CARA CEK INFO GTK TAHUN 2023-2024

Cara Cek Info GTK Kemendikbud Ristek Tahun 2023-2024


Info GTK Kemendikbud Ristek Tahun 2023-2024 adalah laman yang berisi Infomasi Data Guru dan Tenaga Kependidikan yang ditampilkan berasal dari data yang dikirim sekolah melalui dapodik. Jika ada kesalahan data proses perbaikannya dilakukan di Sekolah masing-masing dan menjadi tanggungjawab pemilik data.

 

Pada laman Info GTK Kemendikbud Ristek Tahun 2023-2024 terdapat keterangan Status Validasi Tunjangan Profesi yang dinyatakan dalam bentuk VALID atau TIDAK VALID. Bagi guru yang berdasarkan hasil Cek Info GTK Kemendikbud Ristek Tahun 2023-2024 dinyataka valid maka akan diterbitkan SKTP atau Surat Keputusan Tunjangan Profesi, yang antara lain berisi Nomor SK, Tanggal Penerbitan SK, NIP, NUPTK, Nomor Registrasi Guru (NRG), Nomor Peserta Sertifikasi, Nama Kabupaten/Kota dan Provinsi, data Bank (Nama Bank, Cabang Bank, Nomor Rekening dan nama pada rekening Bank).

 

Berikut ini Cara Info GTK Kemendikbud Ristek Tahun 2023-2024 Melalui Laman Info GTK Kemendikbud

Pertama, Silahkan akses laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/

Kedua jika berhasil masuk, pada dashboard akan terdapat 2 opsi untuk login Info GTK KemendikbudRistek Tahun 2023-2024 atau klik Login Langsung ke GTK.

Ketiga, Masukkan akun PTK Dapodik yang Anda miliki, serta password PTK pada Dapodik, di kolom yang tersedia. Jika langkah diatas telah Anda lakukan, maka selanjutnya, Klik tombol login.

Keempat, setelah berhasil login, Anda akan masuk ke dashboard Info GTK Kemendikbud Ristek Tahun 2023-2024 yang berisi Data Individu berdasarkan Dapodik, Status NUPTK Pada Database Arsip NUPTK, Status Data Kelulusan Sertifikasi Pendidik, Tugas Tambahan, Rombongan Belajar (Rombel), Riwayat Pendidikan Formal, Sertifikasi Pendidik, Status Verval Ijazah S1/D4, dan lain sebagainya. Periksa apakah data yang tercantum pada info GTK tersebut, sesuai dengan data pribadi Anda

 

Jika ternyata data yang tercantum pada Info GTK KemendikbudRistek Tahun 2023-2024 tersebut telah sesuai dengan data pribadi Anda. Maka langkah selanjutnya, Klik Tombol Cetak untuk mem print out. Dimana nantinya, data yang telah Anda print out tersebut, bisa Anda berikan pada admin Sistem Informasi Manajemen Tunjangan (Simtun), untuk memudahkan pemberian tunjangan nantinya. Namun, jika ternyata masih terdapat kesalahan data  yang ditampilkan pada Info GTK Kemendikbud Ristek Tahun 2023-2024, maka segera lakukan perbaikan data dengan menghubungi Operator sekolah anda.

 

Lalu bagaimana Cara Cek Info GTK Kemendikbud Ristek Tahun 2023-2024  Melalui Laman Individual GTK ? Untuk membuka Info GTK gunakan account PTK yang sudah diverifikasi. Pastikan menggunakan email yang aktif serta tidak diperkenankan menggunakan email orang lain. Adapun Pengaturan ulang akun dapat melalui Manajemen Dapodik


Adapun Cara Cek Info GTK Kemendikbud Ristek Tahun 2023-2024 melalui Laman Individual GTK adalah dengan mengakses LOGIN MENGGUNAAN SSO yang ditampilan pada opsi logi cek Info GTK. Selanjutnya, masukan Username/Email dan password. (Akun PTK yang terdaftar didapodik). Kemudian  Klik tombol Masuk. Setelah berhasil login, Silahkan klik menu Biodata. Kemudian Scroll ke bawah dan klik menu “Buka Info GTK”, maka secara otomatis laman Info GTK akan terbuka.

 

Periksa kembali data yang tercantum pada info GTK. Pastikan seluruh data anda telah valid. Jika Sudah valid, langkah selanjutnya Klik Tombol Cetak untuk mencetak laman info gtk tersebut. Hasil print out info GTK 2023/2024 biasanya akan diminta oleh admin Sistem Informasi Manajemen Tunjangan (Simtun) Kabyupaten/Kota sebagai salah satu persyaratan pencairan TPG Guru tahun 2023-2024

 

Mengapa kita perlu melakukan Cek Info GTK Tahun 2023-2024 karena data yang valid yang ditampilkan dalam laman info gtk akan menjadi dasar dalam penerbitkan SKTP. Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah data yang di tampilkan di info GTK tersebut valid dan telah sesuai atau belum dengan data Anda. Maka Anda perlu melakukan pengecekan info GTK. Perlu diketahui bahwa semua data yang ditampilkan pada laman info gtk ini berasal dari data aplikasi dapodik yang telah disinkron. Jika ada perubahan atau perbedaan dengan data yang sebenarnya, maka segera lakukan perubahan/penyesuaian data pada aplikasi dapodik di sekolah masing-masing melalui operator sekolah.

 

Demikian informasi tentang Cara Info GTK Kemendikbud Ristek Tahun 2023-2024. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. Bagi Anda yang ingin berkonsultasi tentang cara perbaikan data di info gtk, silahkan sampaikan melalui kolom komentar.



= Baca Juga =



8 comments:

  1. Terima kasih telah berbagi Cara Cek Info GTK Kemendikbud Ristek Tahun 2023-2024 . Mohon infonya mengapa tugas tambahan baik sebagai kepala sekolah, kepala perpustakaan, wali kelas dan lainnya dinyatakan tidak valid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan Tugas Tambahan telah diinput di dapodik versi 2023.d. Jika input penginputan tugas tambahan telah sesuai, nanti info gtk terkait tugas tambahan akan valid dengan sendiri.

      Delete
  2. Selain harus melampirkan print out hasil Cek Info GTK Tahun 2023 untuk pencairan TPG Guru tahun 2023 ternyata juga harus melampirkan hasil penilaian kinerja guru dengan kriteria baik, karena salah satu persyaratan pencairan TPG adalah memiliki kinerja baik

    ReplyDelete
  3. Info gtk yang 2022/2023 semester genap aja belum update bos!!!!

    Coba itu info gtk nya yang 2022/2023 semester genap di update dulu ya!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah Pebruari 2023, sudah bisa cek Info GTK Semester genap atau Info GTK triwulan 1 tahun 2023

      Delete
  4. Cek Info GTK Tahun 2023 sepertinya mulai Pebruari sudah bisa dilakukan. Aku berharap semoga semua guru di sekolah ku datanya dinyatakan valid.

    ReplyDelete
  5. Saya cek Info gtk per tanggal 27 Februari 2023, Tampilannya masih seperti yang lama, belum update. https://info.gtk.kemdikbud.go.id/

    ReplyDelete
  6. Admin maaf apa sdh bs login dapodik 2023 y

    ReplyDelete

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.