JUKNIS - PEDOMAN OSN SMA TAHUN 2023

Juknis atau Pedoman OSN SMA Tahun 2023


ainamulyana.com - Juknis atau Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tahun 2023. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai integritas tinggi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai integritas tinggi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa. Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik SMA/MA dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui berbagai kompetisi baik nasional maupun internasional.

 

Sahabat ainamulayan.com, Dinyatakan dalam Juknis atau Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tahun 2023, bahwa OSN ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Salah satu tugas strategis pada masa pembangunan jangka menengah tahun 2020-2024 adalah penyiapan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing yang di antaranya dilakukan melalui upaya Manajamen Talenta Nasional (MTN) peserta didik. Dalam upaya ini, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) melakukan tugas pengembangan potensi talenta peserta didik sejak dini melalui penyelenggaraan berbagai ajang talenta pada berbagai rumpun dan bidang ketalentaan, di antaranya pada rumpun Sains melalui ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk jenjang pendidikan menengah.

 

OSN untuk jenjang SMA tahun 2023 ini diselenggarakan dengan mekanisme kompetisi yang hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya yang menggunakan mekanisme daring untuk seleksi di tingkat daerah. Namun, seiring dengan situasi pandemi yang semakin mengecil, untuk tingkat nasional, OSN direncanakan kembali dalam wujud luring, meskipun untuk jumlah sasaran pesertanya relatif tidak ada perubahan. Mekanisme daring pada seleksi daerah dan mekanisme luring pada tingkat nasional tentu menjadi sesuatu yang baru, penggabungan antara adaptasi pandemi dan model pascapandemi. Sesuatu yang akan sangat menarik bagi peserta didik yang menyukai tantangan dalam kompetisi di bidang sains.

 

Juknis atau Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tahun 2023 ini merupakan norma, prosedur, dan kriteria OSN yang dapat menjadi pegangan peserta didik untuk mengikuti OSN dengan baik. Selain itu, Pedoman atau Juknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tahun 2023 ini juga merupakan acuan bagi sekolah, Dinas Pendidikan serta pemangku lainnya untuk ikut serta memastikan para siswa dapat dibimbing dan diantarkan untuk meraih prestasi tinggi di bidang sains.

 

OSN Tahun 2023 mengusung tema “Berprestasi Membangun Kolaborasi ”, dengan tagar #berprestasi membangun kolaborasi #MERDEKA BERPRESTASI Talenta Sains Mengispirasi. Adapun Tujuan penyelenggaraan OSN aatara lain 1) Mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul. 2) Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. 3) Menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan. 4) Menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan.

 

Adapun Sasaran pelaksanaan OSN ini adalah peserta kompetisi pada jenjang SMA/MA/Sederajat dan SMP/MTs Kelas 9 yang telah lolos melalui seleksi OSN-K (ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia) dan OSN-P (Ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia).

 

Dinyatakan dalam Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman OSN SMA Tahun 2023, bahwa bidang lomba dalam kompetisi sains tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional adalah: Matematika; Fisika; Kimia; Informatika/Komputer; Biologi; Astronomi; Ekonomi; Kebumian; Geografi;

 

Apa saja Persyaratan Umum Peserta OSN SMA Tahun 2023 ? Berdasarkan Juknis atau Pedoman OSN SMA Tahun 2023, terdapat Persyaratan Umum dan Persyaratan Khusus Peserta OSN SMA Tahun 2023. Adapun Persyaratan Umum Peserta OSN SMA Tahun 2023 adalah sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan dokumen resmi seperti Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor.

2. Berminat dan memiliki nilai baik dari bidang sains yang dipilih.

3. Mendapat persetujuan dari orang tua/wali, dan bila peserta memiliki kebutuhan khusus berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang.

4. Setiap peserta didik hanya dapat mengikuti salah satu bidang sains dan diusulkan oleh Kepala Sekolah berdasarkan hasil seleksi tingkat sekolah.

5. Belum pernah meraih medali emas OSN jenjang SMA di bidang sains yang sama.

6. Belum pernah mengikuti kompetisi sains tingkat internasional jenjang SMA di bidang sains yang sama (Lampiran D: Daftar Olimpiade Sains Internasional).

7. Peraih medali OSN bersedia mengikuti pembinaan dan seleksi ke kompetisi tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

8. Untuk beberapa bidang sains, peserta didik yang pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional dapat langsung mengikuti OSN dengan merujuk kepada persyaratan khusus sesuai pada bidang sains masing-masing.

9. Menyetujui Pakta Integritas Pelaksanaan OSN-K, OSN-P, dan OSN pada aplikasi kompetisi.

10. Untuk peserta yang mengalami pindah sekolah ke kabupaten/kota dan/atau provinsi lain, status kepesertaannya tetap didasarkan pada surat keputusan Dinas Pendidikan Provinsi sebelumnya.

11. Memiliki nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran dan memiliki sikap yang baik.

12. Mampu mengoperasikan komputer

13. Tidak terlibat dan/atau memakai narkoba

 

Sedangan Persyaratan Khusus Peserta OSN SMA Tahun 2023

1. Matematika

a. Peserta didik SMP/MTs kelas VIII peraih medali emas OSN SMP bidang Matematika, Siswa SMP/MTS kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

b. Memiliki nilai Matematika yang bernilai baik.

c. Peserta Didik yang pernah mengikuti pembinaan/ pelatihan nasional Tahap ke-1 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional pada tahun sebelumnya dapat langsung mengikuti OSN-P.

 

2. Fisika

a. Peserta didik SMP/MTs kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

b. Untuk peserta didik SMP/MTs memiliki nilai IPA, Matematika dan Bahasa Inggris yang bernilai baik.

c. Untuk peserta didik SMA/MA memiliki nilai Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing bernilai baik.

d. Belum pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional tahap ke-2 bidang Fisika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

 

3. Kimia

a. Peserta didik SMP/MTs kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

b. Memiliki nilai IPA untuk SMP/MTs yang bernilai baik.

c. Memiliki nilai Kimia untuk SMA/MA yang bernilai baik.

d. Memiliki nilai Matematika dan Bahasa Inggris yang bernilai baik.

e. Belum pernah mengikuti pembinaan/pelatihan nasional tahap ke-2 Bidang Kimia yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

 

4. Informatika/Komputer

a. Peserta didik SMP/MTs kelas VIII atau IX, SMA/MA kelas X atau XI.

b. Memiliki nilai Matematika yang bernilai baik.

c. Belum pernah mengikuti pembinaan/pelatihan nasional Bidang Informatika/Komputer yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

 

5. Biologi

a. Peserta didik SMP/MTs kelas VIII atau IX, SMA/MA kelas X atau XI.

b. Memiliki nilai IPA dan Bahasa Inggris untuk SMP/MTs yang bernilai baik.

c. Memiliki nilai Biologi & Bahasa Inggris untuk SMA/MA yang bernilai baik.

d. Peserta didik hanya diperbolehkan mengikuti OSN maksimal sebanyak 2 kali.

 

6. Astronomi

a. Peserta didik SMP/MTs kelas IX dan peserta didik SMA/ MA kelas X dan XI.

b. Memiliki nilai IPA dan Bahasa Inggris untuk SMP/MTs yang bernilai baik.

c. Memiliki nilai Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris untuk SMA/MA yang bernilai baik.

d. Belum pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional bidang Astronomi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

e. Tidak buta warna yang dibuktikan dengan Surat Keterangan bebas buta warna dari dokter umum/spesialis (surat keterangan ini dikumpulkan saat pelaksanaan OSN-P).

f. Mampu melakukan kegiatan praktek di lapangan.

 

7. Ekonomi

a. Peserta didik SMA/MA kelas X dan XI.

b. Memiliki nilai Ekonomi, Matematika dan Bahasa Inggris yang bernilai baik.

c. Peserta didik yang pernah mengikuti pembinaan/pelatihan nasional dalam rangka seleksi kandidat IEO, apabila hendak mengikuti OSN, memulainya sejak OSN jenjang Kabupaten/Kota.

 

8. Kebumian

a. Peserta didik SMP/MTs kelas IX yang pada tahun berjalan OSN bulan Juni/Juli kelas X, SMA/MA kelas X dan XI.

b. Memiliki nilai IPA atau IPS dan bahasa Inggris untuk SMP/MTs yang bernilai baik.

c. Memiliki nilai Matematika, Fisika atau Geografi, dan Bahasa Inggris yang bernilai baik.

d. Peserta Didik yang pernah mengikuti pembinaan dan seleksi tingkat internasional Tahap ke-1 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional pada tahun 2022 dapat langsung mengikuti OSN-P.

e. Tidak buta warna dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari dokter.

f. Mampu melakukan kegiatan praktek lapangan.

 

9. Geografi

a. Peserta didik SMP/MTs kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

b. Peserta didik SMP/MTs yang memiliki nilai IPA, IPS atau Matematika dan Bahasa Inggris yang bernilai baik.

c. Peserta didik SMA/MA yang memiliki nilai Matematika atau Fisika, Biologi atau Geografi, dan Bahasa Inggris yang bernilai baik.

d. Belum pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional tahap ke-2 bidang Geografi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

e. Tidak buta warna yang dibuktikan dengan Surat Keterangan bebas buta warna dari dokter umum/spesialis (surat keterangan ini dikumpulkan saat pelaksanaan OSN).

f. Mampu melakukan kegiatan praktek lapangan.

Pedoman atau Juknis OSN SMA Tahun 2023 – ainamulyana.com


Selengkapnya silahakan download dan baca Petunjuk Teknis - Juknis atau Pedoman OSN SMA Tahun 2023 LINK DOWNLOAD DISINI

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis - Juknis atau Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tahun 2023. Semoga ada manfaatnya.

 

 



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.