SOP Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah SD-MI SMP-MTS SMA-MA SMK-MAK

SOP Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah SD-MI SMP-MTS SMA-MA SMK-MAK


SOP Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah SD-MI SMP-MTS SMA-MA SMK-MAK. Secara umum sarana dan prasarana sering diartikan sebagai alat penunjang keberhasilan suatu proses upaya yang dilakukan di dalam pelayanan publik, karena apabila kedua hal ini tidak tersedia maka semua kegiatan yang dilakukan tidak akan dapat mencapai hasil yang diharapkan sesuai dengan rencana. Menurut keputusan menteri Pdan K Nomor 079 Tahun 1975, sarana pendidikan terdiri dari 3 (tiga) kelompok besar yaitu : 1) Bangunan dan perabot sekolah, 2) Alat pelajaran yang terdiri dari pembukuan , alat-alat peraga dan laboratorium; 3) Media pendidikan yang dapat di kelompokkan menjadi audiovisual yang menggunakan alat penampil dan media yang tidak menggunaakan alat penampil.

 

Adapun yang dimaksud SOP Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah SD-MI SMP-MTS SMA-MA SMK-MAK adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur penggunaan dan pemeliharaan sarana prasarana sekolah yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan terkait pengelolaan sarana prasarana sekolah yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dengan biaya yang serendah-rendahnya. SOP Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah biasanya terdiri dari manfaat, kapan dibuat atau direvisi, metode penulisan prosedur terkait pengelolaan sarana prasarana sekolah.

 

Tujuan pembuatan SOP Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah SD-MI SMP-MTS SMA-MA SMK-MAK adalah untuk menjelaskan perincian atau standar yang tetap mengenai aktivitas pekerjaan yang berulang-ulang terkait penggunaan dan pemeliharaan sarana prasarana sekolah, sehingga menjadi panduan dan bahan pengawasan, serta sebagai alat koordinasi yang baik antara bagian-bagian atau unit lainnya di sekolah.

 

Sarana dan prasarana dalam setiap sekolah tidaklah sama karena perencanaan kebutuhan dan keinginan suatu sekolah juga berbeda. Sarana adalah fasilitas yang berupa peralatan, perlengkapan, bahan, dan perabotan yang secara langsung digunakan dalam proses belajar mengajar baik bergerak atau tidak bergerak guna untuk memenuhi suatu tujuan pendidikan, sedangkan prasarana adalah fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan atau pengarahan dapat berupa gedung, halaman, jalan, kebuh, dan sebagainya.

 

Setiap sekolah membutuhkan sarana dan prasarana yang dapat mendukung berlangsungnya proses pendidikan. Jadi, sarana dan prasarana suatu alat yang memiliki peran penting untuk kelancaran dan keberhasilan suatu proses dalam ruang lingkup pendidikan. Sarana prasarana harus terpenuhi guna untuk menyelenggarakan kegiatan agar lebih mudah dalam berlangsungnya kegiatan tersebut.

 

Sarana dan prasarana dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam belajar. Dengan adanya sarana dan prasarana siswa dapat belajar melalui fasilitas yang ada seperti komputer dan laboratorium yang dapat menambah wawasan siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya upaya pengadaan sarana prasarana yang layak agar kegiatan pembelajaran berjalan de  ngan lancar dan memberikan hasil yang maksimal terhadap peserta didik.

 

SOP Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah SD-MI SMP-MTS SMA-MA SMK-MAK dapat dipahami sebagai proses pengadaan dan pemberdayaan komponen-komponen untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan efisien secara langsung maupun tidak langsung. Proses pendayagunaan semua sarana dan prasarana pendidikan agar dapat efektif dan efisien memerlukan manajemen yang dapat mengelola, mengatur, dan menjaga agar sarana dan prasarana dapat berkontribusi untuk instansi pendidikan tersebut dengan optimal.

 

SOP Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah SD-MI SMP-MTS SMA-MA SMK-MAK berisi perencanaan, pengadaan, pendayagunaan, dan pengawasan sarana dan prasarana sekolah. Prosedur pengelolaan sarana dan prasarana ini dapat berjalan dengan lancar jika pondasi perencanaan suatu pengadaan sarana dan prasarananya sesuai deng kebutuhan yang ada di lapangan. Dengan begitu proses pengawasan dapat dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. Tujuan dari manajemen sarana dan prasarana dalam pendidikan yaitu untuk menciptakan sekolah yang bersih, rapi, dan indah serta mewujudkan ketersediaan sarana dan prasarana yang mewadai sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.

 

Seperti apa contoh SOP Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah ? Untuk sekedar SOP Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah silahkan download disini

 

Demikian informasi tentang SOP Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah SD-MI SMP-MTS SMA-MA SMK-MAK. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



4 comments:

  1. Informasinya sangat bermanfaat dan menginspirasi, terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pak telah berbagi info yang menarik dan sangat kami butuhkan.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat. Jazakallahu Khairan Katsiran

    ReplyDelete
  4. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.