DOWNLOAD ALQURAN VERSI PDF SARANA UNTUK TADARUS


Download Al Quran Versi Pdf Sarana Untuk Tadarus. Kata Tadarus memiliki arti mempelajari, meneliti, menela’ah, mengkaji dan mengambil pelajaran dari wahyu-wahyu. Tadarus menurut bahasa berarti belajar. Sedangkan menurut istilah ini biasa diartikan dan digunakan dengan pengertian khusus, yaitu membaca Al-Qur’an semata-mata untuk ibadah kepada Allah dan memperdalam pemahaman terhadap ajaran Al-Qur’an. Tadarus sebagaimana yang diungkapkan Mulla Ali al-Qari dalam Misykatul-Mashabih yang dikutip oleh Ahmad Syarifudin mengatakan bahwa tadarus adalah kegiatan qira’ah sebagian orang atas sebagian yang lain sambil membetulkan lafal-lafalnya dan mengungkapkan makna-maknanya.

 

Jadi Tadarus adalah membaca, mempelajari dan menelaah bersama-sama serta mengaktualisasikan kandungan isi Al-Qur’an. Hal ini merupakan ibadah yang sangat mulia disisi Allah SWT. Al-Qur’an menurut bahasa ialah bacaan atau yang dibaca. Al- Qur’an adalah mashdar yang diartikan dengan arti isim maf’ul yaitu maqru yaitu yang dibaca. Menurut istilah ahli agama (‘urf syara’) ialah nama bagi Kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Yang ditulis dalam mashhaf.Menurut al-Lihyani, kata Al- Qur’an ditulis dengan huruf hamzah berdasarkan wazan (bentuk) ghufran, bentuk masdar dari kata qara’a, artinya “yang dibaca.” Disisi lain, Al-Qur’an (QS. Al-Qiyamah: 17-18) juga memberi gambaran mengenai asal-usul kata Al-Qur’an, “Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. Apabila kami telah selesai membacakannya, maka ikutilah bacaanya itu.” (QS. Al-Qiyamah: 17-18).

 

Ayat ini memberi pengertian, bahwa kata Al-Qur’an (dalam bahasa Arab) merupakan bentuk mashdar yang maknanya sejajar (pararel) dengan kata qira’ah yang berarti “bacaan”. Dengan berpegang pada ayat ini, beberapa ulama, seperti Manna Khalil Qaththan, Muhammad Salim Muhisan, Muhammad Bakar Ismail menguatkan pendapatnya. Berdasarkan pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Tadarus Al-Qur’an adalah kegiatan membaca Al-Qur’an secara mendalam yang dilakukan oleh orang Islam, semata-mata untuk ibadah kepada Allah dan memperdalam pemahaman terhadap ajaran Al- Qur’an

 

Al-Qur’an sebagai mukjizat teragung sepanjang zaman yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Muhammad. Al-Qur’an merupakan pegangan utama umat Islam oleh karena itu harus dipelajari, andai belum mengerti maknanya maka hal tersebut tetap bernilai pahala dan ada keutamaan di dalamnya, mengenai dasar agar kita membaca Al- Qur’an, Allah SWT berfirman sebagai berikut: “Aku (Muhammad) hanya diperintahkan untuk menyembah Tuhan negeri ini (Mekah) yang telah menjadikan suci padanya dan segala sesuatu adalah milik-Nya. Dan aku diperintahkan agar aku termasuk orang muslim. Dan supaya kamu membaca Al-Qur’an (kepada manusia). Maka barangsiapa yang mendapatkan petunjuk maka sesungguhnya dia hanyalah mendapatkan petunjuk untuk (kebaikan) dirinya, dan barangsiapa yang sesat maka katakanlah:”sesungguhnya aku (ini) tidak lain hanyalah salah seorang pemberi peringatan”. (QS. An-Naml: 91- 92).

 

Al-Qur’an merupakan obat hati, sebagaimana syair pujian yang sering dilantunkan orang jawa, “Tombo ati iku ono limang perkara, kaping pisan moco Al-Qur’an sak maknane, kaping pindo sholat wengi lakonono, kaping telu wong kang sholeh kumpulono, kaping papat kudu weteng ingkang luwe, kaping limo dzikir wengi ingkang suwe.”, ternyata jika diteliti syair tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an dan juga sabda Nabi Muhammad SAW. Karena pada hakikatnya orang yang membaca Al-Qur’an itu sedang bercakap-cakap dengan Allah. Al-Qur’an itu bisa melembutkan hati dan meneranginya, maksudnya, hati lembut untuk dimasuki petunjuk atau peringatan mau menerima dan merasa puas, mudah sadar dan insaf, merendah diri. Berbeda lagi jika hatinya keras tidak dapat menerima nasihat, menentang dan membantah.

 

Berikut keutamaan bagi orang yang membaca dan mendengarkan Al-Qur’an, yaitu sebagai berikut:

1) Mendapatkan kebaikan disisi Allah SWT Setiap muslim yang beriman pasti memiliki keinginan untuk menjadi hamba yang terbaik disisi Allah nanti, dan posisi itu bisa diraih oleh seorang muslim dengan jalan mengisi kehidupannya dengan lantunan-lantunan ayat-ayat suci Allah SWT.

2) Mendapat rizki yang barokah Senantiasa membaca Al-Qur’an menjadi sebab Allah menurunkan rizki yang melimpah serta menjadikan rizki kita menjadi barokah. Rizki bukan hanya dipandang dari segi ekonomi tetapi juga kesehatan dan kesempatan merupakan rizki pemberian dari Allah SWT

3) Mendapat ketenangan hati dan jiwa Seseorang yang dalam kesehariannya selalu mengingat Allah baik mengucap takbir, tasbih, istigfar, maupun membaca Al-Qur’an dapat membuat jiwa bersih membuat moral kita baik.

4) Sebagai sumber Ilmu Sumber ilmu yang paling penting bagi umat Islam adalah Al- Qur’an. Kecemerlangan tidak dapat dipisahkan dari Al-Qur’an karena Al-Qur’an adalah petunjuk


Keunggulan Al Quran Versi Pdf Sarana Untuk Tadarus ini adalah dapat diperbesar sehingga dapat menghindari kesalahan dalam membaca Al Quran. Silahkan Anda download atau cukup langsung membaca Al Quran secara online di halaman blog ini..






Silahkan dibagikan link blog ini, klik Facebook yang ada di bawah  atau diakhir posting ini, jika akan membagikan lewat facebook. Klik Twitter jika akan membagikan melalui twitter, atau klik WA jika akan membagikan melalui whatsapp semoga jadi amal jariah bagi Bapak/Ibu yang berkenan membagikannya.




= Baca Juga =



No comments

Powered by Blogger.