MODUL PEMBELAJARAN PJJ BAHASA INDONESIA KELAS 7, 8, 9 SMP MTS SEMESTER 1 (GANJIL)

Download Modul Pembelajaran PJJ Bahasa Indonesia Kelas 7, 8, 9 SMP MTs Semester 1 (ganjil)


Download Modul Pembelajaran PJJ Bahasa Indonesia Kelas 7, 8, 9 SMP MTs Semester 1 (ganjil). Modul pembelajaran merupakan satuan program belajar mengajar  yang terkecil, yang dipelajari oleh siswa sendiri secara perseorangan atau diajarkan oleh siswa kepada dirinya sendiri. Modul pembelajaran adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi, metode dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

 

Modul Pembelajaran PJJ Bahasa Indonesia Kelas 7, 8, 9 SMP MTs Semester 1 (ganjil). Modul ini dibuat untuk membantu pelaksanaan proses belajar mengajar Bahasa Indonesia terutama di masa pandemi covid-10. Sebagaimana diketahui pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Jadi pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan sebuah upaya untuk mengarahkan peserta didik sehingga terampil berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia, baik itu secara lisan maupun tulisan, serta baik dalam situasi formal maupun informal.

 

Dalam pembelajaran bahasa Indonesia ada 4 aspek yang menjadi ruang lingkup dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu: a) Keterampilan Menulis. Aktivitas menulis merupakan suatu bentuk menifase kamampuan dan keterampilan berbahasa yang paling akhir dikuasai oleh pembelajaran bahasa setelah kemampuan mendengarkan, berbicara, dan membaca. Dibandingkan dengan tiga kemampuan berbahasa yang lain, kemampuan menulis lebih sulit dikuasai; b) Keterampilan Membaca. Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi yang disampaikan secara verbal dan merupakan hasil ramuan pendapat, gagasan, teori-teori, hasil penelitian para ahli untuk diketahui dan menjadi pengetahuan siswa. Kemudian pengetahuan tersebut dapat diterapkan dalam berfikir, menganalisis, bertindak, dan dalam pengambilan keputusan; c) Keterampilan Menyimak. Mendengarkan atau menyimak adalah keterampilan memahami bahasa lisan. Dengan demikian, mendengarkan di sini berarti bukan hanya sekedar mendengarkan bunyibunyi bahasa melainkan sekaligus memahaminya. Mendengarkan merupakan proses ketika gelombanggelombang suara mengenai gendering telinga dan menyebabkan sejumlah getaran yang ditransformasikan ke otak. Menyimak tidak bekerja secara otomatis tetapi merupakan sebuah proses yang mencakup perhatian selektif dan pemaknaan; d) Keterampilan Berbicara. Keterampilan berbicara merupakan megungkapkan gagasan bahasa lisan. Ketika seorang pembelajar sedang berbicara harus memperhatikan siapa lawan bicaranya, bagaimana situasinya, kapan dan dimana dia berbicara, apa pokok masalah yang dibicarakan, ragam bahasa yang harus digunakan, bagaimana pranata sosial budayanya, dan sebagainya. Disamping itu, yang perlu mendapat perhatian ketika mengajarkan keterampilan berbicara adalah apa yang dikatakan dan bagaimana cara mengatakannya

 

Modul Pembelajaran atau  Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas 7, 8, 9 SMP MTs Semester 1 (ganjil) ini telah disusun sesuai KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP. Adapun  yang dimaksud KI adalah Kompetensi Inti Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik SMP/MTs pada setiap tingkat kelas. Kompetensi inti dirancang untuk setiap kelas. Melalui kompetensi inti, sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula.

 

Adapun Kompetensi dasar pada Kurikulum 2013 SMP/MTs berisi kemampuan dan muatan pembelajaran untuk mata pelajaran pada SMP/MTs yang mengacu pada Kompetensi Inti. Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai Kompetensi Inti. Rumusan Kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kemampuan peserta didik, dan kekhasan masing-masing mata pelajaran. Kompetensi dasar untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan meliputi empat kelompok sesuai dengan pengelompokan Kompetensi Inti sebagai berikut: a) Kelompok 1: kelompok KD sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1; b) Kelompok 2: kelompok KD sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2; c) Kelompok 3: kelompok KD pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; d) Kelompok 4: kelompok KD keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.  Adapun untuk mata pelajaran selain Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, seperti dalam Mapel Bahasa Indonesia maka kompetensi dasar yang dikembangkan terdiri atas dua kelompok,yaitu kelompok kompetensi dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3 dan kelompok kompetensi dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.

 

Bagi Bapak/Ibu yang membutuhkan Modul Pembelajaran atau Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas 7, 8, 9 SMP MTs Semester 1 (ganjil) silahkah di download melalui link yang tersedia di bawah ini.

 

Link download Modul Pembelajaran atau Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 1 (ganjil) ----disini

Link download Modul Pembelajaran atau Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP MTs Semester 1 (ganjil) ----disini

Link download Modul Pembelajaran atau Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTs Semester 1 (ganjil) ----disini


Bagi Bapak/Ibu yang membutuhkan Modul Pembelajaran atau Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas 7, 8, 9 SMP MTs Semester 2 (Genap) silahkah di download melalui link yang tersedia di bawah ini.

 

Link download Modul Pembelajaran atau Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 2 (Genap) ----disini

Link download Modul Pembelajaran atau Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP MTs Semester 2 (Genap) ----disini

Link download Modul Pembelajaran atau Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTs Semester 2 (Genap) ----disini

  

Demikian informasi tentang Download Modul Pembelajaran PJJ Bahasa Indonesia Kelas 7, 8, 9 SMP MTs Semester 1 (ganjil). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



No comments

Powered by Blogger.