Juknis Pedoman FLS2N SMK Tahun 2023

Petunjuk Teknis atau Juknis Pedoman FLS2N SMK Tahun 2023


Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbudristek telah menerbitkan Petunjuk Teknis atau Juknis Pedoman FLS2N SMK Tahun 2023. Sebagaimana kita ketahui bahwa Berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 27 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengembangan Talenta Indonesia menyatakan bahwa “Balai Pengembangan Talenta Indonesia mempunyai tugas melaksanakan pengembangan talenta peserta didik.” Tugas tersebut diimplementasikan dalam salah satu fungsi Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) melalui pelaksanaan ajang talenta. Dalam upaya mengembangkan talenta di bidang seni dan budaya, BPTI menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan yang selanjutnya disebut FLS2N SMK.

 

Dinyatakan dalam Petunjuk Teknis atau Juknis Pedoman FLS2N SMK Tahun 2023 bahwa penyelenggaraan FLS2N SMK sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan jiwa seni peserta didik berkebutuhan khusus karena melalui FLS2N SMK akan menumbuhkan rasa cinta terhadap seni sehingga akan memberikan inspirasi mereka untuk melestarikan kesenian Indonesia dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa. FLS2N SMK menggali potensi peserta didik berkebutuhan khusus di bidang seni budaya dan memberi dorongan sehingga timbul motivasi yang kuat untuk beraktualisasi diri dan berkompetisi secara sehat dalam mencapai puncak prestasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik SMK. Selain itu diharapkan agar peserta didik dapat mengembangkan ide-ide dan kreativitasnya di bidang seni serta karya-karya nyata yang diminati oleh peserta didik sejak dini sampai kelak dewasa, sehingga rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki semakin besar.

 

Pada tahun 2023, FLS2N SMK diselenggarakan secara tatap muka pada delapan cabang kesenian yang dilombakan secara berjenjang, mulai dari seleksi tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Diharapkan setiap provinsi melakukan seleksi dengan meningkatkan kompleksitas materi lomba untuk memperoleh peserta FLS2N SMK yang akan berlaga di tingkat nasional dengan kualitas karya yang semakin luar biasa dan membanggakan.

 

Petunjuk Teknis atau Juknis Pedoman Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Tahun 2023 ini disusun untuk memberikan gambaran kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan panitia dalam melaksanakan tugas dan koordinasi serta pengambilan kebijakan lebih lanjut, baik yang bersifat teknis maupun administratif. Dengan adanya Juknis Pedoman FLS2N SMK Tahun 202 diharapkan semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan FLS2N dapat memahaminya sehingga FLS2N dapat terselenggara dengan lancar dan baik

 

Peserta FLS2N SMK tahun 2023 adalah peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan/Sederajat dan peserta didik perwakilan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Tema FLS2N tahun 2023 adalah “MERDEKA BERPRESTASI, TALENTA SENI MENGINSPIRASI” Tema ini bermakna harapan agar peserta didik memiliki kesempatan untuk berprestasi dan menggali potensi di bidang Seni. Adapun Pelaksanaan FLS2N SMK tahun 2023 dilaksanakan melalui dua tahapan yakni, seleksi tingkat daerah/provinsi dan seleksi tingkat nasional dengan mengikuti standar prosedur pelaksanaan seleksi yang ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

 

Apa saja Persyaratan Peserta FLS2N SMK 2023 ? Berdasarkan Petunjuk Teknis atau Juknis Pedoman FLS2N SMK Tahun 2023, Persyaratan Umum Peserta FLS2N SMK tahun 2023 adalah sebagai berikut:

1. Peserta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan (FLS2N SMK) Tahun 2023 adalah peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tercatat sebagai peserta didik aktif.

2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid.

3. Peserta didik tersinkronisasi pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan PD Data.

4. Merupakan peserta didik SMK terbaik tingkat provinsi tahun 2023 yang ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.

5. Peserta belum pernah menjadi juara I, II, dan III FLS2N SMK di tingkat Nasional pada cabang lomba dan jenjang yang sama.

6. Peserta FLS2N SMK adalah peserta didik sekolah dasar hasil seleksi di tingkat provinsi tahun 2023 dan dinyatakan sebagai juara I pada cabang lomba yang diikutinya. Apabila juara I berhalangan dan tidak bisa bertanding, dapat digantikan oleh juara II dan seterusnya;

7. Kriteria usia peserta FLS2N SMK Tahun 2023 saat melaksanakan registrasi, merupakan Peserta Didik lahir setelah tanggal 1 Januari tahun 2005;

8. Cabang lomba yang bersifat terbuka (Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan);

9. Operator sekolah peserta melakukan registrasi atau pendaftaran peserta pada portal pedaftaran https://daftar-bpti.kemdikbud.go.id, pada tanggal 20 Maret s.d. 30 April 2023.

10. Untuk hasil karya peserta yang telah menjadi juara di tingkat kabupaten/kota diunggah melalui aplikasi lomba pada laman https://smk.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fls2n/ pada tanggal 1 Mei s.d. 10 Juni 2023.

11. Selanjutnya dilaksanakan seleksi ditingkat provinsi pada tanggal 11 Juni s.d. 15 Juli 2023.

12. Video karya juara provinsi yang mewakili ke tingkat Nasional dapat diunggah melalui aplikasi lomba FLS2N SMK pada laman https://smk.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fls2n/ paling lambat tanggal 16 Juli 2023.

13. Hasil juara selesi tingkat provinsi, yang ditetapkan dalam bentuk SK Kepala Dinas Pendidikan disampaikan kepada Balai Pengembangan Talenta Indonesia pada tanggal paling lambat tanggal 20 Juli 2023.

14. Seleksi tingkat Nasional akan dilaksanakan dengan 2 (dua) tahapan:

a. Tahap Semifinal tingkat Nasional akan dilaksanakan secara daring pada tanggal 20 s.d 23 Juli 2023 untuk memilih 10 terbaik dari seluruh peserta tingkat Nasional pada setiap cabang lomba FLS2N.

b. Tahap Final tingkat Nasional akan dilaksanakan secara luring pada tanggal 12 s.d 16 Agustus 2023 untuk menentukan juara tingkat Nasional pada setiap cabang lomba FLS2N.

 

Selengakpnya silahkan download dan baca Juknis Pedoman Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Tahun 2023. LINK DOWNLOAD DISINI

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis atau Juknis Pedoman FLS2N SMK Tahun 2023. Semoga ada manfaatnya. 



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.