Surat Edaran Mendikbud tentang Pedoman Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020

SE Mendikbud tentang Pedoman Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020

Surat Edaran Mendikbud tentang Pedoman Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 diterbitkan untuk Menindakianjuti surat Menteri Sekretaris Negara nomor B457/M .Sesneg/Set/TU.00.04/06/2020 dan nomor B-457/M. Sesneg/Set/TU .00.04/0612020 tanggal 23 Juni 2020 tentang Partisipasi Menyemarakkan Han Ulang Tahun (HUT) ke-75Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020.


Melalui Surat Edaran Mendikbud tentang Pedoman Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengimbau untuk:
1. Mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak di masing-rnasing instansi mulai tanggal I s.d. 31 Agustus 2020;
2. Tidak menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020, namun mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Han Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020 dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih yang diselenggarakan di Istana Merdeka melalui platform media televisi atau media sosial;
3. Memanfaatkan secara maksimal logo dan desain turunan HUT ke-75 Kemerdekaan RI yang dapat diunduh pada www.setneq.go.id dengan memasang umbul-umbul, dekorasi, atau hiasan lainnya serentak sejak tanggal 1 Juli s.d. 31 Agustus 2020 dan mengaplikasikan logo dan desain tersebut dalam berbagai media (website/media sosial instansi, stiker kendaraan dinas dan kendaraan jemputan, souvenir maupun merchandise instansi, dan lain-lain); serta
4. Menyelenggarakan kegiatan yang dapat menyemarakkan HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 sesuai dengan kemampuan dan tetap mematuhi protokol kesehatan penanganan dan pencegahan Covid-19.

Terkait Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-75 Tahun 2020, Kementerian Sekretariat Negara telah merilis Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 dan menyampaikan ke publik melalui Surat Edaran Nomor : B- 456/M.Sesneg/SeVTU.00.04/06/2020 tentang: Penyempumaan Penggunaan Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik lndonesia Tahun 2020.

Ditegaskan dalam surat edaran Mensesneg tersebut, dimohon kepada Pimpinan Lembaga Negara, Menteri Kabinet lndonesia Maju, ubernur Bank lndonesia, Jaksa Agung, Panglima Tentara Nasional lndonesia, Kepala Kepolisian Negara Republik lndonesia, Pimpinan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Pimpinan Lembaga Non-StruKural, Para Kepala Penvakilan Rl di Luar Negeri, Gubemur Provinsi di seluruh lndonesia serta Bupati dan Walikota di seluruh lndonesia agar berkenan memperbanyak dan mensosialisasikannya di lingkungan kerja BapaUlbu serta membantu menyebarluaskannya kepada masyarakat umum. Soft copy tema dan logo Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Rl Tahun 2020 beserta pedomannya dapat diunduh melalui urebsite resmi Kementerian Sekretariat Negara www-setneg.go.id.

Adapun yang menjadi Tema besar HUT Ke-75 Kemerdekaan Rl Tahun 2020 adalah Indonesia Maju. Indonesia Maju adalah sebuah representasi dan Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebuah simbolisasi dan Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia. Makna kemerdekaan saat ini bukan hanya sebagai kata, kemerdekaan adalah kesempatan. Kesempatan untuk bermimpi hinggajadi nyata dan kesempatan untuk berkarya tanpa batas. Sekarang saatnya kita fokus kepada hal yang benar-benar penting dalam menyatukan keberagaman melalui kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa Indonesia.

Adapun yang menjadi Logo HUT Ke-75 Kemerdekaan Rl Tahun 2020 adalah seperti tampak pada gambar di bawah ini.

 


Logo angka Tujuh Lima dan tulisan Indonesia Maju menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Logo Kemerdekaan RI 75 tahun mi menyimbolkan arti dan kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia.

Sedangkan logo Bangga Buatan lndonesia, Logo Bangga Buatan Indonesia meliputi gabungan dan logogram dan logotype dengan sentuhan modern, terlihat dalam bentuk huruf-huruf dan sederhana secara keseluruhan. Logogram, digunakan untuk menunjukkan cinta terhadap produk lokal Indonesia. Juga menggambarkan perasaan bangga terhadap produk lokal Indonesia, sekalgus menunjukkan kesatuan sebagai satu Indonesia

Link download Surat Edaran Mendikbud tentang Pedoman Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 serta Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 Tahun 2020 (disini)

Demikian informasi tentang Surat Edaran Mendikbud tentang Pedoman Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



No comments

Powered by Blogger.