PANDUAN TEKNIS PELAKSANAAN GSI SMP TAHUN 2022

Juknis atau Panduan Teknis Pelaksanaan GSI (Gala Siswa Indonesia) SMP Tahun 2022


Juknis atau Panduan Teknis Pelaksanaan GSI (Gala Siswa Indonesia) SMP Tahun 2022. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal bekerjasama dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan melaksanakan Gala Siswa Indonesia (GSI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2022 mulai tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional. Kerjasama 2 (dua) instansi ini menjalankan amanah Presiden pada Rapat Terbatas 24 Januari 2017 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

 

GSI merupakan wadah bagi para peserta didik SMP dalam menumbuhkembangkan minat, bakat dan prestasi dalam bidang sepakbola, melalui pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan sekolah. Penyelenggaraan GSI ini diminati para pencinta sepakbola dalam menumbuhkan atmosfer pertandingan dan menghidupkan kembali pertandingan sepakbola mulai tingkat Kecamatan hingga nasional.

 

Berdasarkan data partisipasi GSI pada tahun 2021, GSI SMP diikuti sebanyak 34 provinsi, 117 Kabupaten/Kota, 461Kecamatan, 896 Sekolah dan 5285 peserta didik. Pertandingan GSI tahun 2021 dilaksanakan sebanyak 16 pertandingan di tingkat nasional yang didasarkan pada hasil penilaian video di tingkat provinsi yang dikirimkan sesuai ketentuan panitia Pusat Prestasi Nasional. Pada tahun 2022 pelaksanaan kompetisi GSI di tingkat nasional direncanakan secara onsite (tatap muka).

 

Pelaksanaan GSI dapat berhasil atas dukungan dan fasilitasi dari para stakeholder mulai dari sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Asosiasi PSSI Kabupaten/Kota (Askab/Kota), Asosiasi PSSI Provinsi (Asprov), dan instansi terkait lainnya. Hal penting lainnya untuk memfasilitasi dan memotivasi semangat peserta didik yang memiliki minat dan bakat di cabang olahraga sepakbola dalam pencapaian peningkatan prestasi, dapat dilakukan melalui pembinaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

 

Dalam masa pandemi ini, Pusat Prestasi Nasional berupaya untuk tetap menyelenggarakan kompetisi GSI tingkat nasional secara on site seperti tahun sebelumnya dengan menerapkan protokol kesehatan Covid- 19. Agar pelaksanaan GSI SMP tahun 2022 dapat terselenggara dengan baik, maka disusun Panduan Teknis Juknis Pelaksanaan GSI (Gala Siswa Indonesia) SMP Tahun 2022 yang dijadikan pedoman bagi panitia, peserta didik, pelatih, asisten pelatih, tim pemandu bakat, dan pihak terkait lainnya. Panduan Teknis Juknis Pelaksanaan GSI (Gala Siswa Indonesia) SMP Tahun 2022 sebagai pedoman pelaksanaan GSI SMP tahun 2022 yang dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab sesuai protokol kesehatan Covid- 19.


Tema Gala Siswa Indonesia SMP tahun 2022 adalah: “Menggali Prestasi Sepakbola Usia Muda yang Berkarakter” Adapun Sasaran GSI adalah seluruh peserta didik jenjang SMP di Indonesia yang terdaftar dalam DAPODIK per 31 Maret 2022, meliputi: 1) Sekolah Menengah Pertama Negeri; 2) Sekolah Menangah Pertama Swasta; 3) Sekolah Menengah Pertama Terbuka; 4) SMP Satu Atap.

 

Sistem dan Mekanisme Kompetisi GSI SMP tahun 2022. Secara umum pelaksanaan kompetisi Pusat Prestasi Nasional dilakukan secara daring/online. Peserta dapat melaksanakan kompetisi dari rumah atau sekolah dan didampingi oleh orangtua/wali/guru pembimbing dengan mematuhi protokol kesehatan. Pelaksanaan kompetisi di sekolah harus memenuhi kriteria sebagai berikut: a) Pendidik dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan sudah divaksinasi Covid- 19; b) Satuan pendidikan wajib memberikan layanan protokol kesehatan seperti Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), menyediakan tempat cuci tangan, mengukur suhu peserta sebelum pelaksanaan lomba dan mensterilkan sarana/prasarana lomba yang akan digunakan oleh peserta; c) Peserta wajib didampingi oleh orangtua/wali saat pelaksanaan kompetisi.

 

Berdasarkan Panduan Teknis Juknis Pelaksanaan Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2022, berikut ini persyaratan peserta GSI SMP tahun 2022, sebagai berikut.

1. Berkewarganegaraan Indonesia yang dibutikan dengan Akta Kelahiran

2. Terdaftar sebagai siswa SMP Negeri/Swasta, SMP Terbuka atau SMP Satu Atap yang dibuktikan Surat Keterangan Kepala Sekolah (format dapat diunduh di laman Puspresnas)

3. Siswa Kelas 7 dan 8 pada Tahun Ajaran 2021/2022 yang dibutikan dengan Ijazah SD dan Rapor pada lembar yang memuat data diri dan semester terakhir

4. Siswa dengan tahun kelahiran tanggal 1 Januari 2008 dan setelahnya. yang dibutikan dengan Akta kelahiran

5. Siswa yang memiliki NISN dan terdaftar sebagai peserta didik sesuai Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang dibutikan dengan Surat Keterangan Kepala Sekolah (format dapat diunduh di laman Puspresnas)

6. Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras yang dibutikan dengan Surat Keterangan Kepala Sekolah (format dapat diunduh di laman Puspresnas)

7. Mendapat persetujuan dari orang tua yang dibutikan dengan Surat Pernyataan/Pakta Integritas (format dapat diunduh di laman Puspresnas).

8. Mengisi Surat Pernyataan/Pakta Integritas

9. Memiliki kesehatan jasmani yang dibutikan dengan Surat Keterangan Kesehatan

10. Mengisi Curriculum Vitae dengan melampirkan CV dan Sertifikat/ Piagam Penghargaan Individu

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Panduan Teknis Juknis Pelaksanaan Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2022. Link download Panduan Teknis Juknis Pelaksanaan GSI (Gala Siswa Indonesia) SMP Tahun 2022 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Panduan Teknis Juknis Pelaksanaan GSI (Gala Siswa Indonesia) SMP Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Deejpilot. Powered by Blogger.