DOWNLOAD MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 10 (X) 11 (XI) DAN 12 (XII) SMA SMK

Download Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 (X) 11 (XI) dan 12 (XII) SMA MA SMK


Download Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 (X) 11 (XI) dan 12 (XII) SMA MA SMK.  Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang memegang peran penting dalam mempercepat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Matematika tidak diragukan lagi merupakan salah satu puncak kegiatan alam pikir manusia. Perhitungan matematis menjadi dasar teknologi sebagai ilmu terapan ilmu alamiah. Ciri utama matematika adalah suatu cara dalam penalaran (reasoning).

 

Pembelajaran matematika merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang untuk berpikir kritis terhadap masalah matematis. Dalam pembelajaran matematika seseorang harus memiliki penalaran yang tinggi. Karakteristik pembelajaran matematika disekolah sebagaibberikut: 1) Pembelajaran matematika berjenjang (bertahap).  Materi pembelajaran diajarkan secara berjenjang atau bertahap, yaitu dari hal konkrit ke abstrak, hal yang sederhana ke kompleks, atau konsep mudah ke konsep yang lebih sukar. 2) Pembelajaran matematika mengikuti metoda spiral. Setiap mempelajari konsep baru perlu memperhatikan konsep atau bahan yang telah dipelajari sebelumnya. Bahan yang baru selalu dikaitkan dengan bahan yang telah dipelajari. Pengulangan konsep dalam bahan ajar dengan cara memperluas dan memperdalam adalah perlu dalam pembelajaran matematika. 3) Pembelajaran matematika menekankan pola pikir deduktif. Matematik adalah deduktif, matematika tersusun secara deduktif aksiomatik. Namun demikian harus dapat dipilihkan pendekatan yang cocok dengan kondisi siswa. Dalam pembelajaran belum sepenuhnya menggunakan pendekatan deduktif tapi masih campur dengan deduktif. 4) Pembelajaran matematika menganut kebenaran konsistensi. Kebenaran-kebenaran dalam matematika pada dasarnya merupakan kebenaran konsistensi, tidak bertentangan antara kebenaran suatu konsep dengan yang lainnya. Suatu pernyataan dianggap benar bila didasarkan atas pernyataan-pernyataan yang terdahulu yang telah diterima kebenarannya.

 

Sebelum Admin membagikan link Download Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 (X) 11 (XI) dan 12 (XII) SMA MA SMK. Terlebih dahulu apa itu tujuan mempelajari matematika di SMA SMK. Mata pelajaran matematika di SMA SMK bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut: 1) Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah. 2) Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan  matematika. 3) Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. 4) Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah; 5) Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

 

Apa saja Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika SMA/MA dan SMK ? Ruang lingkup mata pelajaran matematika untuk SMA/MA dan SMK adalah sebagai berikut:1) Pengukuran dan geometri. Menggunakan sifat dan aturan dalam menentukan posisi, jarak, sudut, volum, dan transformai dalam pemecahan masalah; 2) Peluang dan Statistika, antara lain terkait  menyusun dan menggunakan kaidah pencacahan dalam menentukan banyak kemungkinan, menentukan dan menafsirkan peluang kejadian majemuk, dan menyajikan dan meringkas data dengan berbagai cara dan memberi tafsiran; 3) Trigonometri, yakni menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah, menggunakan manipulasi aljabar untuk merancang/menyusun bukti; 4) Aljabar, yakni menggunakan operasi dan manipulasi aljabar dalam pemecahan masalah yang beraitan dengan: bentuk pangkat, akar, logaritma, persamaan dan fungsi komposisi dan fungsi invers. Menncakup juga menyusun/menggunakan persamaan lingkaran dan garis singgungnya, menggunakan algoritma pembagian, teorema sisa, dan teorema faktor dalam pemecahan masalah, merancang dan menggunakan model matematika program linear, menggunakan sifat dan aturan yang berkaitan dengan barisan, deret, matriks, vektor, transformasi, fungsi eksponen, dan logaritma dalam pemecahan masalah; 5) Kalkulus, yakni menggunakan konsep limit fungsi, turunan, dan integral dalam pemecahan masalah.

 

Untuk membantu pelaksanaan pembelajaran matematika di SMA MA SMK saat ini sudah terdapat Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 (X) 11 (XI) dan 12 (XII) SMA SMK. Modul ini sangat lengkap karena disusun sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 yang harus diajarkan di SMA SMK.  Terdapat 10 buah Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 (X) SMA SMK, 10 Modul Pembelajaran Matematika Kelas 11 (XI) SMA SMK, dan 4 Modul Pembelajaran Matematika Kelas 12 (XII) SMA SMK.

 

Adapun 10 buah Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 (X) SMA SMK, yakni 1) Modul KD 3.1. Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar lainnya dan KD 4.1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variable. 2) Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 10 (X) KD 3.2. Menjelaskan dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel dan KD 4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel. 3) Modul KD 3.3. Menyusun sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual dan 4.3. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variable; 4) Modul 3.4. Menjelaskan dan menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan dua variabel (linearkuadrat dan kuadrat-kuadrat) dan KD 4.4. Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat. 5) Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.5. Menjelaskan dan menentukan fungsi (terutama fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal yang meliputi notasi, daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya dan KD 4.5. Menganalisa karakteristik masing – masing grafik (titik potong dengan sumbu, titik puncak, asimtot) dan perubahan grafik fungsinya akibat transformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb. 6) Modul KD 3.6. Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi invers pada fungsi invers serta sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya dan KD4.6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi komposisi dan operasi invers suatu fungsi. 7) Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 10 (X) KD 3.7. Menjelaskan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku dan KD 4.7. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku. 8) Modul KD 3.8. Menggeneralisasi rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudutsudut berelasi dan KD 4.8. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudutsudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi; 9) Modul 3.9. Menjelaskan aturan sinus dan cosinus dan KD 4.9. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan sinus dan cosinus. 10) Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 10 (X) KD 3.10. Menjelaskan fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan dan KD 4.10. Menganalisa perubahan grafik fungsi trigonometri akibat perubahan pada konstanta pada fungsi y = a sin b(x + c) + d.

 

Ada 10 buah Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI) yakni: 1) Modul KD 3.1 Menjelaskan metode pembuktian Pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagiaan dengan induksi matematika dan KD 4.1 Menggunakan metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagiaan. 2) Modul KD 3.2 Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual dan KD 4.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel; 3) Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI) KD 3.3 Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah kontekstual dan melakukan operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, dan perkalian, serta transpose dan KD 4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya. 4) Modul Pembelajaran Matematika Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.4 Menganalisis sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3 dan KD 4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3. 5) Modul KD 3.5 Menganalisis dan membandingkan transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan matriks dan KD 4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri (translasi); 6) Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI)  KD 3.6 Menggeneralisasi pola bilangan dan jumlah pada barisan Aritmetika dan Geometri dan KD 4.6 Menggunakan pola barisan aritmetika atau geometri untuk menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual (termasuk pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan anuitas)refleksi, dilatasi dan rotasi); 7) Modul KD 3.7 dan KD 4.7; 8) Modul KD 3.8 dan KD 4.8; 9) Modul KD 3.9 dan KD 4.9; Modul KD 3.10 dan KD 4.10.

 

Sedangkan 4 buah Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 12 (XII) yakni: 1) modul KD 3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang) dan KD 4.1 Menentukan jarak dalam ruang; 2) Modul Pembelajaran Matematika Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.2 Menentukan dan menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram dan KD 4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang); 3) Modul Pembelajaran Matematika Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.3 Menganalisis aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui masalah kontekstual dan KD 4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi); 4) Modul KD 3.4 Mendeskripsikan dan menentukan peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak, dan KD 4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat).

 

Bagi Anda yang membutuhkan Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 (X) 11 (XI) dan 12 (XII) SMA SMK silahkan download melalui link download yang tersedia di bawah ini

 

Link Download Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 (X) SMA SMK ---disini

 

Link Download Modul Pembelajaran Matematika Kelas 11 (XI) SMA SMK ---disini

 

Link Download Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 12 (XII) ---disini

 

Demikian informasi tentang Link Download Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 (X) 11 (XI) dan 12 (XII) SMA MA SMK. Semoga ada manfaatnya terutama untuk membantu Bapak/Ibu guru yang sedang melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) karena suasana masih dalam Pandemi Covid-19. Terakhir admin mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bapak/Ibu maupun para siswa SMA SMK di blog ini.




= Baca Juga =



No comments

Powered by Blogger.