Pedoman OSN SMP Tahun 2023

Juknis atau Pedoman OSN SMP Tahun 2023


Juknis atau Pedoman OSN SMP Tahun 2023. Sebagaimana Ajang OSN merupakan salah satu wujud dari implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan dan sekaligus merupakan cara mengidentifikasi talenta di bidang sains melalui pendekatan kompetisi. Telah lebih dari 2 (dua) dekade OSN diselenggarakan.

 

Pada 3 (tiga) tahun terakhir, karena kondisi pandemi, OSN diselengarakan secara daring. Antuasiasme siswa SMP untuk tetap berprestasi di tengah situasi pandemi terlihat tetap terjaga. OSN telah menjadi wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu berusaha mengembangkan daya nalar, kreatif, dan berkemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri.

 

Pada tahun ini OSN SMP pada beberapa tahapan dilakukan tetap secara daring, dan yang terbaik akan diundang untuk berkompetisi secara luring pada tingkat nasional. Pedoman Olimpiade Sains Nasional Jenjang SMP/MTs (Pedoman – Juknis OSN SMP MTs) Tahun 2023 ini disusun untuk menjadi acuan para peserta didik dalam mengikuti OSN tahun ini. Disamping itu dengan pedoman ini, guru, kepala sekolah/pengawas, pemerintah daerah dan orang tua dapat ikut membimbing dan mendorong peserta didik untuk meraih prestasi.

 

Perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang sains mengalami kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan maupun bidang teknologi lainnya. Salah satu penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika, IPA dan IPS merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa, tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh kiat suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Untuk menguasai bidang ilmu pengetahuan di masa depan diperlukan penguasaan materi yang kuat sejak dini.

 

Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendidikan ke depan.

 

Menindaklanjuti hal di atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Sekretariat Jenderal melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia, melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang IPA, Matematika dan IPS antara lain melalui penyelenggaraan kompetisi IPA, Matematika dan IPS yang dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN).

 

Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran IPA, Matematika dan IPS sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu melalui kegiatan OSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.

 

Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh olimpiade. Selain itu melalui kegiatan olimpiade ini sekaligus dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan mencipta teknologi di masa depan.

 

Mengingat kondisi Indonesia saat ini dimana pandemi Covid-19 sudah mulai berkurang, sehingga kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP yang semula dilakukan hanya dengan Dalam Jaringan (Daring) dengan memanfaatkan aplikasi dengan media teknologi dan jaringan internet, sekarang dikombinasikan dengan mekanisme Luar Jaringan (Luring) untuk pelaksanaan tingkat nasional.

 

Pemanfaatan media teknologi dalam olimpiade ini sudah bukan menjadi hal yang baru bagi siswa, sehingga pembiasaan perlu dilakukan agar siswa lebih siap secara teknologi. Dengan adanya perubahan ini maka pedoman kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2023 disesuaikan dengan kondisi pasca pandemi Covid-19.

 

Berdasarkan Pedoman Olimpiade Sains Nasional Jenjang SMP/MTs (Pedoman – Juknis OSN SMP MTs Tahun 2023, Peserta didik OSN SMP adalah peserta didik yang terdaftar sebagai siswa SMP/MTs/sederajat, atau yang sederajat posisi kelas 7 dan 8 pada tahun ajaran 2022/2023 saat mengikuti OSN-K tahun 2023.

 

Ruang Lingkup Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman OSN SMP MTs Tahun 2023 mencakup pengatuan tentang pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2023 yang meliputi:

1. Cabang yang dilombakan dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2023 adalah IPA, IPS, dan Matematika;

2. Jangkauan wilayah sasaran: seluruh kabupaten/kota dalam lingkup 38 provinsi di Indonesia dan warga negara Indonesia yang bersekolah di luar negeri;

3. Penyelenggara yang terlibat: BPTI, Pusat Prestasi Nasional, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Gugus Tugas Covid-19 Pusat & Daerah.

4. Lingkup proses:

a. Penyiapan panduan umum dan pedoman pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP dalam masa pasca Pandemi Covid-19 sesuai protokol kesehatan yang berlaku;

b. Pelaksanaan OSN-K dan OSN-P oleh peserta dengan mekanisme dalam jaringan (daring/online);

c. Pelaksanaan kompetisi OSN tingkat nasional dilaksanakan dengan mekanisme luar jaringan (luring);

d. Pengawasan kompetisi OSN dilakukan oleh orang tua, sekolah, panitia pusat, dan bantuan teknologi;

e. Penilaian dilakukan oleh tim juri dari BPTI;

f. Pengambilan keputusan peringkat dan juara, serta pengumumannya dari BPTI.

 

Selanjunya dinyatakan dinyatakandalam Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman OSN SMP MTs Tahun 2023, Persyaratan peserta adalah sebagai berikut:

1. Berkewarganegaraan Indonesia;

2. Bukan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tingkat Nasional Tahun 2022 pada semua mata pelajaran;

3. Terdaftar sebagai siswa SMP/MTs/sederajat, atau yang sederajat di lingkup wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, atau Sekolah Indonesia di Luar Negeri, atau sekolah lain di luar negeri;

4. Peserta didik terdaftar sebagai peserta didik SMP/MTs/ sederajat posisi kelas 7 dan 8 pada tahun ajaran 2022/2023, serta berusia maksimal 16 tahun pada 31 Desember 2023 saat mengikuti OSN-K tahun 2023;

5. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Education Management Information System (EMIS), kecuali peserta didik luar negeri non SILN;

6. Memiliki nilai rapor setiap semester sejak semester pertama serendah-rendahnya bernilai Baik untuk bidang lomba yang akan diikuti;

7. Sudah terdaftar pada sistem registrasi sebagai peserta OSN;

8. Menyampaikan surat/pernyataan integritas dan surat keterangan sekolah dalam mengikuti seleksi OSN SMP.

 

Bagaiamana Cara Registrasi/Pendaftaran Peserta ? Secara umum pelaksanaan seleksi OSN SMP dilakukan secara berjenjang dimulai dari OSN-K, OSN-P hingga ke OSN tingkat nasional. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi lomba BPTI, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi:

 

Berikut langkah-langkah mekanisme registrasi:

1. Registrasi dilakukan oleh sekolah dengan menggunakan SSO PDData pada laman Portal Registrasi Terpadu Ajang Talenta http://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/

2. Setelah itu sekolah melanjutkan registrasi pada laman https://smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lomba/session/index?jl=osn untuk mengunggah kelengkapan berkas dan membuat akun tes peserta.

3. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi pendaftaran lomba Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

4. Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta OSN SMP secara akurat dan benar.

5. Sekolah mengunggah surat keterangan sekolah dan surat izin orang tua pada laman pendaftaran.

 

Adapun Jadwal Pelaksanaan OSN SMP tahun 2023 meliputi:

1 Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan OSN SMP tahun 2023 tanggal Maret 2023

2. Pendaftaran Peserta tanggal 15 Maret – 18 April 2023

3. Ujicoba aplikasi dan simulasi OSN-K tanggal 2 s.d. 3 Mei 2023

4. Pelaksanaan OSN-K tanggal 16 s.d. 17 Mei 2023

5. Pengumuman hasil OSN-K Mei 2023

6. Ujicoba aplikasi dan simulasi OSN-P tanggal 29 s.d 30 Mei 2023

7. Pelaksanaan OSN-P tanggal 28 s.d. 29 Juni 2023

8. Pengumuman hasil OSN-P Minggu ke-2 Juli 2023

9 Virtual meeting dan penjelasan tes kinerja produksi video mandiri untuk cabang lomba IPS tanggal 19 Juli 2023

10 Pelaksanaan OSN tingkat nasional tanggal 27 Agustus –2 September 2023

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman OSN SMP MTs Tahun 2023. LINK DOWNLOAD DISINI.

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman OSN SMP MTs Tahun 2023. Semoga ada manfaatnya.

 


= Baca Juga =


1 Comments

Previous Post Next Post

Most Popular



































Free site counter


































Free site counter