Latihan Soal UTBK SNBT SNPMB Tahun 2024-2025

Latihan Soal UTBK SNBT SNPMB Tahun 2024-2025


A. Update Info Latihan Soal UTBK SNBT SNPMB Tahun 2024/2025

Latihan Soal dan Pembahasan Soal UTBK SNBT Tahun 2024/2025 PDF. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah melakukan berbagai transformasi Merdeka Belajar di semua jenjang, baik pendidikan dasar dan menengah hingga pendidikan tinggi guna mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul yang berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Untuk menyelaraskan capaian perubahan tersebut, Kemendikbudristek telah menyusun arah baru transformasi dalam pendidikan tinggi salah satunya dengan meluncurkan Merdeka Belajar Episode Kedua Puluh Dua: Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).


Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri menyatakan bahwa transformasi Pendidikan Tinggi di Indonesia yang sekarang ini tengah berjalan bertujuan untuk membentuk lulusan yang memiliki kompetensi multidisiplin dan memiliki dasar yang kuat terhadap disiplin ilmu utama setiap program studinya. Arah kebijakan transformasi pendidikan tinggi ini diimplementasikan dalam mekanisme penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri secara nasional dan mandiri yang sejalan dengan semangat merdeka belajar guna mendorong peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan pada jenjang sebelumnya

 

Pada Tahun penerimaan 2023 - 2024, terdapat 3 jalur masuk Perguruan Tinggi yakni melalui jalur SNBP, Jalur SNBT dan Jalur Tes Mandiri oleh PTN. Pada seleksi nasional berdasarkan prestasi, seleksi akan berfokus pada pemberian penghargaan tinggi atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah. Hal ini dilakukan melalui pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran. Dengan pemberian bobot yang tinggi ini, diharapkan peserta didik terdorong untuk berprestasi di seluruh mata pelajaran secara holistik. Sedangkan untuk pembobotan sisanya, maksimal 50 persen diambil dari komponen penggali minat dan bakat. Hal ini bertujuan agar peserta didik terdorong untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya secara lebih mendalam.

 

Seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) menggantikan Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN). Pada jalur SNBP calon mahasiswa ditekankan memiliki kompetensi yang holistik dan lintas disipliner. Karena untuk sukses di masa depan, diperlukan beragam kompetensi, contohnya, seorang pengacara harus punya ilmu dasar tentang hukum, tetapi juga harus memiliki ilmu komunikasi yang jadi pembeda.

 

Sebelum Admin membagikan Latihan Soal dan Pembahasan Soal UTBK SNBT Tahun 2024/2025. Terlebih dahulu akan memberi pemaparan tentang SNBT. SNBT merupakan Seleksi Nasional masuk PTN dengan berfokus pada kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Seleksi berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Dalam seleksi berdasarkan tes, tidak ada lagi tes mata pelajaran, tetapi hanya tes skolastik yang mengukur empat hal yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris. Soal pada seleksi ini akan menitikberatkan kemampuan penalaran peserta didik, bukan hafalan.

 

Dengan demikian, skema seleksi menjadi lebih adil dan setiap peserta didik memiliki kesempatan untuk sukses pada jalur seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT). Kerja sama antara peserta didik dan guru melalui pengasahan daya nalar akan meningkatkan kesuksesan peserta didik pada jalur seleksi berdasarkan tes.

 

Jenis seleksi masuk PTN yang ketiga adalah melalui seleksi secara mandiri oleh PTN. Pada jalur ini, pemerintah mengatur agar seleksi diselenggarakan secara lebih transparan dengan mewajibkan PTN untuk melakukan beberapa hal sebelum dan setelah pelaksanaan seleksi secara mandiri.

 

Sebelum pelaksanaan seleksi secara mandiri, PTN wajib mengumumkan beberapa hal, antara lain jumlah calon mahasiswa yang akan diterima masing-masing program studi/fakultas; metode penilaian calon mahasiswa yang terdiri atas tes secara mandiri, kerja sama tes melalui konsorsium perguruan tinggi, memanfaatkan nilai dari hasil seleksi nasional berdasarkan tes, dan/atau metode penilaian calon mahasiswa lainnya yang diperlukan; serta besaran biaya atau metode penentuan besaran biaya yang dibebankan bagi calon mahasiswa yang lulus seleksi.

 

Begitu pula sesudah pelaksanaan seleksi secara mandiri PTN diwajibkan mengumumkan beberapa hal, antara lain jumlah peserta seleksi yang lulus seleksi dan sisa kuota yang belum terisi; masa sanggah selama lima hari kerja setelah pengumuman hasil seleksi; dan tata cara penyanggahan hasil seleksi.


soal utbk snbt tahun 2023


Oh ya kembali kita ke UTBK SNBP. Berdasarkan info resmi UTBK-SNBT 2023/2024 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).

 

Tujuan UTBK SNBP adalah a) memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu; dan memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel yaitu memilih lokasi dan waktu tes; b) memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN secara lintas wilayah; dan c) menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan hasil UTBK dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN

 

Ketentuan umum UTBK SNBT adalah a) Peserta SNBT hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali Hasil UTBK hanya untuk mendaftar pendaftaran SNBT 2023; b) SNBT 2023 dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan PTN Akademik, PTN Vokasi, atau PTKIN yang bersangkutan

 

Adapun persyaratan UTBK SNBT adalah adalah

1.    Memiliki Akun SNPMB.

2.    Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

3.    Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2023 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).

Catatan:

Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan:

• foto terbaru (berwarna)

• stempel/cap sekolah

• tanda tangan Kepala Sekolah

4.    Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2021 dan 2022 atau lulusan Paket C tahun 2021 dan 2022 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.

5.    Tidak lulus jalur SNBP 2023 atau SNMPTN pada tahun 2021, atau 2022.

6.    Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

7.    Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.

8.    Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra

9.    Hasil UTBK 2023 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan PTN 2023

 

Saatnya Admin akan membagikan Sebelum Admin membagikan Latihan Soal dan Pembahasan Soal UTBK SNBT Tahun Tahun 2024/2025 PDF. Perlu diketahui bahwa soal UTBK SNBT meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dan Penalaran Matematika

 

Tes Potensi Skolastik (TPS) mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.

 

Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

 

Sedangkan Penalaran Matematika mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

 

Untuk Anda yang membutuhkan Latihan Soal UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 dan Pembahasan dalam format PDF. Berikut ini admin sajikan beberapa contoh Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 dan akan diupdate. Mudahan-mudahan adanya Kumpulan Latihan Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 bisa membantu para siswa SMA/MA/SMK yang berniat melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri.

 

Link download Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 Tes Skolastik - Kemampuan Penalaran Umum (DISINI)

Link download Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 Tes Skolastik - Pengetahuan dan Pemahaman Umum (DISINI)

Link download Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 Tes Skolastik - Pemahaman Bacaan dan Menulis (DISINI)

Link download Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 Tes Skolastik - Pengetahuan Kuantitatif (DISINI)

Link download Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia (DISINI)

Link download Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia 2 (DISINI)

Link download Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 Tes Literasi dalam Bahasa Inggris (DISINI)

Link download Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 Penalaran Matematika (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Link download Latihan Soal dan Pembahasan Soal UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 dalam format PDF. Sekali lagi semoga informasi ini bermanfaat, terutama untuk para siswa yang tidak memiliki kesempatan untuk mengikut Try Out UTBK-SNBT Tahun 2024/2025.

 

B. Info Jadwal  Pendaftaran UTBK SNBT SNPMB Tahun 2022-2023

 

latihan soal utbk sbmptn tahun 2022 tahun akademik 2022-2023


Persyaratan Pendaftaran UTBK SNBT SNPMB Tahun 2024 ? Persyaratan Peserta SNBT SNPMB 2024 adalah 1) Peserta harus memiliki Akun SNPMB Siswa. Registrasi Akun SNPMB Siswa dapat dilakukan di Portal SNPMB; 2) Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK); 3) Siswa SMA/SMK/MA Kelas 12 atau kelas terakhir pada tahun 2024; 4) Peserta didik Paket C tahun 2024 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2024); 5) Siswa yang belum mempunyai ijazah pada poin 3 dan 4, harus membawa surat keterangan siswa kelas 12 sekurang-kurangnya disertai dengan; (a) identitas, meliputi nama, kelas, NISN dan NPSN; (b) pas foto terbaru (berwarna); (c) tanda tangan Kepala Sekolah/Madrasah; dan (d) stempel/cap sekolah. 6) Lulusan SMA/SMK/MA Sederajat tahun 2022 dan 2023; 7) Lulusan Paket C tahun 2022 dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2024); 8) Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan; 9) Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan/atau Olahraga wajib mengunggah portofolio; 10) Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi; 11) Bagi peserta berkebutuhan khusus tunanetra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra; 12) Membayar biaya UTBK. Peserta membayar biaya UTBK sebagai syarat pendaftaran UTBK-SNBT 2024 sebesar Rp.200.000,00 (dua ratus ribu rupiah)

 

 

Materi Tes atau Kisi Soal UTBK SNBT SNPMB tahun 2024 adalah sebagai berikut

a) Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar.

b) Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

c) Penalaran Matematika

Mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

 

Bagaimana Cara Pendaftaran UTBK-SNBT Tahun 2024? Tata Cara Pendaftaran UTBK-SNBT adalah sebagai berikut

·          Login Portal SNPMB dan Memilih Menu Pendaftaran UTBK-SNBT

·          Masuk ke Portal SNPMB menggunakan akun SNPMB

·          Melengkapi Biodata

·          Mengisi dan melengkapi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata serta unduh dan unggah pernyataan tunanetra dan/atau hambatan visual

·          Memilih Program Studi dan Mengunggah Portofolio

·          Mengunggah portofolio wajib bagi peserta yang memilih program studi Bidang Seni dan/atau Olahraga

·          Memilih Pusat UTBK

·          Memperoleh slip pembayaran biaya UTBK bagi peserta non pelamar KIP Kuliah

·          Melakukan Pembayaran

·          Lembaga dan mekanisme pembayaran akan diinformasikan lebih lanjut

·          Mengunduh Kartu Peserta UTBK-SNBT

·          Masuk ke Portal SNPMB dan memilih menu pendaftaran UTBK-SNBT untuk unduh kartu peserta UTBK-SNBT

 

Adapun Jadwal Pendaftaran UTBK-SNBT Tahun 2024 adalah sebagai berikut

·          Pembuatan Akun SNPMB 09 Januari – 15 Februari 2024

·          Pendaftaran UTBK-SNBT 21 Maret – 05 April 2024

·          Pelaksanaan UTBK Gelombang 1 30 April dan 02 – 07 Mei 2024

·          Pelaksanaan UTBK Gelombang 2 14 – 20 Mei 2024

·          Pengumuman Hasil SNBT 13 Juni 2024

·          Masa Unduh Sertifikat UTBK 17 Juni – 31 Juli 2024

 

Adapun Ketentuan pemilihan Program Studi bagi Calon Mahasiswa Baru PTN melalui jalur SNBT SNPMB tahun 2024, adalah sebagai berikut:

·          Setiap peserta bebas memilih program studi di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau PTKIN.

·          Setiap peserta diperbolehkan memilih maksimal 4 (empat) program studi yang terdiri dari 2 (dua) pilihan Program Akademik (Sarjana) dan 2 (dua) pilihan Program Vokasi (Diploma Tiga dan Diploma Empat/Sarjana Terapan) dengan ketentuan sebagaimana tabel terlampir.

·          Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Jumlah Pilihan

Ketentuan Pilihan

Contoh Alternatif Pilihan Program Studi

1 Pilihan Program Studi

Bebas memilih di program apapun

1 Diploma Tiga; atau

1 Diploma Empat/Sarjana Terapan, atau

1 Sarjana.

2 Pilihan Program Studi

Bebas memilih di program apapun

2 Diploma Tiga, atau

2 Diploma Empat/Sarjana Terapan, atau

2 Sarjana, atau

1 Diploma Tiga dan 1 Sarjana, atau

1 Diploma Empat/Sarjana Terapan dan 1 Sarjana.

3 Pilihan Program Studi

2 program akademik dan 1 program vokasi atau
1 program akademik dan 2 program vokasi

2 Diploma Tiga dan 1 Sarjana, atau

2 Diploma Empat/Sarjana Terapan dan 1 Sarjana, atau

2 Sarjana dan 1 Diploma Tiga, atau

2 Sarjana dan 1 Diploma Empat/Sarjana Terapan.

4 Pilihan Program Studi

2 program akademik dan 2 program vokasi,
minimal ada 1 program diploma Tiga

2 Sarjana, 1 Diploma Tiga dan 1 Diploma Empat/Sarjana Terapan, atau

2 Sarjana dan 2 Diploma Tiga

 

Link download Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 Tes Skolastik - Kemampuan Penalaran Umum (DISINI)

Link download Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 Tes Skolastik - Pengetahuan dan Pemahaman Umum (DISINI)

Link download Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 Tes Skolastik - Pemahaman Bacaan dan Menulis (DISINI)

Link download Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 Tes Skolastik - Pengetahuan Kuantitatif (DISINI)

Link download Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia (DISINI)

Link download Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia 2 (DISINI)

Link download Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 Tes Literasi dalam Bahasa Inggris (DISINI)

Link download Soal dan Pembahasan UTBK-SNBT Tahun 2024/2025 Penalaran Matematika (DISINI)


Link download Bahan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru PTN melalui Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 (disini)

 

Demikian informasi tentang Jadwal Persyaratan dan Pendaftaran SNBP dan SNBT tahun 2024. Semoga ada manfaatnya

=======================

  


 



= Baca Juga =


1 comment:

  1. Terima kasih telah berbagai informasi yang menarik dan banyak dibutuhkan orang. Semoga Admin dan rekan-rekannya selalu diberikan kesehatan dan bekah dari Allah SWT.

    ReplyDelete

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.