MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 10 (X), 11 (XI), 12 (XII) SMA SMK

Download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 10 (X), 11 (XI), 12 (XII) SMA SMK


Download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 10 (X), 11 (XI), 12 (XII) SMA SMK. Modul pembelajaran adalah suatu unit yang lengkap yang berdiri sendiri dan terdiri atas suatu rangkaian kegiatan belajar yang disusun untuk membantu peserta didik mencapai sejumlah tujuan yang dirumuskan secara khusus dan jelas. Modul pembelajaran merupakan alat atau sarana pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi/subkompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik.

 

Modul Pembelajaran untuk PJJ Bahasa Indonesia SMA SMK Kelas 10 (X), 11 (XI), 12 (XII) meruakan bahan ajar yang disusun dengan tujuan : 1) Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (tanya jawab); 2) Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera, baik bagi peserta didik maupun dosen/instruktur; 3) Dapat digunakan secara tepat dan bervariasi dalam proses belajar mengajar (PBM), seperti pembelajaran jarak jauh, pembelajaran luring dan sebagainya; 4) Meningkatkan motivasi dan gairah belajar peserta didik; 5) Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berinteraksi langsung dengan lingkungannya dan sumber belajar lainnya; 6) Memungkinkan peserta didik belajar mandiri sesuai kemampuan dan minatnya; 7) Memungkinkan peserta didik dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya (self assesment).

 

Adapun digunakan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 10 (X), 11 (XI), 12 (XII) SMA SMK dalam proses belajar mengajar baik dengan moda PJJ atau  reguler (tata muka) adalah agar tujuan pembelajaran bisa dicapai oleh peserta didik secara efektif dan efisien. Pada para peserta didik dapat mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan oleh guru, peserta didik lebih banyak belajar mandiri dan dapat mengetahui hasil belajar sendiri dengan demikian tujuan modul adalah : (a) peserta didik dapat belajar secara tanpa atau dengan bimbingan guru dengan kata lain siswa dapat belajar secaara mandiri, (b) Agar guru tidak dominan dan otoriter dalam proses pembelajaran dalam pembelajaran menjadi sarana pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, (c) Melatih kejujuran peserta didik dalam membahas tugas/penilaian harian yang terdapat dalam modul pembelajaran, (d) Mengakomodasi berbagi tingkat dan kecepatan belajar peserta didik dengan adanya modul dapat mengetahui tingkat kepahaman peserta didik jika belum jelas maka guru akan membahas dan menjelaskan agar peserta didik lebih mudah memahami, (e) Agar peserta didik mampu mengukur sendiri tingkat penugasan materi yang telah dipelajari mengukur  kemampuan peserta didik sendiri sejauh mana peserta didik dapat memahami materi dan dapat belajar dengan tuntas.

 

Seperti halnya dengan modul lainnya terbitan Direktorat PSMA Kemendikbud, Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA SMK Kelas 10 (X), 11 (XI), 12 (XII) telah memenuhi ciri-ciri atau kriteria modul secara umum, yakni: pertama Self Instructional, yakni mampu membuat siswa belajar secara mandiri. Melaui modul siswa mampu belajar secara mandiri. Untuk memenuhi karakter dalam Self Instructional, maka dalam modul harus terdapat: (1) Berisi tujuan pembelajaran yang dirumuskan dengan jelas dalam modul sehingga dapat memeperjelas siswa dalam memahami proses pembelajaran. (2) Isi materi pembelajaran yang terdapat di dalam modul dikemas ke dalam unit-unit kecil/spesifik sehingga memudahkan siswa dalam kegiatan belajar siswa dapat secara tuntas untuk mendapatkan nilai maksimal. (3) Menyediakan sebuah contoh dan ilustrasi yang mendukung kejelasan pemaparan dalam materi dalam kegiatan pembelajaran yang terdapat di dalam modul. (4) Terdapat soal-soal latihan dalam setiap materi dindalamnya, tugas dan sejenisnya yang memungkinkan siswa merespond dan dapat mengukur tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang telah dipelajari. (5) Kontekstual merupakan materi-materi yang disajikan yang terdapat dalam modul yang terkait dengan suasana konteks tugas sesuai dengan materi yang telah di pelajari. (6) Menggunakan bahasa yang komunikatif agar siswa dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan dalam modul tersebut. (7) Terdapat rangkuman materi pembelajaran untuk siswa agar mempermudah siswa dalam mengingat materi apa yang telah dipelajari dalam modul.(8) Terdapat instrumen penilaian/assessment, yang berguna untuk evaluasi dalam pengukur kegiatan belajar siswa. (9) Terdapat instrument yang dapat digunakan untuk mengukur atau mengevaluasi tingkat penguasaan materi yang telah dipelajari. (10) Terdapat umpan balik atas penilaian, sehingga siswa mengetahui tingkat penguasaan materi yang telah dipelajari, dan tersedia informasi tentang pengayaan atau referensi yang mendukung materi pembelajaran.

 

Kedua Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA SMK Kelas 10 (X), 11 (XI), 12 (XII) memenuhi Self Contained, yaitu keseluruhan materi pembelajaran dari satu unit kompetensi atau sub kompetensi pembelajaran yang dipelajari terdapat di dalam satu modul secara kesatuan yang utuh. Tujuan dari konsep ini adalah memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempelajari materi pembelajaran secara tuntas dan mendapatkan nilai secara maksimal, karena materi dikemas ke dalam satu kesatuan yang utuh yang mempermudah siswa untuk mempelajari materi pembelajaran.

 

Ketiga, Stand Alone (Berdiri Sendiri), yang berati bahwa Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA SMK Kelas 10 (X), 11 (XI), 12 (XII)  ini dikembangkan tidak tergantung kepada suatu media lain atau tidak harus menggunakan bersama-sama dengan media pembelajaran yang lainya. Dengan menggunakan modul, siswa tidak tergantung pada media pembelajaran dan harus menggunkan media yang lain untuk mempelajari suatu materi yang akan dipelajari dan atau mengerjakan tugas pada modul tersebut.

 

Dan keempat Adaptive, dalam artian Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 10 (X), 11 (XI), 12 (XII) SMA SMK ini mempunyai daya adaptive yang tinggi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi yang telah dikembangkan. Modul ini dikatakan adaptive karena modul ini dapat menyesuaikan perkembanganya dengan ilmu pengetahuan dan juga teknologi, serta fleksible untuk digunakan. Modul yang adaptive adalah jika isi materi pembelajaran dapat digunakan sampai dengan kurun waktu tertentu.

 

Kelima, Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA SMK Kelas 10 (X), 11 (XI), 12 (XII) bersifat User Frendly, dalam artian modul ini bersahabat dengan yang siswa. Setiap cara penggunaan dan paparan informasi yang terdapat didalam modul ditampil bersifat mudah untuk dipaha mi oleh siswa dan dapat membantu siswa dalam memahami isi materi yang disampaikan dalam modul tersebut dan bersahabat dengan siswa, termasuk kemudahan siswa dalam dalam merespon modul tersebut, mengaskes sesuai dengan materi yang keinginan. Penggunaan bahasa yang sangat sederhana dan mudah dimengerti oleh siswa serta menggunakan istilah yang secara umum digunakan agar siswa dapat dengan mudah memahami materi dalam modul tersebut merupakan salah satu bentuk user friendly agar mudah dipahami oleh siswa.

Penasaran dengan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA SMK Kelas 10 (X), 11 (XI), 12 (XII) ? Untuk kelas 10 SMA SMK saat ini sudah terdapat Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.1 dan KD 4.1; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.2 dan KD 4.2; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.3 dan KD 4.3; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.4 dan KD 4.4; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.4 dan KD 4.5; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.6 dan KD 4.6; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.7 dan KD 4.7; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.8 dan KD 4.8; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.9 dan KD 4.9; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.10 dan KD 4.10; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.11 dan KD 4.11; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.12 dan KD 4.12; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.13 dan KD 4.13; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.14 dan KD 4.14; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.15 dan KD 4.15; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.16 dan KD 4.16; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.17 dan KD 4.17; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.18 dan KD 4.18.

 

Untuk kelas 11 SMA SMK saat ini sudah terdapat 20 buah modul, yakni Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.1 dan KD 4.1; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.2 dan KD 4.2; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.3 dan KD 4.3; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.4 dan KD 4.4; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.4 dan KD 4.5; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.6 dan KD 4.6; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.7 dan KD 4.7; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.8 dan KD 4.8; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.9 dan KD 4.9; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.10 dan KD 4.10; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.11 dan KD 4.11; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.12 dan KD 4.12; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.13 dan KD 4.13; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.14 dan KD 4.14; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.15 dan KD 4.15; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.16 dan KD 4.16; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.17 dan KD 4.17; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.18 dan KD 4.18; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.19 dan KD 4.19; dan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.20 dan KD 4.20.

 

Untuk kelas 12 SMA SMK saat ini sudah Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.1 dan KD 4.1; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.2 dan KD 4.2; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.3 dan KD 4.3; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.4 dan KD 4.4; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.4 dan KD 4.5; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.6 dan KD 4.6; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.7 dan KD 4.7; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.8 dan KD 4.8; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.9 dan KD 4.9; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.10 dan KD 4.10; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.11 dan KD 4.11; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.12 dan KD 4.12; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.13 dan KD 4.13; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.14 dan KD 4.14; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.15 dan KD 4.15; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.16 dan KD 4.16; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.17 dan KD 4.17; Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.18 dan KD 4.18.

 

Berikut ini link Download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 10 (X), 11 (XI), 12 (XII) SMA SMK Silahkan diakses, bagi Anda yang membutuhkan baik sebagai sumber belajar ataupun sebagai media pembelajaran.

 

Link download Download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 10 (X) SMA SMK (disini)

 

Link download Download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 (XI) SMA SMK (disini)

 

Link download Download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK (disini)

 

Demikian informasi tentang Download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA SMK Kelas 10 (X), 11 (XI), 12 (XII). Semoga ada manfaatnya. Terima kasih atas kunjungannya.




= Baca Juga =



No comments

Powered by Blogger.