PANDUAN CARA MENGOPERASIKAN CHROMEBOOK SECARA OFFLINE

Panduan Cara Mengoperasikan Chromebook secara offline


Panduan Cara Mengoperasikan Chromebook secara offline. Chromebook dapat dioperasikan baik secara online maupun offline. Untuk memanfaatkan Chromebook secara offline, akun pengguna terdaftar di perangkat dan sudah sinkron dengan akun Google. Sinkronisasi akun Google dengan perangkat sangat diperlukan untuk mengaktifkan aplikasi-aplikasi yang diperlukan pada saat pengguna melakukan login. Pengguna tamu tidak dapat mengakses beberapa aplikasi dan layanan. Meskipun tidak terhubung ke jaringan internet, pengguna tetap dapat melakukan berbagai hal menggunakan Chromebook seperti mengecek email, mengakses media pembelajaran dari media penyimpanan lokal (harddidk, flashdisk, micro SD) dan mengakses file-file pembelajaran dari komputer lain melalui jaringan lokal.

 

Berikut ini Langkah-langkah atau Panduan Cara Mengoperasikan Chromebook secara offline

 

1. Booting dan Login

Salah satu keuntungan ketika memiliki akun Gmail adalah dengan dilengkapinya fasilitas penyimpanan berbasis awan (cloud) dengan kapasitas 15 GB dalam versi gratisnya dan bisa di-upgrade sesuai kebutuhan pengguna dengan cara membayar.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk Login ke Chromebook menggunakan Akun Google.

a. Tekan tombol power untuk menyalakan Chromebook, lalu akan      terlihat tampilan logo Chrome pada saat proses booting

b. Pilih salah satu akun yang tampil di layar. Lalu ketikkan kata sandi     yang sesuai.

 

Login ke perangkat Chromebook juga bisa dilakukan tanpa menggunakan Akun Google, yaitu dengan memilih “Login as Guest” atau “Masuk Sebagai Tamu”, caranya sebagai berikut :

a. Pada desktop pilih “Login Sebagai Tamu” pada menu di kiri bawah

b. Maka secara otomatis perangkat akan mengarahkan ke halaman      khusus

Dengan “Login Sebagai Tamu” pada Chromebook, maka akses  untuk menggunakan fungsi-fungsi di perangkat akan sangat terbatas, dan penjelajahan di browser Chromebook tidak akan pernah disimpan, termasuk file yang di-download maupun bookmark yang telah dibuat.

 

2  Mengakses media pembelajaran dari eksternal drive

Sumber pembelajaran selain dapat diakses melalui jaringan internet, bisa juga berupa file-file yang disimpan di media penyimpanan eksternal seperti micro SD dan flashdisk. File pembelajaran dari penyimpanan eksternal tersebut dapat diakses secara offline. Sama dengan komputer yang menggunakan Sistem operasi selain Chrome OS pada umumnya, file-file yang tersimpan pada eksternal drive dapat diakses secara Plug and Play pada Chromebook secara offline.

a.  Mengakses File pada Micro SD

1. Masukkan Micro SD pada port yang tersedia pada Chromebook.

2. Buka “File Saya” pada menu “Peluncur” dan arahkan pada drive dari Micro SD tersebut

b. Mengakses File pada USB Drive (USB Flash Disk)

 1. HubungkanUSB Flash Disk pada port yang disediakan oleh Chromebook.

 

2. Buka “File Saya” pada menu “Peluncur” dan arahkan pada USB Drive.

     

3  Akses Media Pembelajaran Melalui Jaringan Intranet

Mengakses file atau media Pembelajaran pada Chromebook tidak selalu harus menggunakan jaringan internet, tetapi bisa juga mengakses sumber belajar terdapat di jaringan intranet (LAN). Dalam hal ini jaringan intranet yang dimaksud adalah penggunaan jaringan wireless LAN pada Chromebook.

 

Chromebook harus dihubungkan terlebih dahulu dengan computer lain baik melalui jaringan wireless LAN. Komputer lain tersebut bisa berupa komputer server maupun komputer workstation yang dijadikan tempat penyimpanan file-file media pembelajaran yang akan dibagikan secara offline (menggunakan wireless LAN). Adapun cara mengkoneksikan dengan komputer lain bisa menggunakan mode Ad-Hoc (diatur pada komputer) ataupun mode infrastruktur (pada wireless router/Access Point).

 

Untuk mengakses file-file yang telah dibagikan dalam jaringan intranet, maka harus mengaktifkan dan mengatur fitur “SMB File Share” pada Chromebook. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

          Pastikan Chromebook telah terhubung ke dalam jaringan intranet yang telah dibuat dan diatur dari komputer lain (mode Ad-Hoc) ataupun wireless router (mode infrastruktur).

          Buka “File Saya” pada menu “Peluncur”.

          Pilih simbol titik tiga pada bagian kanan atas, kemudian pilih “Tambahkan layanan baru”.

          Kemudian pilih “SMB File Share”.

          Isikan Url berbagi file (yakni smb://alamat IP address dari jaringan intranet/nama folder).

          Isikan nama yang ditampilkan, nama pengguna, dan sandi (hal ini opsional dan bisa diisikan sesuai keinginan).

          Pilih tambahkan.

          Setelah itu maka “folder yang dibagikan” akan terlihat di daftar folder dan siap untuk diakses.

          Pengguna Chromebook dapat menambah folder lain yang ingin diakses dengan cara yang sama dengan langkah-langkah di atas.

 

4  Mencetak Secara Offline

Printer bisa langsung dihubungkan ke Chromebook dengan menggunakan kabel USB yang tersedia pada printer. Berikut adalah langkah-langkahnya, yaitu:

          Hubungkan kabel USB pada printer ke port USB yang terdapat pada Chromebook.

          Nyalakan printer dengan menekan tombol “Power”, ketika ada notifikasi untuk menghubungkan printer tersebut.

          Sistem akan mendeteksi printer yang terhubung. Jika driver printer yang terhubung belum tersedia, silakan download di Playstore.

          Buka dokumen yang akan dicetak, kemudian pilih menu “print”.

          Pilih printer yang sudah diinstal pada Chromebook, kemudian klik “print”.

 

Mengetahui lebih lengkap tentang Panduan Cara Mengoperasikan Chromebook secara offline. Silahkan download modul Panduan Cara Mengoperasikan Chromebook secara offline, melalui link yang tersedia di bawah ini.

 



Link download

 

Demikian informasi tentang Panduan Cara Mengoperasikan Chromebook secara offline. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



1 comment:

Powered by Blogger.