PETUNJUK TEKNIS FLS2N JENJANG SMK TAHUN 2022

Juknis - Petunjuk Teknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2022


Juknis - Petunjuk Teknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2022. Dalam proses pengembangan prestasi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), bidang seni diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia seni baik ditingkat nasional maupun internasional sehingga dapat membawa nama baik bangsa dan negara, serta menciptakan sebuah peluang kerja di bidang seni yang akhirnya mampu membantu pertumbuhan perekonomian bangsa Indonesia.

 

Sehubungan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2019 Juncto Permendikbud Nomor 9 Tahun 2020, tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, P asal 272 ayat b menyatakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) memiliki tugas untuk melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh karena hal tersebut terkait dengan peningkatan prestasi peserta didik SMK dibidang seni, Puspresnas menyelenggarakan kegiatan pengembangan prestasi berupa lomba, kompetisi, dan festival pada jenjang Sekolah Dasar (SD)/sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP)/sederajat, Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah(MA)/sederajat, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Pendidikan Khusus dan Perguruan Tinggi.

 

Salah satu program kegiatan pengembangan prestasi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional adalah Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMK. Materi lomba dan festival masih terkait dengan proses pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah baik dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler sebagai pencerminan dari kompetisi dan prestasi peserta didik di tingkat satuan pendidikan menuju prestasi nasional. Kegiatan FLS2N dapat diikuti oleh peserta didik pada SMK Seni maupun SMK Non Seni dalam rangka mencari bakat dan talenta seni secara luas dan terbuka serta berkela njutan. Kegiatan FLS2N Jenjang SMK juga dapat dijadikan sebagai Penguatan Pendidikan Karakter bagi peserta didik yang bertujuan agar lulusan SMK mempunyai kompetensi tinggi, baik hardskills maupun soft skills. Penguasaan kompetensi di bidang lomba bisa menjadi bekal dalam bidang jasa yang produktif dan bernilai ekonomi. Latihan dan olah seni dapat menumbuhkan kreativitas dan ekspresi yang kuat bagi peserta didik. Dengan olah seni kehalusan rasa dan harmonisasi antara wacana dan fakta diasah menjadi suatu kreativitas yang memperkuat kecakapan peserta didik dalam kepekaan, kepedulian dan toleransi.

 

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Tahun 2022 merupakan ajang talenta bagi peserta didik SMK di seluruh Indonesia untuk menunjukkan minat dan bakatnya di Bidang Seni. Kegiatan di bidang seni merupakan media pengungkapan hati dan ekspresi beragam rasa, karsa, naluri, dan pikiran yang bermuara pada penumbuhan nilai-nilai estetika manusia. Proses kreatif dan daya cipta dalam berkesenian mengungkap kesatupaduan inovasi, ungkapan rasa, emosi yang sangat dalam tentang eksistensi dan esensi kehidupan. Penyelenggaraan FLS2N diharapkan mampu menumbuhkembangkan kreativitas dan inovasi untuk mendukung industri kreatif di Indonesia.

 

Petunjuk Teknis – Juknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2022 ini disusun untuk memberikan informasi tentang penyelenggaraan FLS2N Jenjang SMK baik di Tingkat Provinsi maupun Tingkat Nasional Tahun 2022 secara daring (online). Semoga Petunjuk Teknis ini dapat menjadi acuan bagi seluruh pihak yang akan berperan dalam penyelenggaraan FLS2N Jenjang SMK. Melalui FLS2N diharapkan mampu menguatkan karakter dan kepribadian peserta didik, tidak hanya termotivasi untuk maju dan percaya diri tetapi menjadi pribadi yang santun, ramah, tegas dan berbudi pekerti luhur.

 

Penyelenggaraan FLS2N merupakan salah satu bentuk implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Melalui kegiatan seni, dapat dikembangkan nilai-nilai karakter sebagai harmonisasi antara olah pikir, olah rasa, olah hati dan olah tubuh untuk membentuk manusia sejati dan menjadi sarana peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan secara menyeluruh dan berkelanjutan. Melalui FLS2N Jenjang SMK diharapkan dapat mengasah karakter peserta didik SMK Indonesia dengan beraneka ragam bahasa, budaya, kesenian yang dilahirkan dan diwariskan para leluhur kita dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Melalui kegiatan FLS2N diharapkan dapat dipupuk toleransi, kolaborasi, dan kebersamaan dalam bingkai Peradaban Nusantara yang beragam dan kaya raya kekhasannya.

 

Sehubungan dengan masih menyebarnya Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), maka Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi penyelenggaraan FLS2N Tahun 20 22 secara daring sebagai upaya memberikan ruang dan ajang pengembangan talenta, bakat, minat, kreativitas, serta inovasi bagi peserta didik SMK.

 

Dalam rangka percepatan penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid- 19), perlu adanya pembatasan penyelenggaraan dan pengelolaan kegiatan pendidikan dan pembelajaran serta kegiatan pendukungnya seperti halnya yang telah dilaksanakan pada tahun 2020 dan 2021. Namun harus mendapatkan izin dari pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Provinsi atau Kabupaten/Kota, dengan protokol kesehatan yang ketat.

 

Kegiatan FLS2N didukung oleh Dinas Pendidikan Provinsi di seluruh Indonesia, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, para penggiat seni dan budaya, praktisi maupun profesional di bidang seni, serta kalangan masyarakat profesi terkait.

 

Jenis lomba FLS2N Jenjang SMK tahun 2022 meliputi 8 (delapan) bidang lomba yaitu: Menyanyi Solo, Gitar Solo, Film Pendek (Kategori Fiksi dan Dokumenter), Monolog, Tari Tradisional, Musik Tradisi Daerah, Seni Lukis dan Cipta Lagu.

 

Walaupun masa pandemi Covid-19 masih berlangsung, tidak menurunkan semangat peserta didik SMK untuk tetap berprestasi dari sekolah atau rumah. Kegiatan FLS2N Jenjang SMK Tahun 2022 tetap dilaksanakan agar peserta didik SMK dapat terus berkarya, berk reasi, berinovasi, dan berprestasi dari sekolah atau rumah dengan mematuhi protokol kesehatan. FLS2N Jenjang SMK Tahun 2022 dilaksanakan secara daring (online) dengan didukung penerapan berbagai platform dan aplikasi media sosial berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.


Selengkapnya silahkan download dan baca Petunjuk Teknis – Juknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2022. Link download Petunjuk Teknis – Juknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2022 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis – Juknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Deejpilot. Powered by Blogger.