LULUSAN MA (MADRASAH ALIYAH) BERHAK IKUT SNMPTN DAN SBMPTN TAHUN 2021/2022

Lulusan MA Madrasah Aliyah Berhak Ikut SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2021/2022


Lulusan MA (Madrasah Aliyah) Juga Berhak Ikut SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2021/2022, penjelasan tersebut disampaikan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMP) melalui Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 02/SE.LTMPT/2021 Tentang Keikutsertaan Siswa Pada Snmptn Dan Sbmptn 2021 yang ditujukan untuk  Kepala SMA/MA/SMK dan  Siswa SMA/MA/SMK di Seluruh Indonesia.

 

Isi lengkap Surat Edaran yang menyatakan bahwa Lulusan MA (Madrasah Aliyah) Juga Berhak Ikut SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2021/2022, adalah bahwa sehubungan dengan beredarnya informasi di masyarakat terutama tentang “keikutsertaan  siswa/peserta  pada  pelaksanaan  SNMPTN  dan  UTBK-SBMPTN 2021” yang dikhawatirkan akan  menjadi  informasi  keliru atau persepsi  yang  salah,  berikut  disampaikan  beberapa  hal  penting terkait pelaksanaan seleksi. 

1.  LTMPT tidak  pernah menerbitkan  aturan  tentang larangan  bagi siswa/lulusan  MA  Keagamaan  untuk  mendaftar  atau  mengikuti SNMPTN, UTBK-SBMPTN 2021.

2.  Seleksi jalur masuk PTN yang diselenggarakan LTMPT yaitu SNMPTN dan UTBK-SBMPTN,  dengan  Program  Studi  (Prodi)  yang  ditawarkan  pada kedua  jalur  tersebut DIUSULKAN  oleh  Rektor  masing-masing  PTN termasuk PTKIN dan Politeknik Negeri.

3.  Program  studi  yang  ditawarkan  oleh  PTKIN pada  SNMPTN  dan SBMPTN  2021 adalah program  studi  yang  bersifat  umum  saja, sedangkan  prodi Keagamaan  di  PTKIN tidak  ditawarkan pada  kedua seleksi  tersebut. Khusus  bagi  program  studi  keagamaan, PTKIN akan menyelenggarakan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) secara tersendiri. 

4.  Program studi yang ditawarkan oleh Politeknik Negeri pada SNMPTN dan SBMPTN  2021 hanya  untuk  Program  Studi  D4 saja,  di luar  program studi  tersebut  Politeknik  Negeri  menyelenggarakan  Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) secara tersendiri.

5.  Siswa  kelas  XII tahun  2021 pada SMA/SMK/Madrasah  Aliyah  (MA) baik  negeri  maupun  swasta yang eligible,  diperbolehkan  mengikuti SNMPTN 2021 dengan pilihan Prodi yang ada di PTN (sesuai persyaratan dari  PTN),  atau  PTKIN  (prodi  umum saja dan  sesuai  persyaratan) atau Politeknik (khusus program studi D4 sesuai persyaratan).

6.  Seleksi jalur SNMPTN menggunakan nilai rapor. Kesesuaian nilai mata pelajaran  dan  nilai  mata  pelajaran  dengan  prodi  yang  dipilih merupakan suatu pertimbangan dalam seleksi.

7.  Siswa  kelas  XII  tahun 2021  pada  SMA/SMK/Madrasah  Aliyah  (MA) baik  negeri  maupun  swasta  (yang  belum  lolos  SNMPTN  2021)  dan lulusan tahun 2020 dan 2019 diperbolehkan mengikuti SBMPTN 2021 dengan pilihan Prodi yang ada di PTN (sesuai persyaratan dari PTN), atau PTKIN (prodi umum saja dan sesuai persyaratan) atau Politeknik (khusus program studi D4 dan sesuai persyaratan).

8.  Penetapan  lulus  seleksi  pada  SNMPTN  dan  SBMPTN  merupakan kewenangan  penuh  Rektor PTN/PTKIN/Direktur  Politeknik atau bukan menjadi kewenangan LTMPT.

 

Demikian siaran  pers  ini  disampaikan,  untuk menjadi pemahaman bagi masyarakat, khususnya  para Kepala  SMA/MA/SMK, Guru  BK dan Siswa Kelas  XII SMA/MA/SMK  di  Seluruh  Indonesia.  Terima  kasih  kepada Wartawan Mitra LTMPT atas kerjasama yang baik dan berkenan menerbitkan surat edaran ini ke dalam bentuk berita pada masing-masing media massa. 


Lulusan MA (Madrasah Aliyah) Juga Berhak Ikut SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2021/2022

Lulusan MA (Madrasah Aliyah) Juga Berhak Ikut SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2021/2022

 


Demikian informasi tentang Penjelasan Lulusan MA (Madrasah Aliyah) Juga Berhak Ikut SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2021/2022. Semoga ada manfaatnya.



2 comments:

  1. Informasinya sangat bermanfaat dan menginspirasi, terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  2. Extraordinary. This ainamulyana.com website has the advantage of being easily accessible. The website can be accessed quickly. Also this website is very useful.

    ReplyDelete

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.