PANDUAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

Petunjuk Teknis Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)


Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dibuat untuk mendukung kebijakan pembelajaran di masa pandemi covid-19, yakni  1) Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum kenaikan kelas maupun kelulusan. 2) Memfokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19. 3) Memberikan variasi aktivitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar dari rumah.4) Memberikan umpan balik terhadap bukti atau produk aktivitas belajar dari rumah yang bersifat kualitatif dan berguna bagi guru, tanpa diharuskan memberi skor/nilai kualitatif.

 

Tujuan dibuannya Petunjuk Teknis Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), adalah Memandu pengambilan keputusan yang cepat untuk memulai dan melaksanakan pembelajaran yang  berkelanjutan; Mendorong kolaborasi orang tua, guru, murid, untuk berdaya belajar dalam menghadapi situasi darurat akibat wabah virus corona; Memastikan anak mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna, menantang dan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak.

 

Berdasarkan Petunjuk teknis atau Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Prinsip Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah 1) Tidak membahayakan. Sebagaimana GURU di seluruh dunia mencoba untuk mengurangi kemungkinan kerugian dalam belajar karena gangguan sekolah, keselamatan dan kesejahteraan siswa (students well-being) harus menjadi hal terpenting untuk dipikirkan. Upaya penyampaian kurikulum secara jarak jauh tidak menciptakan lebih banyak stres dan kecemasan bagi siswa dan keluarganya; 2) Realistis. GURU hendaknya memiliki ekspektasi yang realistis mengenai apa yang dapat dicapai dengan pembelajaran jarak jauh, dan menggunakan penilaian professional untuk menilai konsekuensi dari rencana pembelajaran tersebut.

 

Selengkapnya silahkan download Petunjuk Teknis atau Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) edisi 2021 melalui link yang tersedia di bawah ini.

 

Link download Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) edisi 2021.  Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



1 comment:

  1. Informasinya sangat bermanfaat dan menginspirasi, terima kasih banyak.

    ReplyDelete

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.