LATIHAN SOAL AN LITERASI KELAS 5 SD MI TAHUN PELAJARAN 2021-2022

Latihan Soal Asesmen Nasional AN Literasi Kelas 5 SD MI Tahun Pelajaran 2021-2022 dan Jawaban


Latihan Soal Asesmen Nasional AN Literasi Kelas 5 SD MI Tahun Pelajaran 2021/2022 dan Jawaban. Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Dalam perkembangannya, definisi literasi selalu berevolusi sesuai dengan tantangan zaman. Hakikat kemampuan literasi adalah kemampuan memahami, melibati, menggunakan, menganalisis, dan mentransformasi teks. Kesemuanya merujuk pada kompetensi atau kemampuan yang lebih dari sekedar kemampuan membaca dan menulis. Literasi bukan hanya sekedar kemampuan membaca dan menulis karena melibatkan pengetahuan bahasa (lisan dan tulisan), kemampuan kognitif, serta pengetahuan mengenai genre dan kultural.

 

Apa sih yang dimaksud literasi ? Menurut Elizabeth Sulzby “1986”, Literasi ialah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi “membaca, berbicara, menyimak dan menulis” dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Jika didefinisikan secara singkat, definisi literasi yaitu kemampuan menulis dan membaca.Menurut Harvey J. Graff “2006”, Literasi ialah suatu kemampuan dalam diri seseorang untuk menulis dan membaca.Menurut Jack Goody, Literasi ialah suatu kemampuan seseorang dalam membaca dan juga menulis.Menurut kamus online Merriam – Webster, Literasi ialah suatu kemampuan atau kualitas melek aksara di dalam diri seseorang dimana di dalamnya terdapat kemampuan membaca, menulis dan juga mengenali serta memahami ide-ide secara visual.Menurut UNESCO “The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization”, Literasi ialah seperangkat keterampilan nyata, terutama ketrampilan dalam membaca dan menulis yang terlepas dari konteks yang mana ketrampilan itu diperoleh serta siapa yang memperolehnya.Menurut Alberta, Literasi ialah kemampuan membaca dan menulis, menambah pengetahuan dan ketrampilan, berpikir kritis dalam memecahkan masalah, serta kemampuan berkomunikasi secara efektif yang dapat mengembangkan potensi dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat. Menurut National Institute for Literacy, Literasi sebagai “kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat.” Definisi ini memaknai Literasi dari perspektif yang lebih kontekstual. Dari definisi ini terkandung makna bahwa definisi Literasi tergantung pada keterampilan yang dibutuhkan dalam lingkungan tertentu. Menurut Education Development Center (EDC), Literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis. Namun lebih dari itu, Literasi adalah kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dan skill yang dimiliki dalam hidupnya. Dengan pemahaman bahwa literasi mencakup kemampuan membaca kata dan membaca dunia.

 

Lalu apa tujuan mempelajari literasi? Beberapa tujuan literasi mempelajari atau memiliki kemampuan literasi ialah: 1) Membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan cara membaca berbagai informasi bermanfaat.2) Membantu meningkatkan tingkat pemahaman seseorang dalam mengambil kesimpulan dari informasi yang dibaca. 3) Meningkatkan kemampuan seseorang dalam memberikan penilaian kritis terhadap suatu karya tulis.4) Membantu menumbuhkan dan mengembangkan budi pekerti yang baik di dalam diri seseorang.5) Meningkatkan nilai kepribadian seseorang melalui kegiatan membaca dan menulis.6) Menumbuhkan dan mengembangkan budaya literasi di tengah-tengah masyarakat secara luas.7) Membantu meningkatkan kualitas penggunaan waktu seseorang sehingga lebih bermanfaat.

 

Sedangkan Manfaat mempelajari Literasi atau memiliki kemampuan literasi adalah: 1) Menambah perbendaharaan kata “kosa kata” seseorang.2) Mengoptimalkan kinerja otak karena sering digunakan untuk kegiatan membaca dan menulis.3) Mendapat berbagai wawasan dan informasi baru.4) Kemampuan interpersonal seseorang akan semakin baik.5) Kemampuan memahami makan suatu informasi akan semakin meningkat. 6) Meningkatkan kemampuan verbal seseorang.7) Meningkatkan kemampuan analisis dan berpikir seseorang. 8) Membantu meningkatkan daya fokus dan kemampuan konsentrasi seseorang. 9) Meningkatkan kemampuan seseorang dalam merangkai kata yang bermakna dan menulis.

 

Apa saja Jenis-Jenis Literasi ? Pada umum literasi sudah merujuk pada kemampuan dasar seseorang dalam membaca dan menulis, mengacu pada literasi, berikut ini ialah beberapa jenis literasi yaitu: 1) Literasi Dasar. Literasi dasar adalah kemampuan dasar dalam membaca, menulis, mendengarkan dan berhitung. Tujuan literasi dasar ialah untuk mengoptimalkan kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, berkomunikasi dan berhitung. 2) Literasi Perpustakaan. Literasi perpustakaan adalah kemampuan dalam memahami dan membedakan karya tulis berbentuk fiksi dan non-fiksi, memahami cara menggunakan katalog dan indeks, serta kemampuan memahami informasi ketika membuat suatu karya tulis dan penelitian. 3) Literasi Media. Literasi media adalah kemampuan dalam mengetahui dan memahami berbagai bentuk media “media elektronik, media cetak dan lain-lain” dan memahami cara penggunaan setiap media tersebut. 4) Literasi Teknologi. Literasi teknologi adalah kemampuan dalam mengetahui dan memahami hal-hal yang berhubungan dengan teknologi misalnya hardware dan software, mengerti cara menggunakan internet serta memahami etika dalam menggunakan teknologi. 5) Literasi Visual. Literasi visual adalah pemahaman yang lebih kemampuan dalam menginterpretasi dan memberi makna dari suatu informasi yang berbentuk gambar atau visual. Literasi visual hadir dari pemikiran bahwa suatu gambar bisa “dibaca” dan artinya bisa dikomunikasikan dari proses membaca.

 

Ada beberapa prinsip penting dalam pengembangan literasi di suatu lembaga pendidikan, menurut Kylene Beers “2009”, berikut ini ialah beberapa prinsip pengembangan literasi sekolah yaitu: 1) Bersifat Berimbang. Setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda satu dengan yang lain, sekolah harus menerapkan prinsip ini dengan menerapkan strategi dalam membaca dan variasi bacaan. 2) Bahasa Lisan Sangat Penting. Setiap siswa harus dapat berdiskusi tentang suatu informasi dalam diskusi terbuka yang memungkinkan terjadinya perbedaan pendapat, dengan begitu diharapkan siswa mampu menyampaikan pendapatnya dan melatih kemampuan berpikir lebih kritis. 3) Berlangsung Pada Suatu Kurikulum. Menurut Kylene Beers, seharusnya program literasi diterapkan pada seluruh siswa dan tidak tergantung pada kurikulum tertentu, dengan kata lain kegiatan literasi menjadi suatu kewajiban bagi semua guru dan bidang studi. 4) Pentingnya Keberagaman. Keberagaman ialah sesuatu yang layak untuk dihargai dan dirayakan di setiap sekolah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyediakan berbagai buku bertema kekayaan budaya negara Indonesia sehingga siswa lebih mengenal budaya bangsa dan turut serta melestarikannya.

 

Lalu seperti apa Contoh atau Latihan Soal AN Literasi Kelas 5 SD MI Tahun Pelajaran 2021/2022. Untuk sekedar mengetahui contoh soal Asesmen Nasional AN Literasi Kelas 5 SD MI Tahun Pelajaran 2021/2022 pada salinan dokumen di bawah ini disajikan contoh soal dan jawaban Asesmen Nasional AN Literasi Kelas 5 SD MI Tahun Pelajaran 2021/2022.

 



Demikian informasi tentang contoh soal Asesmen Nasional AN Literasi Kelas 5 SD MI Tahun Pelajaran 2021/2022. Semoga ada manfaatnya.




= Baca Juga =



4 comments:

  1. Terima kasih banyak, sukses selalu. Amiin

    ReplyDelete
  2. Makasih banyak atas postingnya. Alhamdulilah cukup membantu. Moga sukses.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas posting yang banyak memberikan insiprasi dan pencerahan.

    ReplyDelete

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.