CONTOH BUKU PENGHUBUNG ANTARA TK PAUD DENGAN ORANG TUA

Contoh Buku Penghubung Antara pengelola TK PAUD Dengan Orang Tua


Contoh Buku Penghubung Antara pengelola TK PAUD Dengan Orang Tua. Buku  Penghubung  ini  adalah  media  komunikasi  antara  guru  dengan orang tua murid. Dalam Buku Penghubung Antara pengelola TK PAUD Dengan Orang Tua, Guru agar menulis seluruh aktifitas siswa setiap aspek siswa, menulis setiap bidang pengembangan siswa pada setiap siswa, menulis aktifitas siswa dan bidang pengembangan harian, dan mengarahkan  anak  untuk  mengecap  dengan  stempel  dari  alam maupun cetakan pada lembar daftar hadir anak.


Untuk Orang Tua Siswa,  Buku Penghubung Antara pengelola TK PAUD Dengan Orang Tua/wali adalah sebagai media komunikasi orang tua dangan guru, serta pihak sekolah teradap keadaan siswa  Orang Tua di harap mencatat setiap aktifitas anak ketika di rumah  Orang Tua di harap mencatat hal-hal penting terkait keadaan siswa untuk di ketahui guru, pada catatan orang tua setiap pecan.

 

Fungsi penggunaan Buku Penghubung Antara pengelola TK PAUD Dengan Orang Tua ialah a) Merupakan alat atau sarana sebagai perantara komunikasi, b) Memiliki format tertentu, c) Menyampaikan pesan, ide, pengumuman, permasalahan, dan tujuan komunikasi, serta d) Digunakan oleh guru, orang tua, dan siswa dengan menulis. Selain 2) Apapun Buku Penghubung Antara pengelola TK PAUD Dengan Orang Tua ialah a) Sebagai alat atau sarana, b) Menyampaikan pesan, c) Komunikasi mudah dan lancar, d) Mengetahui kondisi siswa, e) Melatih kedisiplinan dan kemampuan menulis siswa, serta f) Menambah semangat melakukan komunikasi.

 

Mengapa buku penghubung penting? Buku penghubung menjadi alat atau sarana sebagai pengganti komunikasi langsung. Pengguna utamanya adalah siswa, dimana pesan dari guru dituliskan pada buku penghubung, selanjutnya buku penghubung dapat dibaca oleh orang tua. Pesan tersebut dapat diterima orang tua tanpa bertemu langsung dengan guru. Fungsi buku penghubung sesuai dengan fungsi media komunikasi (Suryanto, 2015: 187) yakni memiliki fungsi efektivitas dan efisiensi. Efektivitas berarti mempermudah kelancaran penyampaian informasi dan efisiensi bermakna mempercepat penyampaian informasi. Melalui buku penghubung komunikasi mudah disampaikan meskipun tanpa tatap muka, penyampaian pesan juga tidak mengalami kendala. Menyampaikan pesan berupa tugas-tugas atau pekerjaan rumah (PR), dapat dikatakan fungsi utama buku penghubung sebagai pengingat tugas siswa. enurut guru komunikasi antara guru dengan orang tua menjadi mudah dan  lancar dengan adanya media buku penghubung. Melalui buku penghubung, guru dapat menyampaikan pesan dan orang tua dapat mengetahui pesan dengan mudah. Namun, menurut orang tua media buku penghubung dirasa kurang maksimal penggunaannya sebagai perantara pesan. Orang tua lebih memilih melakukan komunikasi melalui media handphone yakni menggunakan aplikasi whatsapp (WA). Meskipun begitu, penggunaan buku penghubung menunjukkan buku penghubung mempermudah dan mempercepat kelancaran penyampaian pesan.

 

Orang tua dapat mengetahui kondisi putra-putrinya di sekolah terutama kondisi belajar siswa, apakah mengalami hambatan belajar dan sebagainya. Permasalahan atau keluhan tersebut boleh dituliskan oleh guru maupun orang tua sehingga antara guru dan orang tua dapat bekerja sama untuk segera mengatasi masalah anak. Kondisi yang disampaikan bukan berupa kondisi fisik seperti anak yang sakit, kondisi tersebut tentunya perlu cepat ditangani dan umumnya guru langsung menghubungi orang tua. Jadi yang disampaikan disini berupa kondisi non fisik dan permasalahan hambatan belajar siswa.

 

Buku penghubung menambah semangat guru untuk terus melakukan komunikasi melalui media tersebut. Hal ini sejalan dengan pendapat Suryanto (2015: 185) bahwa salah satu unsur komunikasi yakni harus memperhitungkan faktor keuntungan atau manfaat. Jelas bahwa buku penghubung memiliki sejumlah manfaat yang sehingga buku penghubung sebaiknya terus digunakan

 

Buku Penghubung Antara pengelola TK PAUD Dengan Orang Tua dapat berisi Tata Tertib Siswa atau  Waktu Kegiatan di Sekolah, Daftar Kehadiran Anak, Catatan Orang Tua, Catatan Guru, Tabel Perkembangan  Tinggi Dan Berat Badan Anak, dan hal lainnya.

 

Bagi Anda yang membutuhkan Contoh Buku Penghubung Antara pengelola TK PAUD Dengan Orang Tua silahkan download melalui link yang tersedia di bawah ini

 

Link download Contoh Buku Penghubung Antara pengelola TK PAUD Dengan Orang Tua (DISINI)

 

Demikian ifnormasi tentang Contoh Buku Penghubung Antara pengelola TK PAUD Dengan Orang Tua. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =



2 comments:

  1. Terima kasih atas posting yang banyak memberikan insiprasi dan pencerahan.

    ReplyDelete

Theme images by Deejpilot. Powered by Blogger.