Link dan Jadwal Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2023

Link dan Jadwal Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2023


Jadwal Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2023. Pemerintah resmi membuka penerimaan calon taruna, praja, dan mahasiswa untuk jalur sekolah kedinasan atau Pendaftaran Seleksi CPNS Jalur Kedinasan Tahun 2023. Untuk sementara, ada 4.138 kebutuhan formasi yang disetujui dari tujuh instansi yang menaungi sekolah kedinasan. Adapun Jadwal Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2023 atau Jadwal Pendaftaran Seleksi CPNS Jalur Kedinasan Tahun 2023 mulai mendaftarkan diri sejak tanggal 1 hingga 30 April 2023.

 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan, masyarakat harus mempersiapkan diri untuk mengikuti Seleksi CPNS Jalur Kedinasan Tahun 2023. Masyarakat agar menyiapkan diri dan dokumen yang diperlukan dalam seleksi sekolah kedinasan ini. Untuk sementara, sudah suda dipetakan ada 4.138 kebutuhan yakni

1. PKN STAN, Kementerian Keuangan dengan formasi 1.100 orang

PKN STAN menawarkan D4 Akuntansi Sektor Publik, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Aset Publik. Lulusan D4 PKN STAN bisa diangkat menjadi CPNS Kementerian Keuangan atau kementerian lain, lembaga, dan pemda sesuai formasi atau kebutuhan yang tersdia di tahun bersangkutan.

2. BMKG Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) dengan formasi sebanyak 80 orang

3. Politeknik Statistika STIS, Badan Pusat Statistik dengan formasi sebanyak 500 orang

Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) memiliki prodi D3 dan D4 Statistika serta D4 Komputasi Statistik. Kampus STIS berada di Bidara Cina, Jakarta Timur. Berdasarkan seleksi tahun lalu, lulusan D3 STIS akan menjadi calon Aparatur Sipil Negara (CASN) golongan II/c dan bertugas di BPS se-Indonesia. Sementara itu, lulusan D4 STIS mendapat golongan III/a dan bertugas baik di BPS, kementerian, lembaga, maupun instansi lainnya se-Indonesia.

4. BSSN atau  Poltek SSN, Badan Siber dan Sandi Negara dengan formasi sebanyak 125 orang

Politeknik Siber dan Sandi Negara (SSN) memiliki prodi Rekayasa Keamanan Siber, Rekayasa Kriptografi, dan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi. Kampus Poltek SSN terletak di Ciseeng, Bogor, Jawa Barat.

5. KEMENKUMHAM Poltekip, Kementerian Hukum dan HAM dengan dan Poltekim, Kementerian Hukum dan HAM formasi sebanyak 525 orang

Politeknik Ilmu Pemasyarakaran (Poltekip) menawarkan prodi D4 Manajemen Pemasyarakatan, Teknik Pemasyarakatan, dan Bimbingan Pemasyarakatan. Pada seleksi calon taruna (catar) Kemenkumham tahun lalu, taruna Poltekip akan ditempatkan di Bersedia ditempatkan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi di seluruh wilayah Indonesia setelah lulus.

Sedangkan Politeknik Keimigrasian (Poltekim) membuka prodi D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian, Hukum Keimigrasian, dan D3 Keimigrasian. Pada seleksi calon taruna tahun lalu, lulusan Poltekim akan ditempatkan di Unit Pelaksana Teknik (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Indonesia dalam jabatan Analis Keimigrasian.

6. STIN, Badan Intelijen Negara dengan formasi sebanyak 400 orang

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) memiliki prodi S1 Agen Intelijen, Teknologi Intelijen, Cyber Intelijen, dan Ekonomi Intelijen. Taruna STIN mendapat gratis biaya kuliah, asrama, konsumsi, seragam, dan diangkat jadi CPNS setelah kuliah.

7. PTDI STTD dan Institusi Pendidikan Tinggi Lain, Kementerian Perhubungan dengan formasi sebanyak 1408 orang

Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) Sekolat Tinggi Transportasi Darat (STTD) membuka prodi D4 Transportasi Darat, D3 Manajemen Transportasi Jalan, dan D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian. Lulusan PTDI STTD dapat ditempatkan sesuai disiplin ilmu di seluruh Indonesia.

 

Menteri Anas menegaskan seleksi ini bersifat transparan dan objektif sesuai dengan kemampuan pelamar saat melakukan tes. “Kami tegaskan bahwa tidak akan ada calo, atau bentuk kecurangan lainnya. Sebab sistem yang sudah kami bangun sangat transparan, bahkan nilainya bisa dilihat secara real-time. Jadi jangan percaya kalau ada yang menjanjikan bisa memasukkan atau meluluskan ke sekolah-sekolah kedinasan.

 

Instansi yang membuka kebutuhan peserta sekolah kedinasan antara lain Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan Poltekim) total 525 kebutuhan, BPS (Politeknik Statistika STIS) 500 kebutuhan, BSSN (Politeknik Siber dan Sandi Negara) 125 kebutuhan, BIN (STIN) 400 kebutuhan, Kementerian Keuangan 1.100 kebutuhan, BMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) 80 kebutuhan, dan Kementerian Perhubungan (22 Sekolah Perhubungan) 1.408 kebutuhan.

 

Adapun Link Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2023 atau Pendaftaran Seleksi CPNS Jalur Kedinasan Tahun 2023 dilakukan melalui situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN-BKN), yakni sscasn.bkn.go.id. atau melalui https://dikdin.bkn.go.id/ Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) rencananya digelar pada Mei hingga Juni 2023.

 

SKD yang dilaksanakan selama 100 menit itu meliputi tes karakteristik pribadi (TKP), tes intelegensia umum (TIU), serta tes wawasan kebangsaan (TWK). Seperti seleksi CASN pada umumnya, SKD sekolah kedinasan ini menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang mereduksi adanya kemungkinan kecurangan.

 

“Peserta dinyatakan lulus SKD berhak mengikuti seleksi lanjutan apabila memenuhi nilai ambang batas dan berperingkat terbaik,” jelas Menteri Anas. Pemerintah juga memberikan afirmasi untuk memberikan memberikan kesempatan dalam memperoleh pendidikan terutama bagi daerah terdepan, terluar, dan tertinggal atau daerah 3T.

 

Apabila terdapat pelamar yang memperoleh nilai SKD yang sama dan berada pada peringkat tiga kali jumlah formasi, maka penentuan kelulusan SKD dilakukan berurutan mulai dari nilai TKP, TIU, dan TWK.

 

Nilai ambang batas tersebut tertuang dalam Kepmenpan RB Nomor 137 Tahun 2023 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2023. Link download Kepmenpan RB Nomor 137 Tahun 2023 (DISINI)

 

Sementara untuk seleksi lanjutan diatur oleh masing-masing kementerian atau lembaga yang menaungi sekolah kedinasan. “Pelamar sebaiknya sering mencari informasi di web resmi masing-masing instansi. Hindari informasi dari sumber yang tidak resmi,” tegas Menteri Anas.

Link dan Jadwal Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2023


Jika ada peserta yang memiliki nilai akhir sama, penentuan kelulusan akhir dilakukan berurutan atau ranking. Penentuan tersebut didasarkan pada nilai kumulatif SKD yang lebih tinggi, mulai dari TKP, TIU, dan TWK; nilai rata-rata yang tertulis pada ijazah sekolah lanjutan atas/sederajat atau nilai rapor sesuai dengan persyaratan pendaftaran; dan ditentukan dari usia tertinggi.

 

Demikian informasi tentang Jadwal dan Link Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2023 atau Pendaftaran Seleksi CPNS Jalur Kedinasan Tahun 2023. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.