Kumpulan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SMA Tahun 2021

Kumpulan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SMA tahun 2021


Kumpulan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SMA tahun 2021. Menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 6 menerangkan bahwa pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.

 

Berikut ini beberapa langkahnya untuk menjadi seorang Guru  SMA:

1.  Pendidikan Strata 1

Bagimu yang tertarik dengan Profesi Guru  SMA maka harus memiliki minimal pendidikan gelar sarjana di bidang Ilmu Pendidikan dan, Keguruan, atau ilmu yang ingin kamu ajarkan, misalnya Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Biologi, Kimia, Pendidikan Olahraga, dan bidang keilmuan lain yang diajarkan di bangku sekolah. Lulusan Keguruan & Pendidikan sendiri cenderung lebih disukai karena perkuliahannya mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi seorang Guru. Kamu akan dibekali dengan berbagai keterampilan yang dapat menunjang pelaksanaan tugas profesi mulia tersebut. Selain mempelajari suatu bidang studi, Kamu juga fokus mempelajari bagaimana proses transfer ilmu yang efektif dari guru kepada murid, bagaimana cara yang tepat untuk mengajar, bagaimana mengelola kelas, bagaimana mengembangkan program pembelajaran di kelas, dan sebagainya. Pendidikan Ilmu Keguruan & Pendidikan ini akan ditempuh dalam waktu 4 tahun..

 

2. Sertifikasi Pendidik

Melalui Program PPG yang diselenggaran oleh Kemendikbud. Langkah pendaftaranya dimulai dengan seleksi berkas menggunakan ijasah sarjana, sk awal dan sk akhir. Setelah dinyatakan lolos administrasi maka guru wajib mengikuti pretes dengan waktu dan lokasi yang telah ditentukan. Pretes menggunakan nilai maksimal untuk kelulusannya, jika lulus maka guru wajib pemberkasan dan mengikuti Diklat PPG selama enam bulan. Usai lulus diklat PPG barulah guru tersebut menyandang guru profesional dan menerima sertifikat Pendidik.

 

Dalam rangka mencapai tujuan Pendidikan Nasional yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya maka sangat dibutuhkan peran pendidik yang profesional. Sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, jabatan guru sebagai pendidik merupakan jabatan profesional. Untuk itu profesionalisme guru dituntut agar terus berkembang sesuai dengan perkembangan jaman, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebutuhan masyarakat termasuk kebutuhan terhadap sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki kapabilitas untuk mampu bersaing baik diforum regional, nasional maupun internasional, edufriends.

 

Sebelum kita membahasa Kumpulan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SMA Tahun 2021 ? Ada baiknya kamu yang baru lulus PPPG yang ingin mendaftar PPPK guru mengetahui dimana Guru  SMA Bekerja & apa Jenjang Karirnya serta apa peran guru SMA ?  Peran Guru SMA sangat Penting dalam Keberhasilan Implementasi Kurikulum Pendidikan, karena Gurulah Sebagai Garda Terdepannya. Guru SMA Bekerja sebagai Pengajar di Sekolah Menengah Atas Negeri maupun Swasta. Guru  SMA merupakan orang tua kedua bagi siswa-siswi di sekolah menengah. Seorang guru di jenjang pendidikan menengah bertanggung jawab mengajarkan mata pelajaran yang sesuai dengan keilmuannya. Guru SMA sebagai  pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta pendidikan menegah pertama dari umur 12-15 tahun. Sementara Guru SMA adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta pendidikan menengah atas dari umur 15-18 tahun.

 

Potensi karier seorang guru PNS SMA sangat dipengaruhi oleh jumlah angka kreditnya. Berkarier sebagai guru  SMA tentu sangat mungkin kamu mendapat tugas tambahan sebagai wali kelas, bendahara sekolah, wakil kepala sekolah, bahkan kepala sekolah. Jadi sangat mungkin untukmu tidak sekadar berperan sebagai guru yang mengajar mata pelajaran tertentu. Jika ingin menjadi guru, selain lewat penerimaan CPNS atau PPPK, juga dapat dimulai dengan meniti kariermu sebagai guru honorer, guru kontrak, atau sejenisnya. Lalu apa perbedaan antara Guru Tetap dan Honorer:

 

Guru Tetap: Pendidikan formal sarjana, dan telah memiliki ketetapan hukum yang sah sebagai guru berdasarkan undang-undang guru dan dosen yang berlaku di Indonesia. Guru  memiliki status minimal sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, dan telah ditugaskan di sekolah tertentu sebagai instansi induknya. Selaku guru di sekolah swasta, guru tersebut dinyatakan guru tetap jika telah mekmiliki kewewenangan khusus yang tetap untuk mengajar di suatu yayasan tertentu yang telah diakreditasi oleh pihak yang berwenang di kepemerintahan Indonesia.

 

Guru honorer: Guru tidak tetap yang belum berstatus minimal sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, dan digaji per jam pelajaran. Seringkali mereka digaji secara sukarela, dan bahkan di bawah gaji minimum yang telah ditetapkan secara resmi. Secara kasat mata, mereka sering nampak tidak jauh berbeda dengan guru tetap, bahkan mengenakan seragam Pegawai Negeri Sipil layaknya seorang guru tetap. Pada umumnya, mereka menjadi tenaga sukarela demi diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil melalui jalur honorer, ataupun menunggu peluang untuk lulus tes Calon Pegawai Negeri Sipil formasi umum atau tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

 

Bahan Kumpulan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SMA tahun 2021 didasarkan kompetensi yang harus dimiliki oleh guru SMA. Adapun Kompetensi yang wajib dimiliki guru disebutkan dalam pasal 10 Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Sedangkan persyaratan untuk menjadi guru SMA berdasarkan  pasal 9 Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 persyaratan untuk menjadi guru minimal berijazah sarjana (S1) atau diploma empat (D4), Persyaratan ini sama dengan jenjang lain atau secara umum persyaratan minimal ijazah calon guru sama yakni Sarjana, tidak membedakan apakah itu guru SMA, SMP maupun SD bahkan untuk jenjang guru PAUD.  

 

Berikut ini link download Kumpulan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SMA tahun 2021


Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SMA Materi Soal Pedagogik Tahun 2021 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru PPKn SMA SMK Tahun 2021 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Bahasa Indonesia SMA SMK Tahun 2021 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Bahasa Inggris SMA SMK Tahun 2021 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Matematika  SMA SMK Tahun 2021 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Biologi SMA SMK Tahun 2021 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Kimia SMA SMK Tahun 2021 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Fisika SMA SMK Tahun 2021 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Seni Budaya SMA SMK Tahun 2021  (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Sejarah SMA SMK tahun 2021 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi SMA SMK tahun 2021 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Ekonomi  SMA SMK Tahun 2021 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Penjas - SMA SMK tahun 2021 (disini)


Demikian informasi tentang Kumpulan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SMA tahun 2021, Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



5 comments:

  1. Latihan soalnya sangat lengkap, ini tentunya sangat bermanfaat bagi calon peserta seleksi PPPK tahun 2021, terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pak telah berbagi info yang menarik dan sangat kami butuhkan.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat. Jazakallahu Khairan Katsiran

    ReplyDelete
  4. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih posting sangat menginspirasi, luar biasa dan banyak manfaatnya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.