Juknis KSM Madrasah tahun 2023

Juknis KSM Madrasah tahun 2023


Juknis KSM Madrasah tahun 2023 ditetapkan melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1864 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2023

 

Dinyatakan dalam latar belakang Petunjuk Teknis atau Juknis KSM Madrasah tahun 2023 bahwa deras laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mulai menimbulkan rasa khawatir kalangan masyarakat, terutama ekses negatif yang muncul dan tidak dapat dinafikan sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Menyikapi kondisi ini, masyarakat mulai berpaling dan menaruh harapan besar kepada madrasah agar dapat menjawab tantangan itu. Sebab di mata masyarakat, madrasah dapat memberikan benteng bagi anak-anak mereka karena madrasah tidak hanya membekali ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga memberikan bekal ilmu agama.

 

Indikator paling tampak dari kondisi tersebut adalah semakin besar minat orang tua mendaftarkan putra-putri mereka ke madrasah. Fakta ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola madrasah yang harus dijawab dengan langkah-langkah konkret. Proses pembelajaran dan sarana pembelajaran di madrasah harus semakin ditingkatkan, ditunjang dengan guru-guru madrasah yang juga harus senantiasa ditingkatkan kualifikasinya. Selain itu, guna meningkatkan iklim kompetisi di kalangan siswa madrasah juga perlu dikembangkan/dibangun kegiatan-kegiatan yang dapat mengakomodir siswa untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki. Dengan cara ini maka madrasah dapat semakin mengejar ketertinggalan dari sekolah umum, bahkan sangat mungkin mengunggulinya.

 

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. Pada tahun 2018, KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam. Integrasi sains dan konteks nilai-nilai Islam dalam KSM meliputi: a) soal-soal sains dalam KSM dielaborasi dengan konteks yang ada dalam Al-Qur'an; b) soal-soal sains dalam KSM menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam seminal zakat, falak, dan tema lainnya bertujuan agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik; c) soal keilmuan sains murni, ini dilaksanakan sebagai upaya tetap menyejajarkan siswa-siswa madrasah dengan siswa-siswa olimpiade sains di luar madrasah.

 

Berdasarkan dasar pemikiran di atas, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada tahun 2023 kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan itu akan dimulai dari KSM Tingkat Satuan Pendidikan, KSM Tingkat Kabupaten/ Kota, KSM Tingkat Provinsi hingga KSM Tingkat Nasional.


KSM tahun 2023 menggunakan dua bentuk soal yaitu: pilihan ganda dan esai singkat. Sementara untuk bahasa pengantar soal menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab. Hal ini merupakan sebuab bentuk persiapan kegiatan KSM di masa mendatang yang akin Go International, berkompetisi dengan beberapa negara sahabat. Model penyelenggaraan KSM tahun 2022 yang dianggap sudah ideal akan dipakai kembali pada tahun 2023, rnulai dari KSM Tingkat Kabupaten/Kota dan KSM Tingkat Provinsi diselenggarakan secara online di ternpat yang sudah ditentukan oleh komite kabupaten/kota serta provinsi. Pelaksanaan ujian pada tingkat Kabupaten/Kota di satuan pendidikan masing-masing atau ternpat yang ditentukan oleh komite kabupatenikota, KSM Tingkat Provinsi ditentukan oleh komite provinsi. Sementara itu, KSM Tingkat Nasional akan diselenggarankan secara terpusat di Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

Berdasarkan Petunjuk Teknis atau Juknis Pelaksanaan KSM Madrasah tahun 2023, Secara umum KSM Tahun 2023 bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan Secara khusus tujuan KSM Tahun 2023 adalah: 1) menyecliakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains; 2) memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemarnpuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama; 3) menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa. rnadrasah; 4) memberikan kesempatan menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.


Berdasarkan Petunjuk Teknis atau Juknis KSM Madrasah tahun 2023, biding yang Dilombakan adalah sebagai berikut: a) MI terdiri dari Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi; MTS terdiri dari Matematika Terintegrasi; IPA Terintegrasi dan IPA Terpadu Terintegrasi; Sedangkan MA terdiri dari Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, IPS Terpadu Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi


Jadwal Pendaftaran KSM Madrasah tahun 2023 adalah sebagai berikut

a) KSM tingkat satuan pendidikan tempat ditentukan oleh sekolah jadwal mulai 24 Mei - 7 Juni 2023  

b) KSM Kabupaten/Kota Pendaftaran tanggal 7 - 23 Juni 2023 melalui web haps://ksimkernenag.go,id

c) Ujicoba KSM Kabupa.ten / Kota tanggal 28 - 30 Juni 2023

d) Pelaksanaan KSM Kabupaten/Kota tanggal 1 - 3 Juli 2023

e) Pengumuman Pemenang KSM Kabupaten/ Kota tanggal 5 Juli 2023

f) Pelaksaan KSM Provinsi tanggal 5 - 6 Agustus 2023

g) Pengumuman Pemenang KSM Provinsi tanggal 9 Agustus 2023

h) Pelasanana KSM Nasional tanggal 3 - 7 September 2023 di Kendari


Selanjutnya di dalam Petunjuk Teknis atau Juknis KSM Madrasah tahun 2023, terdapat kektentuan tentang Persyaratan Peserta, yakni 1) Berkewarganegaraan Indonesia; 2) Terdaftar sebagai siswa di madrasah/sekolah dan memiliki NISN (aktif); 3) Duduk di kelas 4 atau 5 MI/SD sederajat; kelas 7 atau 8 MTs/SMP sederajat; kelas 10 atau 11 MA/ SMA sederajat Tahun Pelajaran 2022/2023; 4) Mengikuti satu bidang lomba; 5) Belum pernah meraih medali emas tingkat nasional pada KSM/OSN/KSN di jenjang dan bidang sains yang sama; 6) Peserta yang tidak sesuai dengan ketentuan di atas, didiskualifikasi secara otomatis oleh sistem KSM.


Selengkapnya silahkan download dan baca Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2023. LINK DOWNLOAD JUKNIS KSM MADRASAH TAHUN 2023

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan KSM (Kompetisi Sains Madrasah) Tahun 2023. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.