KALENDER PENDIDIKAN MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Kalender Pendidikan Madrasah (Kemenag) Tahun Pelajaran 2021/2022


Kalender Pendidikan Madrasah (Kemenag) Tahun Pelajaran 2021/2022. Dalam dunia pendidikan, hadirnya kalender pendidikan tentu bukanlah hal asing lagi. Kalender ini mencakup seluruh komponen periodisasi proses yang berjalan dalam satu periode. Sehingga, tahapan belajar mengajar menjadi lebih efektif, efisien dan tertata dengan baik.

 

Kalender pendidikan dirancang untuk beberapa manfaat dan tujuan. Adapun fungsi utamanya adalah dapat mendorong efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar di sekolah. Di samping itu, juga berfungsi menyelaraskan dan memetakan antara hari aktif dan hari libur di seluruh lembaga pendidikan. Kalender pendidikan juga tidak kalah penting untuk tenaga pendidik. Dimana nantinya ini akan dijadikan pedoman penyusunan Program Semester, Program Tahunan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran hingga penyusunan Silabus.

 

Secara sederhana, kalender pendidikan berfungsi sebagai rambu-rambu bagi dinas pendidikn untuk menyusun kegiatan belajar mengajar dalam periode tertentu. Oleh karena itu, di dalam kalender pendidikan, pengaturan waktu dalam proses belajar mengajar dibuat sedemikan rupa. Meliputi awal tahun ajaran, minggu-minggu efektif serta hari libur.

 

Kalender Pendidikan Madrasah (RA MI MTS MA MAK) Tahun Pelajaran 2021/2022 telah ditetapkan melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1836 Tahun 2021 Tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022. Penetapan ini didasarkan ata pertimbangan: a) bahwa untuk menjamin kualitas penyelenggaraan pendidikan madrasah harus didukung tata kelola madrasah yang profesional, efektif dan efisien; b) bahwa untuk menjamin terlaksananya tata kelola madrasah tersebut, perlu ditetapkan Kalender Pendidikan Madrasah; c) bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada huruf (a), dan huruf (b) perlu menetapkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022..

 

Diktum KESATU, Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1836 Tahun 2021 Kalender Pendidikan Madrasah (RA MI MTS MA MAK) Tahun Pelajaran 2021/2022, menyatakan bahwa: Menetapkan Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022 sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan ini.

 

Diktum KEDUA, Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1836 Tahun 2021 Kalender Pendidikan Madrasah (RA MI MTS MA MAK) Tahun Pelajaran 2021/2022, menyatakan bahwa Kalender Pendidikan Madrasah sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) di seluruh Indonesia.

 

Diktum KETIGA, Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1836 Tahun 2021 Kalender Pendidikan Madrasah (RA MI MTS MA MAK) Tahun Pelajaran 2021/2022 menyatakan bahwa Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dapat menetapkan implementasi kalender "pendidikan Madrasah di wilayahnya, menyesuaikan pada kebutuhan dan kondisi daerah setempat.

 

Bagi yang beminat silahkan download Salinan Kalender Pendidikan Madrasah (RA MI MTS MA MAK) Tahun Pelajaran 2021/2022 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1836 Tahun 2021 -----disini-----

 

Demikian informasi tentang Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Kepdirjen Pendis) Nomor 1836 Tahun 2021 tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022, Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



No comments

Powered by Blogger.