LATIHAN SOAL PAT KELAS 2 SD TAHUN 2022 KURIKULUM 2013

Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Tahun 2021-2022


Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 2 SD Tahun 2022 Kurikulum 2013. Apa itu PAT ? Dalam buku itu, penilaian hasil belajar oleh pendidik penilaian terdiri dari pelaksanaan penilaian harian (PH) dan penilaian tengah semester (PTS). Sedangkan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan (sekolah) dilakukan dalam bentuk penilaian akhir semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), dan ujian sekolah (US).

 

Penilaian Harian (PH, sebelumnya disebut Ulangan Harian/UH) adalah proses pengumpulan dan peng­olahan informasi hasil belajar peserta didik yang digunakan untuk menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi dan memperbaiki proses pem­belajaran (assessment as dan for learning), dan mengetahui tingkat penguasaan kompetensi serta menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi (assessment of learning).

 

Penilaian Tengah Semester (PTS, sebelumnya disebut Ulangan Tengah Semester/UTS) adalah penilaian yang dilaksa­nakan pada pekan ke­-8 atau ke­-9 dalam satu semester. Adapun materi PTS meliputi semua KD yang sudah dipelajari sampai dengan pekan ke­-7 atau ke­-8.

 

Penilaian Akhir Semester (PAS, sebelumnya disebut Ulangan Akhir Semester/UAS) adalah penilaian yang dilaksa­nakan pada akhir semester gasal dengan materi semua KD pada semester tersebut.

  

Penilaian Akhir Tahun (PAT, sebelumnya disebut Ulangan Kenaikan Kelas/UKK) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semes­ter genap.

 

Ayo belajar sebentar lagi akan menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT). Sebagaimana diketahui PAT merupakan penilaian akhir semester genap sebagai bagian dari proses belajar. Penilaian akhir tahun ajaran ini juga sebagai salah satu syarat menentukan kenaikan kelas siswa.Kegiatan Penilaian Akhir Tahun bisa dilakukan Dalam Jaringan (PAT Daring). Adapun Peserta peserta  Penilaian Akhir Tahun untuk jenjang SD adalah: 1) Peserta didik ke!as I sampal kelas V; 2) Duduk di semester Genap dan telah menyelesalkan seluruh program pembelajaran

 

Adapun tujuan didakan kegiatan Penilaian Akhir Tahun PAT Kelas 2 SD/MI pada umumnya bertujuan: 1)  Mengukur pencapaian standar kompetensi sesuai Kurikulum Satuan Pendidikan masing-masing sekolah. 2) Sebagai salah satu pertimbangan penentuan kenaikan kelas peserta didik pada satuan pendidikan. 3) Perbaikan proses pembelajaran dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.

 

Sebelum dibagikan contoh atau Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Tahun 2021-2022, berikut ini tips sukses menghadapi Soal PAT Kelas 1 SD Tema 5 Kurikulum 2013, antara lain.

1. Jangan malas belajar

Terdapat cukup banyak hambatan-hambatan siswa untuk belajar. Faktor utamanya adalah rasa malas. Ya, malas untuk belajar, memahami, menghafal atau bahkan hanya sekedar membaca! Akibatnya, belajar hanya jadi janji manis belaka. “Nanti saja, belajarnya. Sekarang mandi dulu, makan dulu, mengerjakan ini itu dulu, bermain dulu.” Akhirnya, smartphone mulai berbicara. Bukannya materi belajar, tapi justru media sosial, game dan berbagai hasil searching lain yang akhirnya bergoyang-goyang di depan mata.

Tidak ada yang bisa menyingkirkan rasa malas ini selain diri sendiri. Melalui pola pikir sukses yang kuat, kalian seharusnya mampu melawan kemalasan. Beranjaklah dari zona nyaman, dan mulai belajar dari materi yang paling mudah. Abaikan dulu media sosial, game, janjian untuk hang out atau keperluan-keperluan lain yang tak begitu penting.

 

2.  Gunakan waktu untuk belajar dan berlatih soal

Gunakan waktu untuk belajar dan berlatih soal. Memahami dan menghafal materi saja tidak akan membuahkan hasil yang memuaskan, jika tidak diimbangi dengan latihan. Banyak-banyaklah mengerjakan latihan soal untuk mempersiapkan diri sebelum ujian. Manfaatnya banyak. Pertama, untuk membiasakan otak berpikir lebih keras dalam mengerjakan soal-soal. Kedua, sebagai simulasi saat ujian. Jadi, biasakan untuk mengerjakan soal dengan deadline waktu persis seperti saat ujian. Ketiga, untuk memperkaya diri dengan berbagai model soal beserta penyelesaiannya. Sehingga saat ujian berlangsung, kita menjadi lancar mengerjakan karena sudah menguasai model soal yang sama sebelumnya.

 

 

3. Jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua

Berdoa dan restu orang tua adalah cara yang paling bisa diandalkan setiap saat. Jika sudah mempersiapkan semua yang kalian mampu, maka tarik nafas, pejamkan mata dan mulai berdoalah. Karena perjuangan tanpa doa juga bisa berujung sia-sia, keduanya harus seimbang!

 

Bagi yang membutuhkan contoh atau Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Tahun 2021-2022, bisa di download melalui link yang tersedia di bawah ini.


Contoh atau Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 2 (II) SD Tema 5 Kurikulum 2013 (disini)

Contoh atau Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 2 (II) SD Tema 6 Kurikulum 2013 (disini)

Contoh atau Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 2 (II) SD Tema 7 Kurikulum 2013 (disini)

Contoh atau Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 2 (II) SD Tema 8 Kurikulum 2013 (disini)

 

Demikian informasi tentang contoh atau Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya, selamat belajar.

 



1 comment:

  1. Terima kasih telah berbagi soal PAT Kelas 2 SD. Soal-soalnya mantap bro, luar biasa dan sangat bermanfaat. Ditunggu update info lainnya. Salam dari guru-guru di Minang

    ReplyDelete

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.