JUKNIS - PEDOMAN OPSI SMA TAHUN 2022

Juknis - Pedoman OPSI SMA Tahun 2022


Juknis - Pedoman OPSI SMA Tahun 2022. Tantangan terbesar pembangunan pendidikan Indonesia dalam masa pembangunan jangka menengah tahap keempat (2020–2024) adalah untuk menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing di dunia internasional. Untuk menjawab tantangan tersebut, sekaligus sebagai perwujudan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia terus berupaya membina dan mengembangkan bakat, minat, dan prestasi siswa SMA/MA/sederajat melalui berbagai kegiatan kesiswaan.

 

Sasaran utama proses pembelajaran dan pendidikan adalah siswa atau peserta didik, yang harus dilibatkan dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan ko-kurikuler yang komprehensif dan terpadu sebagai pola pembinaan kesiswaan. Pola pembinaan tersebut harus dapat mendukung penyiapan generasi yang berkualitas yang dibentuk di atas landasan kompetensi intelektual, keterampilan, dan sikap yang mumpuni.

 

Dalam rangka mewujudkan capaian prestasi dalam berbagai bidang ilmu. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia melalui Pusat Prestasi Nasional memandang bahwa program-program kompetisi, lomba, dan festival harus juga dapat dijadikan sarana pembinaan dan pengembangan kompetensi siswa dalam penguasaan ipteks. Upaya tersebut diperkaya dengan berbagai program yang dapat meningkatkan minat, talenta, dan kemampuan siswa dalam penelitian. Siswa diharapkan dapat menghasilkan inovasi dan solusi atas fenomena atau permasalahan di lingkungan masyarakat sekitar. Dengan demikian, masyarakat dapat memanfaatkan dan mengaplikasikan hasil penelitian siswa dalam kehidupan sehari-hari. Dalam konteks tantangan yang makin meningkat saat ini, khususnya terkait pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia, penelitian yang dilakukan para siswa dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan kondisi  “Pulih Bersama, Bangkit Perkasa”.

 

Berkaitan dengan hal tersebut, diperlukan sebuah kegiatan yang secara konsisten dapat dijadikan wahana pembinaan bakat dan minat para siswa terhadap dunia penelitian ilmiah. Kegiatan tersebut juga diharapkan sebagai wadah pengembangan prestasi dan pembentukan kepribadian siswa yang mandiri dan tangguh. Kegiatan penelitian dapat meningkatkan integritas, sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemandirian, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah.

 

Pada tahun 2022 ini, Pusat Prestasi Nasional berkomitmen untuk tetap menyelenggarakan kompetisi penelitian ilmiah untuk para siswa SMA/MA/sederajat yang dikemas dalam kegiatan  Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI)  serta meningkatkan kualitas penyelenggaraannya. Tema yang ditetapkan pada OPSI Tahun 2022 adalah  Inovasi Potensi Lokal untuk Pemulihan Indonesia dan Dunia dalam Bidang Ekonomi Hijau, Ekonomi Biru, Kesehatan Global, Transformasi Digital, dan Energi yang Berkelanjutan

 

Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nomor 28 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, telah dibentuk Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekretaris Jenderal. Salah satu fungsi Pusat Prestasi Nasional adalah pelaksanaan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik.

 

Sehubungan dengan hal tersebut, Pusat Prestasi Nasional bertugas untuk melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik yang diimplementasikan antara lain adalah pelaksanaan kompetisi, lomba, dan festival.

 

Buku Pedoman – Juknis (Petunjuk Teknis) OPSI SMA MA Tahun 2022 ini akan menjelaskan informasi mengenai peraturan dan mekanisme kegiatan OPSI sebagai pedoman bagi penyelenggara OPSI SMA Tahun 2022. Tema yang ditetapkan pada OPSI SMA Tahun 2022 adalah Inovasi Potensi Lokal untuk Pemulihan Indonesia dan Dunia dalam Bidang Ekonomi Hijau, Ekonomi Biru, Kesehatan Global, Transformasi Digital, dan Energi yang Berkelanjutan.

 

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) digelar sebagai agenda penting Pusat Prestasi Nasional dalam rangka membangun manusia Indonesia yang berkarakter kreatif dan inovatif. OPSI berfokus pada karakter ilmiah ditumbuhkan melalui kegiatan kompetisi dalam rangka mengembangkan kemerdekaan berpikir siswa untuk terus meneliti. Ide-ide dalam penelitian dapat digali dari berbagai gejala, peristiwa, dan potensi yang ada di lingkungan sekitar siswa. Melalui kegiatan ini, kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar, termasuk menggali potensi sumber daya lokal yang memiliki dampak global akan terus ditumbuhkan. Dengan demikian, OPSI menjadi wadah bagi para siswa SMA/MA/sederajat untuk mengaktualisasikan bakat, minat, dan kemampuan dalam meneliti dan berinovasi serta menanamkan budaya meneliti di kalangan siswa. Kegiatan ini juga merupakan seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai kompetisi penelitian, forum ilmiah, serta publikasi nasional dan internasional.

 

Berdasarkan Buku Pedoman – Juknis (Petunjuk Teknis) OPSI SMA MA Tahun 2022, Bidang kompetisi penelitian dalam OPSI SMA MA tahun 2022 adalah sebagai berikut.

1) Bidang Matematika, Sains, dan Teknologi (MST), dengan Subbidang

·          Matematika: aljabar, kalkulus, algoritma, geometri, topologi, trigonometri.

·          Biologi: botani, zoologi, genetika.

·          Kimia dan teknik kimia

·          Farmasi, biomedis, dan kesehatan

·          Teknologi: bioteknologi, pangan, peternakan, pertanian, perikanan, kelautan, lingkungan

Deskripsi: Penelitian bidang ini terkait dengan ilmu pengetahuan dasar dan terapan untuk menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan eksplorasi alam semesta, modifikasi, inovasi, atau aplikasi dari ilmu pengetahuan alam untuk memenuhi kebutuhan/keinginan manusia.

 

2) Fisika Terapan dan Rekayasa (FTR), dengan Subbidang

·          Rekayasa informatika (aplikasi peranti lunak), rekayasa grafis, elektronik, robotik, mekatronik, sistem sensor-kontrol, rekayasa transportasi

·          Rekayasa permesinan, teknik mesin, teknik fisika

·          Rekayasa lingkungan

·          Fisika, geofisika, kebumian, astronomi, geografi, energi

·          Sains data dan kecerdasan buatan

Deskripsi: Penelitian bidang ini terkait penerapan fisika dalam desain, rancangan, rekayasa produk industri/ manufaktur, rekayasa lingkungan, konversi energi dan pemanfaatannya, serta transformasi digital dalam menyelesaikan permasalahan.

3) Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH), dengan subbidang:

·          Ilmu ekonomi, ilmu manajemen

·          Sosiologi, komunikasi dan rekayasa sosial, antropologi

·          Psikologi, pendidikan

·          Seni, budaya, sejarah

·          Bahasa, sastra

Deskripsi: Penelitian bidang ini terkait dengan ilmu pengetahuan dasar dan terapan bidang sosial humaniora untuk mengamati gejala dan/atau menyelesaikan permasalahan dalam bidang sosial humaniora.

 

Dinyatakan dalam Buku Pedoman – Juknis OPSI SMA MA Tahun 2022 bahwa Persyaratan Peserta Dan Guru Pembimbing OPSI SMA MA Tahun 2022 adalah sebagai berikut.

A. Persyaratan Peserta

·            Warga Negara Indonesia.

·            Siswa SMA/MA/sederajat, kelas X atau XI, pada saat pengunggahan proposal penelitian.

·            Peserta dapat perseorangan atau berkelompok (maksimum dua orang),

·            yang terdiri atas satu orang ketua dan satu orang anggota (lihat Lampiran 1 dan 2).

·            Peserta pada penelitian yang dilakukan berkelompok harus dari sekolah yang sama.

·            Setiap peserta hanya boleh terdaftar dalam satu judul penelitian baik

·            sebagai ketua maupun anggota peneliti.

·            Setiap peserta harus mempunyai guru pembimbing yang kompetensinya sesuai dengan bidang yang diteliti.

 

B. Persyaratan Guru Pembimbing

·            Guru pembimbing mengajar di sekolah yang sama dengan peserta yang dibimbingnya. (lihat Lampiran 3)

·            Guru pembimbing membimbing siswa selama masa penelitian pada topik yang sesuai dengan kompetensinya

 

Bagi yang berminat pendaftaran mulai minggu ketiga bulan April tahun 2022 dengan mengisi biodata ketua dan anggota peneliti (lampiran 1 dan 2)

 

Link download Pedoman – Juknis (Petunjuk Teknis) OPSI SMA MA Tahun 2022 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Pedoman OPSI SMA MA Tahun 2022 Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Deejpilot. Powered by Blogger.