LATIHAN SOAL ASPD SMP MTS TAHUN 2022

Latihan Soal ASPD SMP MTS Tahun 2022 Tahun Pelajaran 2021-2022


Latihan Soal ASPD SMP MTS Tahun 2022 Tahun Pelajaran 2021/2022. Berdasarkan POS ASPD Yogyakarta, yang dimaksud Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah yang selanjutnya disebut ASPD adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan. Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah Berbasis Komputer yang selanjutnya disebut ASPD-BK adalah ASPD yang menggunakan komputer sebagai media untuk menampilkan soal dan proses menjawabnya.


Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) dilakukan untuk peningkatan mutu pendidikan dan dirancang untuk menghasilkan informasi akurat tentang perkembangan mutu dari waktu ke waktu dan kesenjangan antar bagian dalam sistem pendidikan dalam rangka memperbaiki kualitas belajar mengajar dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Adapun tujuan pelaksanaan Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD), adalah 1) Pengembangan kompetensi peserta didik; 2) Tidak dipergunakan untuk menentukan kelulusan, tetapi menjadi dasar dilakukan perbaikan pembelajaran; 3) Memantau perkembangan mutu dan kesenjangan antar bagian di dalam sistem Pendidikan; 4) Dapat dipergunakan sebagai salah satu alat ukur seleksi masuk ke jenjang pendidikan berikutnya

 

Sebelum Anda mengenal Contoh Latihan Soal ASPD SMP MTS Tahun 2022 Tahun Pelajaran 2021/2022 dan Pembahasan. Berikut ini persyaratan Peserta ASPD DI Yogyakarta, adalah: 1. Untuk Pendidikan Formal, antara lain Peserta didik telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada suatu Jenjang Pendidikan di SD/MI atau SMP/MTS; Peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada suatu Jenjang Pendidikan di SD/MI atau SMP/MTS mulai semester I tahun pertama sampai dengan semester pertama pada tahun terakhir. Dalam rangka penjaminan mutu pendidikan, dinas pendidikan sesuai kewenangannya dapat menetapkan persyaratan tambahan sesuai dengan kebutuhan dan/atau perkembangan pendidikan di daerah. 2) Untuk Pendidikan Non Formal/Pendidikan Kesetaraan: Peserta didik terdaftar pada PKBM, SKB, Pondok Pesantren penyelenggara Program Ula, atau kelompok belajar sejenis yang memiliki izin. Peserta didik telah mengikuti proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran sesuai dengan satuan kredit kompetensi yang telah ditetapkan dalam. Peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar setiap derajat kompetensi pada masing-masing Jenjang Pendidikan kesetaraan. Peserta didik yang terdaftar pada satuan pendidikan non-formal yang belum terakreditasi dapat mengikuti ASPD pada satuan pendidikan non formal atau formal yang terakreditasi yang ditetapkan oleh dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya.

 

Pendaftaran Peserta ASPD, untuk Pendidikan Formal. Sekolah/Madrasah pelaksana ASPD melaksanakan pendataan calon peserta. Madrasah pelaksana ASPD mengirimkan data calon peserta ke pangkalan Education Management Information System (EMIS) Kementerian Agama dan mengirimkan tembusannya dalam bentuk file Excel ke Panitia ASPD Tingkat Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya. Panitia ASPD Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya melakukan: pemutakhiran data; penetapan dan pencetakan Daftar Nominasi Tetap (DNT) dan Kartu Peserta Asesmen (KPA); dan pengiriman DNT peserta ASPD dan Kartu Peserta Asesmen ke satuan pendidikan. Kepala sekolah/madrasah pelaksana ASPD menerbitkan, menandatangani, dan membubuhkan stempel sekolah/madrasah pada kartu peserta ASPD yang telah ditempel foto peserta. Sedangkan untuk Pendidikan Non Formal/Pendidikan Kesetaraan. Lembaga penyelenggara Program Paket A tau Paket B mendata peserta didik yang memenuhi persyaratan melalui Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan mengirimkan embusannya dalam bentuk file Excel ke Panitia ASPD Kabupaten/Kota,c.q. Unit pelaksana ASPD untuk Pendidikan Kesetaraan. Lembaga penyelenggara Program Ula mendaftarkan peserta didik yang memenuhi persyaratan ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota. . Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota melakukan entri dan verifikasi data calon peserta Program Ula dengan menggunakan aplikasi Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan mengirimkan tembusannya dalam bentuk file Excel ke Panitia ASPD Kabupaten/Kota, c.q. Unit pelaksana ASPD untuk Pendidikan Kesetaraan. ASPD Unit pelaksana ASPD untuk Pendidikan Kesetaraan pada Dinas PendidikanKabupaten/Kota melakukan verifikasi berkas pendaftaran dan menyusun Daftar Calon Peserta. Unit pelaksana ASPD untuk Pendidikan Kesetaraan pada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mengirimkan Daftar Calon Peserta dalam bentuk file Excel ke Panitia ASPD Kabupaten/Kota. Panitia ASPD Kabupaten/Kota mengumpulkan, menggabungkan, menyusun daftar dan merekapitulasi data calon peserta. Panitia ASPD Kabupaten/Kota menetapkan dan mendistribusikan Daftar Nominasi Tetap (DNT) ke Unit pelaksana ASPD Pendidikan Kesetaraan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota. DNT yang telah ditetapkan dan dikirim ke Panitia ASPD Kabupaten/Kota tidak dapat diubah lagi.

 

Hak dan Kewajiban Peserta ASPD DI Yogyakarta. Hak Peserta ASPD, antara lain a) Setiap peserta didik pendidikan dasar jalur formal dan jalur non-formal kesetaraan berhak mengikuti ASPD. B) Peserta didik pada pendidikan jalur informal yang terdaftar di satuan pendidikan non-formal kesetaraan atau formal berhak mengikuti ASPD; c) Setiap peserta ASPD berhak mendapatkan SHASPD yang memuat mata pelajaran yang ditempuh dalam ujian dan nilai capaiannya; d) Peserta ASPD yang tidak dapat mengikuti ASPD Utama dengan alasan tertentu dan disertai bukti yang sah berhak mengikuti ASPD Susulan.

Kewajiban Peserta ASPD DI Yogyakarta antara lain a) Setiap peserta didik jenjang SD/MI SMP/MTs dan Paket A/Ula dan Paket mengikuti ASPD 1 (satu) kali untuk seluruh mata pelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku tanpa dipungut biaya dalam rangka pengukuran capaian standar kompetensi lulusan secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistemik. Setiap peserta ujian wajib mematuhi tata tertib ASPD.

 

Agar kamu bisa menjawab Soal Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) SMP Tahun 2022, kamu bisa pelajari SKL untuk jenjang SMP yang biasanya diterjemahkan dalam bentuk kisi-kisi soal. Untuk kisi-kisi soal bisa kamu tanyakan kepada guru yang mengajar di sekolah atau madrasah tempat kamu belajar. Agar kamu siap dalam menghadapi Soal Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) SMP Tahun 2022 maupun Soal Ujian Madrasah MTs Tahun 2022 ada baiknya membaca beberapa tips berikut ini..

 

1. Bikin Rencana Belajar

Jangan belajar untuk mempersiapkan ujian hanya pada malam sebelumnya. Selain cara ini tak efektif, kamu juga akan lebih lelah keesokan harinya saat ujian karena kurang istirahat. Jadi, buatlah jadwal belajarmu sendiri jauh-jauh hari – sebulan atau seminggu sebelumnya, misalnya. Kamu pasti dapat jadwal ujian, kan? Jadi nggak sulit bikin rencana belajar, yang sulit adalah menepatinya.

 

2. Belajar dengan Cermat

Salah satu cara belajar cermat adalah dengan menyusun dan menepati jadwal belajar sebelum ujian berlangsung. Cara lainnya, tinggal sesuaikan saja dengan tipe belajarmu. Kalau kamu tipe visual, cobalah membuat kartu-kartu berisi garis besar pelajaran dengan warna warni menarik. Kemudian, tempelkan kartu-kartu tersebut di beberapa tempat di rumah, misalnya di pintu kulkas, kaca wastafel, pintu kamar, dan lain-lain. Kalau kamu tipe audio, cobalah menciptakan mnemonik atau jembatan keledai yang mudah diingat untuk membantu hafalan. Berganti lokasi belajar juga dapat dikategorikan sebagai belajar cermat karena kamu takkan mudah merasa jenuh. Disamping itu, suasana yang berbeda akan memicu otak untuk lebih aktif sehingga kamupun akan lebih mudah menyerap materi pelajaran.

 

3. Meminta Bantuan

Mengandalkan diri sendiri itu memang bagus, tapi kamu juga harus tahu kapan saatnya meminta bantuan. Tak ada salahnya belajar kelompok bila memang cara itu membuatmu memahami materi pelajaran dengan lebih baik. Bahkan bila perlu, mintalah catatan atau handout dari guru atau dosen, supaya kamu tak terlewat poin-poin penting yang mungkin muncul dilembar soal ujian.

 

4. Perhatikan Kebutuhan Fisikmu

Jangan lupa badanmu juga butuh istirahat. Kamu butuh tidur cukup supaya kondisimu bugar saat ujian. Jangan melewatkan sarapan pagi sebelum ujian. Jika memungkinkan, pilihlah makanan sehat yang tak memperberat sistem pencernaanmu seperti jus, buah, roti, atau telur.

 

5. Penuhi Kebutuhan Spiritualmu

Memiliki kehidupan spiritual yang sehat akan membantumu menjadi orang yang bisa bersikap lebih positif. Jangan lupa selalu berdoa sebelum dan setelah belajar, serta sebelum dan setelah ujian. Kamupun takkan mudah galau saat menghadapi ujian didepan mata.


Untuk sekedar latihan menghadapi Soal Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) SMP  MTS Tahun 2022 ada baiknya kamu mencoba mempelajari soal-soal latihan. Berikut ini ada kumpulan soal latihan Soal ASPD SMP Tahun 2022. 

 

Latihan Soal ASPD SMP-MTS Tahun 2022 mata pelajaran IPA (DISINI)

Latihan Soal ASPD SMP-MTS Tahun 2022 mata pelajaran Bahasa Indonesia (DISINI

Latihan Soal ASPD SMP-MTS Tahun 2022 mata pelajaran Bahasa Inggris (DISINI)

Latihan Soal ASPD SMP-MTS Tahun 2022 mata pelajaran Matematika (DISINI)

Latihan Online Soal ASPD Matematika SMP Tahun 2021/2022 (DISINI)

Latihan Online Soal ASPD Bahasa Indonesia SMP Tahun 2021/2022 (DISINI)

Latihan Online Soal ASPD Bahasa Inggris SMP Tahun 2021/2022 (DISINI)

Latihan Online Soal ASPD IPA SMP Tahun 2021/2022 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) Jenjang SMP Tahun 2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya. Semoga ada manfaatnya, untuk persiapan menghadapi pelaksanaan Ujian Sekolah atau ujian Akhir Sekolah yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Terima kasih telah menyempatkan berkunjung ke blog ini. Buat kamu siswa kelas 9 SMP MTS selamat belajar, semoga sukses.




= Baca Juga =



1 comment:

  1. Terima kasih telah berbagai informasi yang menarik dan banyak dibutuhkan orang. Semoga Admin dan rekan-rekannya selalu diberikan kesehatan dan bekah dari Allah SWT.

    ReplyDelete

Theme images by Deejpilot. Powered by Blogger.