LATIHAN SOAL PAT KELAS 3 SD KURIKULUM 2013 TAHUN 2021 - 2022

Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Tahun 2021-2022


Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Tahun 2021-2022. Di sekolah kita mengenal istilah PAS PAT US dan UH. Apa itu maksudnya ? Penilaian Akhir Tahun (PAT, sebelumnya disebut Ulangan Kenaikan Kelas/UKK) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semes­ter genap. Sedangkan Penilaian Akhir Semester (PAS, sebelumnya disebut Ulangan Akhir Semester/PAT) adalah penilaian yang dilaksa­nakan pada akhir semester gasal dengan materi semua KD pada semester tersebut.

 

Selain istilah tersebut penilaian harian (PH) dan penilaian tengah semester (PTS). Penilaian Harian (PH, sebelumnya disebut Ulangan Harian/UH) adalah proses pengumpulan dan peng­olahan informasi hasil belajar peserta didik yang digunakan untuk menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat pengPATaan kompetensi dan memperbaiki proses pem­belajaran (assessment as dan for learning), dan mengetahui tingkat pengPATaan kompetensi serta menetapkan ketuntasan pengPATaan kompetensi (assessment of learning). Sedangkan Penilaian Tengah Semester (PTS, sebelumnya disebut Ulangan Tengah Semester/UTS) adalah penilaian yang dilaksa­nakan pada pekan ke­-8 atau ke­-9 dalam satu semester. Adapun materi PTS meliputi semua KD yang sudah dipelajari sampai dengan pekan ke­-7 atau ke­-8.

  

Ayo belajar sebentar lagi akan menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT). Ulangan dalam bentuk PAT bisa dilakukan Dalam Jaringan (PAT Daring atau Online, bisa juga secara tertulis.  Sebagaimana diketahui PAT merupakan penilaian akhir semester genap sebagai bagian dari proses belajar. Penilaian akhir tahun ajaran ini juga sebagai salah satu syarat menentukan kenaikan kelas siswa.Kegiatan Penilaian Akhir Tahun bisa dilakukan Dalam Jaringan (PAT Daring).

 

Adapun Peserta peserta  Penilaian Akhir Tahun untuk jenjang SD adalah: 1) Peserta didik ke!as I sampal kelas V; 2) Duduk di semester Genap dan telah menyelesalkan seluruh program pembelajaran. Kegiatan Penilaian Akhir Tahun PAT Kelas 3 SD/MI ini pada umumnya bertujuan: 1)  Mengukur pencapaian standar kompetensi sesuai Kurikulum Satuan Pendidikan masing-masing sekolah. 2) Sebagai salah satu pertimbangan penentuan kenaikan kelas peserta didik pada satuan pendidikan. 3) Perbaikan proses pembelajaran dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.

 

Sebelum dibagikan contoh atau Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Tahun 2021-2022, berikut ini tips sukses menghadapi Soal PAT Kelas 3 SD Tema 5 Kurikulum 2013, antara lain.

1. Ulang Materi yang Tidak Kamu Pahami

Setelah mendapatkan kisi-kisi, pastinya kamu bisa melihat materi-materi mana yang paling tidak kamu pahami. Sebaiknya, mulailah belajar dari yang kamu tidak pahami terlebih dahulu agar kamu bisa lebih gampang untuk belajar ke depannya. Tandai materi-materi yang sudah kamu pelajari di catatan atau kertas kisi-kisi materi ujian yang sudah ada, agar kamu bisa mengingat materi mana yang sudah kamu pahami.

 

2. Belajar harus secara rutin

Banyak siswa yang berpendapat bahwa Sistem Kebut Semalam atau SKS adalah sistem yang sangat efektif untuk belajar satu malam. Ya, memang sistem ini efektif untuk satu dua hari, namun setelahnya, kamu akan melupakan pelajaran yang sudah kamu pelajari. Selain itu, kamu akan dipaksa untuk begadang satu malam penuh demi belajar untuk ujian esok harinya. Meskipun efektif, namun badanmu tidak akan kuat kalau harus dipaksa seminggu penuh melakukan SKS. Bukannya malah lulus ujian, tapi malah sakit. Tidak enak kan?

3 Persiapan Penting PAT yang Bikin Kamu Lancar Ngerjain Soalnya

Bertanya kepada guru bukan hal yang salah kok! Daripada nanti di rumah kamu kebingungan belajarnya bagaimana, lebih baik kamu bertanya kepada guru mengenai materi yang tidak kamu pahami. Tentunya, hal ini harus kamu lakukan bila gurumu sedang memiliki waktu untukmu, jangan sampai kamu mendadak masuk ke ruang guru hanya untuk bertanya mata pelajaran yang kamu tidak pahami. Bisa-bisa kamu dilirik sama satu ruang guru karena hal itu tidak sopan.

 

4. Baca Buku Latihan Soal-soal

Latihan soal-soal juga penting untuk ujian, namun kamu tidak harus membeli buku-buku tersebut setiap kali ujian datang lho! Yah, hitung-hitung menghemat pengeluaran, kamu bisa datang ke perpustakaan sekolahmu untuk pinjam buku latihan soal-soal. Kalau tidak mau pinjam, kamu bisa berlatih soal-soal di tempat saat sedang istirahat siang.

 

5. Belajar Bersama Teman Lebih Menyenangkan

Kalau kamu bosan belajar sendirian, coba deh untuk ajak teman-teman kamu belajar bersama. Dengan belajar bersama, kamu akan memiliki beberapa orang yang bisa kamu tanyai kalau kamu tidak paham dengan materi tertentu.

 

6. Berdoa

Hal satu ini tidak boleh kamu lupakan, lho, Quipperian! Kamu harus selalu berdoa agar semua kegiatanmu dimudahkan, termasuk saat ujian.

 

Itulah 6 tips yang bisa kamu lakukan agar kamu lebih siap menghadapi PAT-mu. Bagi kamu yang sudah kepepet dengan PAT, coba deh untuk belajar bareng banyak teman. Pokoknya, jangan sampai kamu mencoba SKS tapi malah sakit di kemudian hari, ya! Bagi yang membutuhkan contoh atau Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Tahun 2021-2022, bisa di download melalui link yang tersedia di bawah ini.


Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 3 Tema 5 SD  MI Kurikulum 2013 tahun 2021-2022 (disini)

Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 3 Tema 6 SD  MI Kurikulum 2013 tahun 2021-2022 (disini)

Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 3 Tema 7 SD  MI Kurikulum 2013 tahun 2021-2022 (disini)

Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 3 Tema 8 SD  MI Kurikulum 2013 tahun 2021-2022 (disini)


Demikian informasi tentang contoh atau Latihan Soal dan Kunci Jawaban Soal PAT Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Tahun 2021-2022. Semoga ada manfaatnya, selamat belajar.




No comments

Powered by Blogger.