PERUBAHAN ENERGI YANG TERJADI PADA MOBIL

  Perubahan Energi Yang Terjadi Pada Mobil yang dikendarai di malam hari

Perubahan Energi Yang Terjadi Pada Mobil yang dikendarai di malam hari. Apakah yang dimaksud dengan energi? Energi dibutuhkan diantaranya untuk menggerakkan mobil, untuk memanaskan dan mendinginkan ruangan, dan untuk mengoperasikan komputer. Energi matahari diperlukan untuk pertumbuhan tanaman dan proses siklus air. Energi yang terdapat dalam makanan menyediakan energi bagi manusia baik untuk kegiatan jasmani maupun kegiatan rohani.

Berjalan, olah raga, bernyanyi, bekerja, belajar, berpikir, saat melamun, bahkan saat tidurpun memerlukan energi. Manusia membutuhkan berjuta-juta kalori setiap harinya untuk melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, disarankan setiap pagi sebelum beraktivitas kita harus makan terlebih dahulu.



Dengan demikian, tubuh kita cukup energi untuk melakukan segala kegiatan dan kesehatan tubuh akan selalu terjaga. Seseorang yang terus melakukan kerja, misalnya memindahkan barang, lama-kelamaan akan merasa lelah dan akhirnya orang tersebut tidak mampu lagi memindahkan barang. Hal tersebut disebabkan pada saat memindahkan setiap barang dikeluarkan energi.

Perubahan Energi Yang Terjadi Pada Mobil. Manusia, hewan, tumbuhan, dan mesin pada saat melakukan aktivitasnya selalu memerlukan energi. Energi yang digunakan manusia, hewan, dan tumbuhan berasal dari berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Energi yang digunakan mesin mobil berasal dari bahan bakar berupa bensin, solar, atau dapat juga berupa bahan bakar bentuk lainnya. Kemudian energi yang dimiliki mesin digunakan untuk melakukan usaha, misalkan mesin mobil digunakan untuk menggerakkan mesin – mesin mobil sehingga mobil dapat bergerak. Peristiwa bergeraknya mobil terjadi karena adanya perubahan energi, yaitu dari energi kimia yang berasal dari bahan bakar berubah menjadi energi gerak.. 

  Pak Dodi mengendarai mobil pada malam hari. Sebutkan perubahan energi yang terjadi pada mobil tersebut
Contoh Kasus: Pak Dodi mengendarai mobil pada malam hari. Sebutkan perubahan energi yang terjadi pada mobil tersebut! Untuk kasus tersebut setidaknya ada dua perubahan energi yakni:
1) Energi Kimia Menjadi Energi Gerak
Pada kendaraan bermotor (Mobil) yang menggunakan bahan bakar bensin, solar atau avtur.  Dahan bakar bensin, solar atau avtur setelah melewati proses pada pembakaran, sehingga pesawat dapat bergerak

2. Energi Listrik Menjadi Energi Cahaya
Bola lampu mobil menghasilkan cahaya karena adanya arus listrik dari mobil tersebut.

Sebagai tambahan dimungkinkan juga akan ada perubahan Energi Gerak Menjadi Energi Panas, apabila mobil itu dikendarai untuk waktu yang lama dan perjalanan yang cukup jauh. Karena pemakaian Mobil dalam jangka waktu yang lama dan perjalanan yang cukup jauh akan membuat mesin menjadi panas.


2 comments:

  1. Terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat. Jazakallahu Khairan Katsiran

    ReplyDelete
  2. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.