggris dan Benua Eropa yang membuat alat penghasil biogas kecil yang digunakan untuk menggerakkan traktor. Akibat kemudahan dalam memperoleh BBM dan harganya yang murah pada tahun 1950-an, proses pemakaian biogas ini mulai ditinggalkan.


PEMANFAATAN ENERGI ALTERNATIF BIOGAS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


Lalu apa manfaat energi alternatif biogas dalam kehidupan sehari-hari atau Jelaskan pemanfaatan energi alternatif biogas dalam kehidupan sehari-hari! Berikut ini (Manfaat) Pemanfaatan Energi Alternatif Biogas Dalam Kehidupan Sehari-Hari, yakni:

1. Bahan Bakar Kendaraan
Sebagai sumber energi terbarukan, biogas memiliki karakteristik unik, biogas bisa digunakan sebagai Bahan Bakar Kendaraan. Penggunaan energy bahan bakar yang tak terbarukan sepertu energi fosil mulai semakin diperhatikan, dengan cara merubah bahan bakar tersebut menjadi bahan bakar berbasis gas. Nah, biogas menjadi salah satu bahan bakar gas yang memiliki banyak fungsi dan manfaatnya. Salah satunya adalah lebih murah untuk biaya operasional.
2. Pengganti Gas LPG
Biogas menjadi energy yang baik dan mampu menggantikan gas LPG yang sering kita gunakan di rumah. Daya beli masyarakat terhadap LPG yang kian memberatkan merupakan salah satu alasan kenapa biogas menjadi pengganti LPG yang cocok, karena sumber bahan bakarnya yang berasal dari limbah yang berarti bisa di dapat dengan cara mudah dan murah.
3. Menghasilkan Pupuk Organik
Pengolahan anaerob pada kotoran ternak dan sisa makanan organik memberikan manfaat bagi sektor pertanian terutama untuk membuat pupuk organik. Pupuk organik yang berasal dari limbah memiliki banyak manfaat karena tidak mengandung bahan kimia yang mampu menurunkan hasil panen atau hasil produksi pertanian.
4. Memanfaatkan Sampah Lingkungan
Dengan memanfaatkan jenis limbah yang mudah terurai atau recycle, maka kita mampu mengurangi sampah yang tersebar dilingkungan. Kegiatan ini otomatis mampu menjaga lingkungan kita tetap bersih dan terjaga.
5. Pembangkit Listrik
Pemasok listrik tunggal di Indonesia yaitu PLN, saat ini menggunakan bahan bakar jenis solar sebagai alternatif untuk memasok ketersedian listriknya ke pelanggan. Faktanya, dengan memanfaatkan biogas dengan baik dan benar, maka biogas mampu menjadi alternatif atau energy tambahan untuk memasok ketersediaan listrik di Indonesia, diperkirakan 1 meter kubik biogas mampu menghasilkan 6000 watt listrik per-jamnya.

Demikian penjelan tentang Pemanfaatan Energi Alternatif Biogas Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Selamat belajar.



v>

2 comments:

  1. Terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat. Jazakallahu Khairan Katsiran

    ReplyDelete
  2. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.